Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Peranan / Manfaat dan pengaruh Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan Kelompok 3 Pipih Resti Rohaeni Kelompok 3 Pipih Resti Rohaeni.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Peranan / Manfaat dan pengaruh Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan Kelompok 3 Pipih Resti Rohaeni Kelompok 3 Pipih Resti Rohaeni."— Transcript presentasi:

1 Peranan / Manfaat dan pengaruh Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan Kelompok 3 Pipih Resti Rohaeni Kelompok 3 Pipih Resti Rohaeni

2  Teknologi informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk mengambil keputusan.

3 Peran Teknologi informasi dan teknologi komunikasi Penggunaan teknologi informasi khususnya komputer kini sudah menjadi mata pelajaran wajib disekolah-sekolah, mulai sekolah dasar hingga ke sekolah lanjutan atas dan sekolah kejuruan. Namun, demikian yang paling besar pengaruhnya adalah di Perguruan Tinggi, dimana hampir semua perguruan tinggi di Indonesia sudah memanfaatkan teknologi ini dalam perkuliahannya, baik melalui tatap muka maupun secara online. Sebagai contoh seorang dosen dalam menyampaikan materinya tidaknya hanya mengandalkan media konvensional saja, melainkan sudah menggunakan unsur teknologi di dalamnya. Biasanya seorang dosen atau guru di Perguruan Tinggi tertentu dalam menyampaikan materi kuliah ditampilkan dalam bentuk slide presentasi dengan bantuan komputer.

4 Dampak positif pemanfaatan teknologi informasi dan telekomunikasi antara lain: Keuntungan pemanfaatan TIK dalam bidang pendidikan bagi pelajar antara lain :  Berbagi hasil penelitian, hasil penelitian yang dimuat dalam internet akan mudah dimanfaatkan orang lain disegala penjuru dunia dengan cepat.  Konsultasi dengan pakar, konsultasi dangan para ahli dibidangnya dapat dilakukan dengan mudah walaupun ahli tersebut berada ditempat yang sangat jauh.  Perpustakaan online, perpusatakaan online adalah perpustakaan dalam bentuk digital.  Diskusi online. Diskusi online adalah diskusi yang dilakukan melalui internet.  Kelas online. Aplikasi kelas online dapat digunakan untuk lembaga- lembaga pendidikan jarak jauh, seperti universitas dan sekolah- sekolah terbuka.  Dapat mengakses informasi-informasi hasil penelitian orang lain  Memperoleh sumber ilmu pengetahuan dengan mudah  Akses ke para ahli lebih mudah karena tidak dibatasi jarak dan waktu  Materi pelajaran dapat disampaikan interaktif dan menarik  Melalui belajar jarak jauh dapat menghemat biaya dan waktu.

5 Dapat berbagi hasil penelitian dengan lembaga pendidikan lain Dapat memberi layanan lebih baik ke peserta didik Dapat menjangkau peserta didik yang tempatnya sangat jauh Melalui perpustakaan online, dapat menekan biaya untuk menyediakan buku. Dapat saling berbagi sumber ilmu dengan institusi lain.


Download ppt "Peranan / Manfaat dan pengaruh Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan Kelompok 3 Pipih Resti Rohaeni Kelompok 3 Pipih Resti Rohaeni."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google