Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DAN EFISIEN MELALUI WEB-BASED LEARNING OLEH: NI KOMANG DEPI LESTARI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DAN EFISIEN MELALUI WEB-BASED LEARNING OLEH: NI KOMANG DEPI LESTARI."— Transcript presentasi:

1 MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DAN EFISIEN MELALUI WEB-BASED LEARNING OLEH: NI KOMANG DEPI LESTARI

2 WEB-BASED LEARNING TOPIK PEMBAHASAN Pengertian Web-Based Learning Manfaat dari Web Based Learning dalam Pembelajaran Solusi Mengatasi Kekurangan Web-Based Learning Kelebihan dan Kekurangan dari Web Based Learning dalam Pembelajaran Pendahuluan Jenis- Jenis Pembelajaran Berbasis Web Kesimpulan

3 PENDAHULUAN Perkembangan teknologi jaringan Internet telah mengubah paradigma dalam mendapatkan informasi dan berkomunikasi, yang tidak lagi dibatasi oleh dimensi ruang dan waktu. Melalui keberadaan internet mereka bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan dimanapun dan kapanpun waktu yang diinginkan. Sebagai sebuah sumber informasi yang hampir tak terbatas, maka jaringan internet memenuhi kapasitas dijadikan sebagai salah satu sumber pembelajaran dalam dunia pendidikan.

4 PENDAHULUAN Bahkan beberapa perguruan tinggi ternama, mencanangkan lahirnya sistem pembelajaran yang berbasiskan teknologi jaringan ini, seperti lahirnya konsep tentang distance learning, web-based education, dan e-learning. Ditinjau dari implementasinya ketiga konsep tersebut mempunyai wujud yang hampir sama, yaitu memanfaatkan fasilitas jaringan Internet sebagai salah satu sarana dan media dalam pendidikan dan pengajaran.

5 Pengertian Web-Based Learning Web Based Learning (WBL) adalah suatu sistem belajar jarak jauh berbasis teknologi informasi melalui antar halaman web. Web-based learning / pembelajaran berbasis web adalah pembelajaran yang berhubungan dengan materi ajar yang disajikan melalaui web browser (seperti internet explorer, mozila firefox, opera, netscape, dll), termasuk didalamnya adalah bagaimana penyajian pembelajaran tersebut dikemas dengan menggunakan media CD-ROM maupun media penyimpanan yang lainnya. Web Based Learning memiliki analogi dengan textbook, dimana materi pembelajaran dikemas seperti halnya buku, novel, maupun laporan.

6 Jenis- Jenis Pembelajaran Berbasis Web Web Based Instruction Bentuk pendidikan jarak jauh dimana pembelajaran dikirimkan sepenuhnya secara online. Web Enhanced Instruction Peserta didik dan pendidik tidak pernah melakukan interaksi atau pertemuan tatap muka, seluruh materi pembelajaran dan ujian dikirim melalui web. Web Supported Instruction Bentuk pembelajaran dimana sebagian materi atau sesi kelas dikirimkan atau dilakukan melalui web dan sebagian lainnnya diajarkan dalam bentuk tatap muka.

7 Manfaat dari Web-Based Learning dalam Pembelajaran Fleksibilitas dan interaktif, dapat dilakukan dari lokasi mana saja selama memiliki koneksi sumber pengetahuan tersebut dan interaktifitas dimungkinkan secara langsung. Peningkatan produktifitas, melalui web-based learning waktu untuk perjalanan dapat direduksi sehingga mahasiswa, dosen/pakar tidak akan hilang karena kegiatan perjalanan yang harus dilakukan untuk memberikan pembelajaran. Kelas tidak mengutamakan bentuk fisik lagi, semuanya dapat digunakan dalam aplikasi internet. Dapat diciptakan interaksi yang bersifat real time, seperti chatting, Net Meeting maupun non real time seperti , mailing lis t. Program web-based learning dapat dilaksanakan dan di-update secara cepat.

8 Kelebihan Web-Based Learning Bagi Siswa: - Dengan kegiatan pembelajaran melalui Web-Based Learning dimungkinkan berkembangnya fleksibilitas belajar siswa yang optimal dimana siswa dapat mengakses bahan-bahan ajar atau materi pelajaran setiap saat dan berulang-ulang. - Fleksibilitas dan interaktif, dapat dilakukan dari lokasi mana saja selama memiliki koneksi sumber pengetahuan tersebut dan interaktifitas dimungkinkan secara langsung.

9 Kelebihan Web-Based Learning Bagi Guru : -Dapat mengakomodasikan keseluruhan proses belajar, mulai dari registrasi, penyampaian materi, diskusi, evaluasi dan transaksi. -Dapat secara cepat menambah referensi bahan ajar yang bersifat studi kasus, trend industri, dan proyeksi teknologi ke depan melalui berbagai sumber untuk menambah wawasan peserta terhadap bahan ajar. -Materi dapat diakses dari mana saja dan bersifat global. Materi dapat dirancang secara multimedia dan dinamis.

10 Kelebihan Web-Based Learning Bagi Sekolah: -Akan tersedia bahan ajar yang telah divalidasi siswa dengan bidangnya sehingga setiap guru dapat menggunakan dengan mudah, serta efektivitas dan efisiensi pembelajaran di jurusan secara keseluruhan akan meningkat. -Pengembangan isi pembelajaran akan sesuai dengan pokok bahasan. -Melalui internet lembaga pendidikan akan dapat lebih fokus pada program penyelenggaraan pendidikan/latihan.

11 Kekurangan Web-Based Learning Frekuensi kontak secara langsung antar sesama siswa maupun antar siswa dengan narasumber sangat minim. Peluang siswa untuk bersosialisasi dengan siswa lain sangat terbatas. Para pengguna atau mahasiswa tidak mengetahui dan mengenal secara baik sistem yang digunakan. Perancangan aplikasi web-based learning yang kurang, mengakibatkan tidak sesuai dengan kebutuhan.

12 Solusi Mengatasi Kekurangan Web-Based Learning Menurut Soekartawi (dalam Kedasih, 2007:3) kelemahan dari Web-Based Learning dapat diatasi dengan cara :  Disediakan forum untuk berdiskusi antara guru dengan peserta didik dan antar peserta didik,  Diberikan keterampilan menguasai teknologi kepada pengajar  Disediakan fasilitas jaringan dan koneksi internet di tempat- tempat pendidikan  Disediakan software pembelajaran  Adanya kebijakan yang mendukung pelaksanaan program Web-Based Learning

13 Kesimpulan • Web-based learning merupakan pembelajaran yang memerlukan alat bantu teknologi terutama teknologi informasi seperti komputer dan akses internet. • Dalam prakteknya web-based learning memanfaatkan fasilitas internet sebagai media penyampai informasi (materi) pembelajaran seperti website, , mailing list, dan news group. • Penggunaan teknologi web-based learning secara terencana telah terbukti memberikan kontribusi yang signifikan bagi dunia pendidikan, terlepas dari kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh teknologi web-based learning.

14 Daftar Pustaka  /11/web-based-learning/ /11/web-based-learning/

15 Semoga Materi ini Bisa Bermanfaat! Have a Great Day!


Download ppt "MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DAN EFISIEN MELALUI WEB-BASED LEARNING OLEH: NI KOMANG DEPI LESTARI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google