Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh : Dessy Ratih Wulandari NIM : 41811120036 Universitas Mercu Buana – Jurusan Sistem Informasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh : Dessy Ratih Wulandari NIM : 41811120036 Universitas Mercu Buana – Jurusan Sistem Informasi."— Transcript presentasi:

1 Oleh : Dessy Ratih Wulandari NIM : Universitas Mercu Buana – Jurusan Sistem Informasi

2  Komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori.

3 Menurut pendapat Robert Taylor, peranan komputer dalam pendidikan dibagi menjadi 3 bagian yaitu :  TUTOR Sebagai pengajar melalui pendekatan pengajaran berbantukan komputer. Penggunaan komputer sebagai alat pembelajaran dikenali sebagai CBE (Computer Based Education)  TOOL Alat yang memudahkan proses pengajaran dan pembelajaran seperti konteks pengajaran berintergrasikan komputer. Komputer juga dugunakan untuk melakukan pengolahan data proses pembelajaran, seperti pengolahan data nilai siswa, penjadwalan, beasiswa, dan sebagainya  TUTEE Alat yang diajar, dan bisa melakukan Tanya jawab atau dialog dengan komputer yang biasa disebut dengan CAI (Computer Assist Instruction).

4  Pendidik dapat memiliki variasi mengajar dengan menggunakan komputer  Kemampuan belajar peserta didik dapat meningkat dengan adanya fasilitas komputer.  Kecerdasan psikomotorik siswa dapat terangsang dengan adanya pendidikan yang berbasis teknologi.  Ketersediaan bahan-bahan pembelajaran secara terkomputerisasi  Segala kegiatan yang berbasis pendidikan dapat di akses secara mudah lewat sebuah jaringan computer ataupun jaringan internet yang tentunya hal tersebut berkat adanya satelit yang dioperasikan, maka siswa, mahasiswa, guru, dosen ataupun seluruh warga dalam lingkup pendidikan tersebut mampu memperoleh segala informasi yang ingin didapatkan.

5  E-Learning (Pembelajaran Elektronik).  Mempermudah bagi pegawai administrasi sekolah untuk membuat kurikulum pengajaran, jadwal pelajaran sekolah, membuat daftar nama siswa, membuat daftar nilai siswa, membuat absen siswa, membuat perhitungan gaji pegawai dan membuat perencanaan pengajaran bagi guru – guru sekolah.  computer, telepon, internet, mesin fotocopy dan segala perangkat dari sebuah teknologi komunikasi itu sendiri mampu membantu pekerjaan bagian tata usaha atau bagian-bagian yang lain.  Adanya digital library diperpustakaan instansi pendidikan, orang dapat mengakses buku atau literatur dengan cepat.

6  Adalah software pendidikan yang diakses melalui komputer di mana anak didik dapat berinteraksi dengannya.  CAI menyediakan fasilitas untuk proses belajar mengajar yaitu adanya materi pelajaran berbagai metode seperti: drill and practice (latihan soal- soal), tutorial,simulasi, permainan, problem- solving, dan lain-lain  Beberapa perangkat lunak yang digunakan sebagai pendukung CAI antara lain: Alteros 3D, Macromedia Director, Power Presentations, Microsoft Office, Web Master, dan masih banyak lagi perangkat lunak lain yang dapat mendukung pemakaian komputer pembelajaran.

7  Desain bentuk (aplikasi perangkat lunak)  Isi (pesan pembelajaran)  Pendukung (perangkat lunak yang dibutuhkan dalam pengoperasian program, teks, audio, video, grafis, dan sebagainya)

8  Latih dan Praktek (Drill and Practice)  Penjelasan (Tutorial)  Simulasi  Permainan

9  Dua system CAI yang amat terkenal di AS adalah PLATO dan TICCIT.  PLATO : Memiliki kemampuan sentuhan sensitive (touch sensitive) dan papan bilah (keyboard), disamping alat bantu lainnya seperti pembaca optis (optical scanner), disk video, dan unit pencetak. System dirancang untuk digunakan dalam berbagai jenis aplikasi seperti latin dan praktek, penjelasn dan simulasi. Dengan adanya fasilitas sentuhan sensitive, PLATO dapat digunakan oleh anak” yang belum mampu membaca dengan baik.

10  TICCIT 1. Dirancang agar semua jenis perangkat lunak dari bermacam-macam aplikasi dapat diterapkan secara terpadu. 2. Tidak dirancang untuk latih dan praktek, tapi lebih ke bentuk penjelasan (tutorial) 3. Memungkinkan pemakai untuk lebih berinisiatif dibandingkan dengan system CAI lainnya.

11 Berperan dalam :  Sebagai alat bantu untuk proses administrasi dan pendidikan  program komputer digunakan untuk membantu dosen dalam memberikan mata pelajaran, presentasi dan memberi nilai

12  Merupakan system pembelajaran yang menggunakan media elektronik seperti internet, computer, dan file multimedia  Merupakan pembelajaran jarak jauh yang memanfaatkan teknologi computer  Bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam proses pembelajaran.  E-learning memberikan fitur yang memungkinkan peserta didik dan pendidik melakukan feed back dan tanya jawab sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif.

13  Ketersedian dan kelayakan infrastruktur e- learning itu sendiri.  Penggunaan E-learning tidak dapat terapkan karena memang peserta didik yang belum mengetahui dan menguasai bagaimana mengoperasikan E-learning tersebut  Sistem e-learning tidak dapat berjalan lancar apabila tidak didukung oleh admin yang memliki kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan tersebut.

14  Apakah benar komputer meningkatkan kemampuan belajar?  Apakah komputer akan mendorong manusia mengabaikan lingkup sosialnya?  Apakah benar CAI bisa membantuk suatu Negara untuk meningkatkan mutu pendidikan?  Apakah benar Elarning menjadi metode pembelajaran efektif dan dapat menggantikan metode pembelajaran secara konvensioanl ? Apakah murid bisa memahami materi pelajaran dengan benar melalui elearning? Dan apakah elearning dapat meningkatkan mutu pendidikan ?

15 Terimakasih


Download ppt "Oleh : Dessy Ratih Wulandari NIM : 41811120036 Universitas Mercu Buana – Jurusan Sistem Informasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google