Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

E-LEARNING E-learning adalah cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai system pembelajarannya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "E-LEARNING E-learning adalah cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai system pembelajarannya."— Transcript presentasi:

1

2 E-LEARNING

3 E-learning adalah cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai system pembelajarannya. Apa itu e-learning…?

4 Perbedaan pembelajaran tradisional dengan e-learning dalam kelas tradisional guru dianggap sebagai seorang yang lebih tau dan bertugas menyalurkan ilmu pengetahuan kepada siswa

5 Pembelajaran e-learning berfokus pada siswa dan memaksa siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Pelajar membuat perancangan dan mencari materi dengan usaha dan inisiatif sendiri

6 KARAKTERISTIK E-LEARNING 1. Memanfaatkan jasa teknologi elektronik; di mana guru dan siswa, siswa dan sesama siswa atau guru dan sesama guru dapat berkomunikasi dengan relatif mudah dengan tanpa dibatasi oleh hal-hal yang protokoler.

7 2. Memanfaatkan keunggulan komputer (digital media dan jaringan komputer).

8 3. Menggunakan bahan ajar bersifat mandiri (self learning materials) disimpan di komputer sehingga dapat diakses oleh guru dan siswa kapan saja dan di mana saja bila yang bersangkutan memerlukannya

9 4. Memanfaatkan jadwal pembelajaran, kurikulum, hasil kemajuan belajar dan hal-hal yang berkaitan dengan administrasi pendidikan dapat dilihat setiap saat di komputer.

10 Teknologi pembelajaran dikelompokan menjadi dua 1. Technology based learning (Audio Information Technologies (radio, audio tape, voice mail telephone) dan Video Information Technologies (video tape, video text, video messaging). 2. Technology based web-learning ( data information)

11 Teknologi pendukung e-learning 1.Computer based learning ( CBL ) 2.Computer assisted learning ( CAL ) Komponen e-learning 1.E-learning system 2.E-learning content ( isi ) 3.E-learning infrastructure ( peralatan )

12 KATEGORI E-LEARNING 1.Synchronous Learning 2.Self-directed Learning 3.Asynchronous (Collaborative) Learning

13 STRATEGI IMPLEMENTASI E- LEARNING Parameter dari Strategi implementasi e- Learning terlalu bervariasi dan banyak, tergantung kebutuhan, kultur institusi, ketersediaan dana dan berbagai faktor lain.

14 Kelebihan E-learnig 1.Tersedianya fasilitas e-moderating 2.Guru dan siswa dapat menggunakan bahan ajar atau petunjuk belajar yang terstruktur dan terjadual melalui internet 3.Siswa dapat belajar atau me-review bahan ajar setiap saat dan di mana saja

15 Lanjutan 4. Bila siswa memerlukan tambahan informasi yang berkaitan dengan bahan yang dipelajarinya. 5. guru maupun siswa dapat melakukan diskusi melalui internet yang dapat diikuti dengan jumlah peserta yang banyak 6. Berubahnya peran siswa dari yang biasanya pasif menjadi aktif 7. Relatif lebih efisien

16 Kekurangan E-learning 1.Kurangnya interaksi antara guru dan siswa atau bahkan antar siswa itu sendiri. 2.Kecenderungan mengabaikan aspek akademik atau aspek sosial dan sebaliknya mendorong tumbuhnya aspek bisnis/komersial 3.Proses belajar dan mengajarnya cenderung ke arah pelatihan daripada pendidikan. 4.Berubahnya peran guru dari yang semula menguasai teknik pembelajaran konvensional, kini juga dituntut mengetahui teknik pembelajaran yang menggunakan TIK.

17 Lanjutan 5. Siswa yang tidak mempunyai motivasi belajar yang tinggi cenderung gagal. 6. Tidak semua tempat tersedia fasilitas internet. 7. Kurangnya tenaga yang mengetahui dan memiliki ketrampilan internet. 8. Kurangnya penguasaan bahasa komputer.

18


Download ppt "E-LEARNING E-learning adalah cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai system pembelajarannya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google