Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

E-PR & Search Engine Online Public Relations Ilkom, 2010 A. Judhie Setiawan, M.Si.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "E-PR & Search Engine Online Public Relations Ilkom, 2010 A. Judhie Setiawan, M.Si."— Transcript presentasi:

1 E-PR & Search Engine Online Public Relations Ilkom, 2010 A. Judhie Setiawan, M.Si

2 E-PR & Search Engine

3 Search Engine? Search Engine adalah suatu portal website yang menyediakan informasi pencarian data-data yang dibutuhkan pengunjung internet. Untuk mendapatkan informasi-informasi yang dibutuhkan, pengunjung internet masuk ke situs tersebut dan melakukan pencarian. Search Engine adalah suatu portal website yang menyediakan informasi pencarian data-data yang dibutuhkan pengunjung internet. Untuk mendapatkan informasi-informasi yang dibutuhkan, pengunjung internet masuk ke situs tersebut dan melakukan pencarian. Website search engine yang terkenal adalah Google dan Yahoo. Website search engine yang terkenal adalah Google dan Yahoo.

4 Cara Kerja SE (1) Cara kerja search engine pertama-tama mencopy paste semua halaman website yang ada di dunia. Setelah data tersebut masuk kemudian diolah dengan algoritmanya sendiri. Saat pengunjung mencari data yang dibutuhkan, dengan algoritmanya dia menampilkan data sesuai yang dimasukkan pengunjung. Cara kerja search engine pertama-tama mencopy paste semua halaman website yang ada di dunia. Setelah data tersebut masuk kemudian diolah dengan algoritmanya sendiri. Saat pengunjung mencari data yang dibutuhkan, dengan algoritmanya dia menampilkan data sesuai yang dimasukkan pengunjung. Search Engine akan berusaha mungkin menampilkan data yang paling relevan dengan yang diinginkan pengunjung. Berbagai kemungkinan data yang akan ditampilkan, dan search engine punya banyak pertimbangan yang dituangkan dalam algoritmanya. Search Engine akan berusaha mungkin menampilkan data yang paling relevan dengan yang diinginkan pengunjung. Berbagai kemungkinan data yang akan ditampilkan, dan search engine punya banyak pertimbangan yang dituangkan dalam algoritmanya.

5 Cara Kerja SE (2) Algoritma ini terus berkembang karena perkembangan teknologi yang ada di samping banyak website yang berusaha agar website dia muncul di halaman pertama hasil pencarian. Algoritma ini terus berkembang karena perkembangan teknologi yang ada di samping banyak website yang berusaha agar website dia muncul di halaman pertama hasil pencarian. Untuk bisa masuk di halaman pertama, kita harus membuat website mempunyai content yang baik selain juga mempunyai struktur website yang disenangi search engine. Ini dikenal dengan SEO (Search Engine Optimization). Untuk bisa masuk di halaman pertama, kita harus membuat website mempunyai content yang baik selain juga mempunyai struktur website yang disenangi search engine. Ini dikenal dengan SEO (Search Engine Optimization).SEO

6 Fungsi SE Bagi E-PR Sebagai direktori bisnis online. Sebagai direktori bisnis online. Sebagai tool pelengkap bagi E-PR dalam melakukan riset publik. Sebagai tool pelengkap bagi E-PR dalam melakukan riset publik. Sebagai perangkat utk membangun hubungan merk. Sebagai perangkat utk membangun hubungan merk. Sebagai perangkat untuk mempertahankan reputasi merk. Sebagai perangkat untuk mempertahankan reputasi merk. Sebagai alat untuk merebut publisitas publik lewat dunia maya. Sebagai alat untuk merebut publisitas publik lewat dunia maya.

7 Riset yang diperoleh mengatakan bahwa Google mendatangkan traffic sebesar 85% dari semua traffic hasil pencarian ke hampir semua domain. Hal ini mencakup varian dari Google.com itu sendiri, seperti Google Directory dan Google image.

8 Rupanya……………. Alasan utama Google.com menjadi yang terbesar adalah karena Google.com mau memberikan hasil pencarian yang gratis sejak awal. Alasan utama Google.com menjadi yang terbesar adalah karena Google.com mau memberikan hasil pencarian yang gratis sejak awal. Padahal, sejak awal banyak situs pencari bermula dari model paid, dan kemudian masuk ke model iklan bayar berbasis pay per click (PPC). Padahal, sejak awal banyak situs pencari bermula dari model paid, dan kemudian masuk ke model iklan bayar berbasis pay per click (PPC).

9 Perilaku Publik dalam Mencari Informasi atau Produk di Internet (Bob Julius Onggo, Cyber PR) Yang Mereka LakukanPersentasenya Langsung menuliskan nama produknya di situs pencari. 28% Langsung mengetikkan nama produk sebagai URL-nya. 23% Mengetikkan nama merk nya di situs pencari. 9% Langsung mengetikkan nama toko maya nya di situs pencari. 5% Langsung ke halaman belanja yang dimiliki oleh situs pencari. 5%

10 Penggunaan SE Cara penggunaan search engine adalah dengan mengetikkan kata kunci (keyword) yang hendak dicari dan setelah itu akan ditampilkan sejumlah link yang akan mengarahkan kita kepada situs atau informasi yang ada relevansinya dengan keyword yang kita masukkan. Cara penggunaan search engine adalah dengan mengetikkan kata kunci (keyword) yang hendak dicari dan setelah itu akan ditampilkan sejumlah link yang akan mengarahkan kita kepada situs atau informasi yang ada relevansinya dengan keyword yang kita masukkan.

11 Merk & Produk adalah Keyword Definisikan Keyword yang paling kompetitif, paling banyak dicari dan diketikkan oleh target publik. Definisikan Keyword yang paling kompetitif, paling banyak dicari dan diketikkan oleh target publik. Keyword merupakan aspek yg paling penting agar situs web mudah dicari. Keyword merupakan aspek yg paling penting agar situs web mudah dicari. Untuk Publik lokal gunakan bahasa lokal, diantisipasi dengan Keyword internasional berbahasa Inggris. Untuk Publik lokal gunakan bahasa lokal, diantisipasi dengan Keyword internasional berbahasa Inggris.

12 Merk dan Produk adalah Keyword Idealnya nama Merk dan Produk muncul di urutan 10 besar di halaman web pertama dari hasil pencarian. Idealnya nama Merk dan Produk muncul di urutan 10 besar di halaman web pertama dari hasil pencarian.

13 JENIS-JENIS MESIN PENCARI

14 Google.com

15 Yahoo Search

16 Alltheweb.com

17 WiseNut.com

18 SEARCH ENGINE OPTIMIZATION (SEO)

19 Introduction to SEO

20

21 SKEMA SEO

22 Proses SEO (1)

23 Proses SEO (2)

24


Download ppt "E-PR & Search Engine Online Public Relations Ilkom, 2010 A. Judhie Setiawan, M.Si."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google