Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERTEMUAN KE-8. Definisi Abstract Data Type (ADT), atau Tipe Data Abstrak (TDA) adalah definisi tipe dan sekumpulan primitif (operasi dasar) terhadap.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERTEMUAN KE-8. Definisi Abstract Data Type (ADT), atau Tipe Data Abstrak (TDA) adalah definisi tipe dan sekumpulan primitif (operasi dasar) terhadap."— Transcript presentasi:

1 PERTEMUAN KE-8

2 Definisi Abstract Data Type (ADT), atau Tipe Data Abstrak (TDA) adalah definisi tipe dan sekumpulan primitif (operasi dasar) terhadap tipe tersebut. Tipe ini biasanya merupakan suatu obyek nyata tetapi cara merepresentasikannya harus dilakukan dengan cara yang lain/abstrak. Primitif (operasi dasar) menentukan karakteristik dari ADT tersebut.

3 Contoh #1 GARIS Garis (lurus) adalah jarak terpendek antara dua buah titik. ADT GARIS didefinisikan dengan dua buah titik (POINT), yaitu kedua titik ujung garis tersebut. (12, 10) (1, 2)

4 Primitif (operasi dasar) terhadap ADT GARIS misalnya: Panjang  menghitung panjang garis SetPAw  menentukan titik awa SetPakh  menentukan titik akhir

5 Contoh #2 WAKTU (TIME) WAKTU (Time) terdiri atas informasi JAM, MENIT dan DETIK ADT JAM didefinisikan dengan nilai-niai JAM, MENIT dan DETIK dengan ketentuan masing- masing bahwa 1 jam=60 menit, 1 menit = 60 detik.

6 Primitif (operasi dasar) untuk ADT JAM antara lain: TulisJam  output dalam bentuk JJ:MM:DD JamToDetik  mengubah ke jumlah waktu dalam detik DetikToJam  mengubah ke jumlah waktu dalam jam

7 Coba Definisikan ADT SEGIEMPAT ? ADT LINGKARAN ? ADT BALOK ? ADT PESAWAT ?

8 Primitif Konstruktor/Creator  pembentuk nilai. Namanya biasanya diawai dengan kata MAKE Selektor  untuk mengakses komponen tipe. Namanya biasanya diawali dengan kata GET. Prosedur pengubah nilai komponen. Namanya biasanya diawali dengan kata SET. Validator  untuk mengetes apakah dapat membentuk tipe sesuai dengan batasan. Destruktor/Dealokator  untuk menghancurkan nilai obyek sekaligus dengan memorinya.

9 Primitif Baca/Tulis  untuk interface dengan input/output device. Operator relational  melakukan perbandingan. Aritmetika terhadap tipe. Konversi tipe.


Download ppt "PERTEMUAN KE-8. Definisi Abstract Data Type (ADT), atau Tipe Data Abstrak (TDA) adalah definisi tipe dan sekumpulan primitif (operasi dasar) terhadap."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google