Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Jenis dan Struktur Data Warehouse. Jenis Sistem Data Warehouse 1.Functional Data Warehouse (Data Warehouse Fungsional) Data Warehouse dibuat lebih dari.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Jenis dan Struktur Data Warehouse. Jenis Sistem Data Warehouse 1.Functional Data Warehouse (Data Warehouse Fungsional) Data Warehouse dibuat lebih dari."— Transcript presentasi:

1 Jenis dan Struktur Data Warehouse

2 Jenis Sistem Data Warehouse 1.Functional Data Warehouse (Data Warehouse Fungsional) Data Warehouse dibuat lebih dari satu dan dikelompokkan berdasar fungsi-fungsi yang ada di dalam perusahaan seperti fungsi keuangan(financial), marketing, personalia dan lain-lain. Keuntungan : sistem mudah dibangun dengan biaya relatif murah Kerugian : – resiko kehilangan konsistensi data – terbatasnya kemampuan dalam mengumpulkan data.

3 Functional DWH

4 2.Centralized Datawarehouse (DataWarehouse Terpusat) Sumber data dikumpulkan dalam satu tempat terpusat, kemudian data disebar ke dalam fungsinya masing-masing, sesuai kebutuhan perusahaan. Biasa digunakan oleh perusahaan yang belum memiliki jaringan eksternal. Keuntungan : – Data benar-benar terpadu, konsistensinya yang tinggi Kerugiannya : – Biaya yang mahal – Memerlukan waktu yang cukup lama untuk membangunnya.

5 Centralized DWH

6 3.Distributed Data Warehouse (Data Warehouse terdistribusi) Digunakan gateway yang berfungsi sebagai jembatan penghubung antara data warehouse dengan workstation yang menggunakan beraneka ragam sistem. Memungkinkan perusahaan dapat mengakses sumber data yang berada di luar lokasi perusahaan (eksternal). Keuntungannya : – Data tetap konsisten. Kerugiannya : – Lebih kompleks untuk diterapkan. – Biaya pembangunannya mahal

7 Distributed DWH

8 Struktur Data Warehouse

9 Komponen Struktur DWH Current detail data – Berisi seluruh detail data efektif yang sedang berjalan yang terdapat pada skema basis data. – Merupakan level terendah dalam data warehouse. – Jumlah data sangat besar sehingga memerlukan storage yang besar pula – Dapat diakses secara cepat. – Dampak negatif yang ditimbulkan adalah kerumitan untuk mengatur data menjadi meningkat dan biaya yang diperlukan menjadi mahal

10 Komponen Struktur DWH Older detail data – Berisa data historis dari current detail data – Dapat berupa hasil cadangan atau archive data yang disimpan dalam storage terpisah. – Karena bersifat back-up(cadangan), maka biasanya data disimpan dalam storage alternatif seperti tape- desk. – Memiliki tingkat frekuensi akses yang rendah. – Penyusunan file atau directory dari data ini disusun berdasarkan umur dari data yang bertujuan mempermudah untuk pencarian atau pengaksesan kembali.

11 Komponen Struktur DWH Lightly summarized data – Ringkasan atau rangkuman dari current detail data. – Data ini dirangkum berdasarkan periode atau dimensi lainnya sesuai dengan kebutuhan. – Ringkasan dari current detail data belum bersifat total summary. – Data-data ini memiliki detail tingkatan yang lebih tinggi dan mendukung kebutuhan warehouse pada tingkat departemen. – Tingkatan data ini disebut juga dengan data mart. – Akses terhadap data jenis ini banyak digunakan untuk view suatu kondisi yang sedang atau sudah berjalan.

12 Komponen Struktur DWH Highly summarized data – Merupakan tingkat lanjutan dari Lightly summarized data – Merupakan hasil ringkasan yang bersifat totalitas, dapat diakses misal untuk melakukan analisis perbandingan data berdasarkan urutan waktu tertentu dan analisis menggunakan data multidimensi.


Download ppt "Jenis dan Struktur Data Warehouse. Jenis Sistem Data Warehouse 1.Functional Data Warehouse (Data Warehouse Fungsional) Data Warehouse dibuat lebih dari."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google