Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Created By : SopYan W TUGAS PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Created By : SopYan W TUGAS PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN."— Transcript presentasi:

1 Created By : SopYan W TUGAS PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN

2 TAHAPAN PROSES PEMBANGKIT TENAGA SURYA

3 SOLAR CELL / SOLAR PANEL Solar Cell / Panel Surya terdiri dari beberapa ukuran yaitu : WP : solar cell yang dapat mengisi baterai 10 watt / jam WP : solar cell yang dapat mengisi baterai 20 watt / jam WP : solar cell yang dapat mengisi baterai 50 watt / jam WP : solar cell yang dapat mengisi baterai 80 watt / jam WP : solar cell yang dapat mengisi baterai 100 watt / jam WP : solar cell yang dapat mengisi baterai 120 watt / jam WP : solar cell yang dapat mengisi baterai 240 watt / jam

4 BATTERY / BATERAI Baterai ini terdapat berbagai merk, ukuran / besar muatan arus yang bisa di simpan sebagai energi listrik. Hal ini tergantung dari kemampuan solar cell dan kebutuhan si pemakai. Kapasitas baterai yang beredar dipasaran saat ini sangat bermacam – macam, antara lain : 10 AH, 20 AH, 40 AH, 50 AH, 60 AH, 70 AH, 80 AH, 100 AH, 120 AH, 150 AH, 200 AH, baik berupa baterai / Aki kering maupun basah.

5 INVERTER Inverter merupakan komponen yang sangat bermanfaat untuk di aplikasikan pada energi baterai yang dihasilkan oleh solar cell ( berupa arus DC ) dengan peralatan listrik yang sudah ada di rumah kita, seperti lampu TL AC, laptop, kipas angin, televisi, dll. Karena peralatan elektronik tersebut umumnya bekerja pada arus bolak balik atau AC. Inverter yang beredar dipasaran saat ini terdapat beberapa merk, type, serta kemampuan untuk mengkonversikan daya listrik sebesar, antara lain ; 100 W, 150 W, 200 W, 300 W, 500 W, 1000 W, 1300 W, dll.

6 SOLAR CHARGE CONTROLL Solar Charge Controll merupakan komponen yang dirakit didalam Box Panelguna mengatur pengisian baterai. Sedangkan Bentuk dan besar Box Panel sangat bervariatif, hal ini tergantung dari kebutuhan komponen yang akan di pasang di dalamnya ( besarnya baterai & inverter ).

7 SYSTEM KERJA SOLAR CELL / PANEL SURYA SYSTEM KERJA SOLAR CELL / PANEL SURYA

8 PENERAPAN DAN RANCANGAN UNTUK SKALA RUMAH TANGGA  Definisikan kebutuhan listrik anda  Tentukan dengan pasti berapa banyak daya yang akan disuplay dengan tenaga surya § ada berapa titik lampu, masing - masing berapa watt § ada berapa perlengkapan elektronik lain yang aktif digunakan juga dihitung berapa watt.  Tentukan pula mana yang disuplai dengan DC ( langsung dari baterai / aki ) dan mana yang disuplay dengan AC atau melalui Inverter.  Dari langkah - langkah diatas, bisa dihitung total daya yang dibutuhkan sehingga dapat ditentukan pula berapa jumlah panel yang dibutuhkan atau konsultasikan dengan penjual panel surya untuk lebih detailnya.  Rancanglah penempatan panel surya / solarcell pada tempat yang paling banyak terkena sinar matahari  Pesanlah sesuai dengan kebutuhan dan budget keuangan anda.  Instalasi / Pemasangan Solar Cell.

9 CONTOH KEBUTUHAN DAYA LISTRIK SEBUAH TEMPAT TINGGAL DENGAN BEBERAPA PERALATAN ELEKTRONIK

10 TOTAL BIAYA

11 Created By : SopYan W Created By : SopYan W SELESAI


Download ppt "Created By : SopYan W TUGAS PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google