Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ASSALAMUALAIKUM WR. WB. BIODATA NAMA: MUHAMAD SUTRISNO NPM: 10406491 JURUSAN: TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS: TEKNOLOGI INDUSTRI PEMBIMBING: 1. PROF. BUSONO.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ASSALAMUALAIKUM WR. WB. BIODATA NAMA: MUHAMAD SUTRISNO NPM: 10406491 JURUSAN: TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS: TEKNOLOGI INDUSTRI PEMBIMBING: 1. PROF. BUSONO."— Transcript presentasi:

1 ASSALAMUALAIKUM WR. WB

2 BIODATA NAMA: MUHAMAD SUTRISNO NPM: JURUSAN: TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS: TEKNOLOGI INDUSTRI PEMBIMBING: 1. PROF. BUSONO SOEROWIRDJO Ph.D 2. DR. SETIYONO ST.,MT

3 JUDUL PENULISAN SIMULASI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA ANGIN DENGAN PEMANFAATAN DINAMO SEPEDA SEBAGAI GENERATOR

4 LATAR BELAKANG Listrik memang sangat berguna, bagi kehidupan manusia. Banyak sumber energi listrik yang dimanfaatkan oleh jaringan PLN, seperti: PLTA, PLTD, PLTN. Namun jika penggunaan yang berlebihan dikhawatirkan akan mengurangi energi tersebut. Oleh sebab itu dalam penelitian ini saya membuat simulasi pembangkit listrik tenaga angin dengan pemanfaatan dinamo sebagai generator, sebagai suatu energi alternatif pembangkit listrik.

5 TUJUAN PENELITIAN Alat ini sebagai energi alternative dari dinamo sebagai generator untuk pengisian baterai (DC) dan dari baterai dirubah kedalam tegangan (AC) dengan inverter multivibrator 12Volt/50Hz, tanpa harus mencari tenaga listrik (PLN) dan dapat menghemat waktu dan biaya.

6 SPESIFIKASI Alat ini bekerja mengubah tegangan AC ke tegangan DC 12 Volt dan dari tegangan baterai menjadi AC 220 Volt dengan frekuensi 50Hz

7 BLOK DIAGRAM

8 UJI COBA ALAT  Pengujian dinamo sebagai generator dan pengujian rangkaian AC-DC  Pengujian rangkaian pengisi baterai  Pengujian baterai charge (12 volt)  Pengujian rangkaian inverter 12 volt /50Hz  Pengujian Rangkaian Transistor

9 Rangkaian Pengisi Baterai

10 Blok rangkaian inverter

11 Hasil Pengujian Tegangan input Op-amp dititik A dan dititik B Hasil Pengujian Tegangan input Op-amp dititik A dan dititik B

12 Hasil pengujian tegangan input op-amp pada titik C dan D

13 Pengujian baterai charge (12 volt) Baterai charge berfungsi sebagai media penyimpan dan penyedia energi listrik. Baterai ini memiliki 6 cel dan tegangan minimal 1,75volt. Baterai ini bisa memberikan kuat arus sebesar 1,2 Ampere dalam satu jam artinya memberikan daya rata- rata sebesar 14,4 Watt (Watt = V x I = Voltase x Ampere = 12 V x 1,2 A).

14 Hasil Pengujian Baterai

15 Blok rangkaian keseluruhan

16 Gelombang Keluaran dari Rangkaian Multivibrator (a)(b)

17 V = Jumlah kotak (peak to peak) × Volt / div V = 3 × 2 Volt/Div = 6 Vpp. V = Jumlah kotak (peak to peak) × Volt / div V = 3 × 2 Volt/Div = 6 Vpp. T = Jumlah kotak × Time / Div T = 4 kotak × 5 ms = 20 ms f = 1/ f = 1/ = 50 Hz T = Jumlah kotak × Time / Div T = 4 kotak × 5 ms = 20 ms f = 1/ f = 1/ = 50 Hz

18 Gelombang Keluaran dari Kaki Transistor (a)(b) V = 5.2 kotak × 2 Volt/Div V = 10.2 Vpp V = 5.2 kotak × 2 Volt/Div V = 10.2 Vpp

19 KESIMPULAN Bardasarkan pengujian alat dan hasil analisa terhadap data yang telah diperoleh maka pada Bab ini dapat ditarik kesimpulan : Dinamo sepeda yang diputar oleh angin dapat dirubah menjadi energi listrik. Hasil energi putaran tersebut akan di simpan ke dalam baterai dan besar arus tegangan di rubah mengunakan inverter menjadi tegangan bolak-balik AC.

20 Tegangan dan arus akan mulai meningkat, jika putaran dynamo kecepatannya bertambah. Semakin bertambahnya waktu putaran pengisian baterai maka tegangan baterai pun akan meningkat.

21 SARAN Daya yang di hasilkan dari putaran dynamo sepeda selain disimpan ke baterai, ke depannya dapat digunakan langsung untuk pembangkit listrik atau dapat digunakan untuk kebutuhan sendiri misalnya buat carging handphone dan lain-lain.

22 Terima Kasih


Download ppt "ASSALAMUALAIKUM WR. WB. BIODATA NAMA: MUHAMAD SUTRISNO NPM: 10406491 JURUSAN: TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS: TEKNOLOGI INDUSTRI PEMBIMBING: 1. PROF. BUSONO."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google