Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KELOMPOK II FITRAH YULIA ASTARI MUHAMMAD FAUZAN Latar Belakang Konversi energi merupakan suatu proses perubahan bentuk energi dari yang satu menjadi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KELOMPOK II FITRAH YULIA ASTARI MUHAMMAD FAUZAN Latar Belakang Konversi energi merupakan suatu proses perubahan bentuk energi dari yang satu menjadi."— Transcript presentasi:

1

2 KELOMPOK II FITRAH YULIA ASTARI MUHAMMAD FAUZAN

3 Latar Belakang Konversi energi merupakan suatu proses perubahan bentuk energi dari yang satu menjadi bentuk energi lain yang dibutuhkan. Mengingat hukum kekekalan energi yang menyatakan bahwa energi tidak dapat diciptakan (dibuat) ataupun dimusnahkan akan tetapi dapat berubah bentuk dari bentuk yang satu ke bentuk lainnya (dikonversikan)”. Inverter adalah peralatan yang sangat berguna yang dapat mengkonversi tegangan rendah dari sumber DC ke tegangan tinggi AC. Rangkaian inverter yang paling umum adalah 12V ke 220V inverter.

4 Tujuan Tujuan dari laporan ini adalah sebagai persyaratan mengikuti ujian semester ganjil untuk Mata Kuliah Elektronika Analog, Sekaligus untuk menambah wawasan dalam rangkaian Perancangan Inverter 1000 watt. Dan juga kepada pembaca agar dapat membantu untuk merangkai perancangan Inverter 1000 watt. Semoga proposal ini dapat diterima dan dipahami / mudah dimengerti oleh pembaca, maupun Dosen Pembimbing.

5 Alat Dan Bahan Serta Rancangan Anggaran Biaya NoNama bahanQuantityHargaJumlah 1 IC pcsRp Rp LED 1pcsRp IC 555 1pcsRp Spiser 8pcsRp Rp Terminal IC 3pcsRp Rp Terminal Fuse 1pcsRp Saklar 1pcsRp Mata Bor 1mm 2pcsRp Rp Heatsing 2pcsRp Rp Transistor 2n3055 7pcsRp Rp Capasitor 1µf/25v 3pcsRp. 500Rp Capasitor 220µf/25v 1pcsRp Capasitor 330nF/100v 1pcsRp Transistor mj3055 3pcsRp Rp Papan PCB 1pcsRp Pelarut 1bksRp Timah 1rollRp Kabel pelangi 2mtrRp Rp Capasitor 100nF 1pcsRp Transistor 78121pcsRp Mika Transistor 7pcsRp Rp Variable Resistor 100k 1pcsRp Resistor 1,5k 8pcsRp. 50Rp Resistor 1k 2pcsRp. 50Rp Resistor 3,3k 1pcsRp Resistor 18k 1pcsRp Stop Kontak1pcsRp Trafo CT 5A 1pcsRp Voltmeter1pcsRp Fuse1pcsRp TOTALRP

6 LANGKAH KERJA Dalam pelaksanaan Perancangan Inverter 1000 watt ini, langkah- langkahnya adalah :  Membuat layout dengan program eagle.  Pindahkan gambar layout ke PCB dengan spidol, sehingga layout tersebut benar-benar terlihat jelas.  Melarut PCB dengan larutan, kemudian di gosok dengan kertas ampalas.  Membor PCB, kemudian memasang komponen sesuai dengan tata letaknya.  Kreasikan bentuk rangkaian, sesuai dengan keinginan.  Membasahi PCB dengan Bensin.

7 TATA LETAK KOMPONEN

8 LAY OUT

9 KESIMPULAN Dari percobaan yang telah kami laksanakan, maka dapat disimpulkan bahwa Inverter adalah peralatan yang sangat berguna yang dapat mengkonversi tegangan rendah dari sumber DC ke tegangan tinggi AC. Rangkaian inverter yang paling umum adalah 12V ke 220V inverter. Rangkaian inverter ini biasanya menarik arus dari baterai 12 DC. Baterai ini harus dapat memberikan aliran arus yang cukup besar. Arus ini kemudian diubah menjadi 220VAC alternatif berbentuk gelombang persegi sehingga kita bisa meggunakan peralatan listrik yang bekerja pada 220V dari sumber 12V. Inverter 1000 Watt ini memiliki daya terbatas, dan mungkin batas kelebihannya hanya sedikit diatas 1000watt. Pada saat rangkaian ini mencapai daya 1000 Watt dia akan beroperasi dengan tegangan awal 12 Volt, dan Arus Inputnya akan mendekati 100 Ampere. Oleh sebab itu, rangkaian Inverter ini sangat memerlukan kawat primer yang cukup besar untuk penghubungnya.

10 Harapan penulis dari uraian diatas, agar dapat mengambil manfaatnya bagi pembaca. Dan juga dari uraian tersebut, dapat menambah wawasan kita, khususnya bagi penulis. Sehingga dapat diterapkan dalam pemasangan Rangkaian Inverter 1000 watt. SARAN

11 WASSALAMU ‘ALAIKUM Wr. Wb.


Download ppt "KELOMPOK II FITRAH YULIA ASTARI MUHAMMAD FAUZAN Latar Belakang Konversi energi merupakan suatu proses perubahan bentuk energi dari yang satu menjadi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google