Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Berkendara aman & nyaman... PUNINAR FUELLER. Tradisi mudik kekampung halaman yang biasa dilakukan oleh masyarakat saat lebaran menyebabkan jalan-jalan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Berkendara aman & nyaman... PUNINAR FUELLER. Tradisi mudik kekampung halaman yang biasa dilakukan oleh masyarakat saat lebaran menyebabkan jalan-jalan."— Transcript presentasi:

1 Berkendara aman & nyaman... PUNINAR FUELLER

2 Tradisi mudik kekampung halaman yang biasa dilakukan oleh masyarakat saat lebaran menyebabkan jalan-jalan utama menjadi sangat padat. Seperti pada lebaran sebelumnya, volume kendaraan meningkat lebih dari 200%. Tingginya load jalan berpotensi menimbulkan konflik antar sesama kendaraan. Ditambah lagi perilaku berkendara sebagian besar pengguna jalan masih jauh dari tertib. Tak heran bila angka kecelakaan juga ikutan meningkat. Siapapun orangnya pasti berkata : “Bahwa itu tidak akan terjadi pada saya” Data kecelakaan pada lebaran tahun Ingat!!! Jalan raya adalah tempat berkumpulnya bahaya. Siapapun bisa terlibat konflik disini!!

3 Apa yang harus saya lakukan...? Periksa Kendaraan secara menyeluruh, meliputi 3 bagian: - Bagian luar kendaraan - Ruang mesin - Bagian dalam (kabin) Gunakan metodologi POWER supaya pemeriksaan dapat dilakukan secara menyeluruh dan tidak ada bagian yang terlewatkan Kunci keselamatan berkendara yang pertama adalah... kendaraan yang dirawat dan diperiksa dengan baik! P = Petrol / paper (bahan bakar / surat-surat) O = Oil (mesin, transmisi, rem, power steering) W = Water (pembersih kaca, radiator, accu) E = Electricals (lampu, klakson) R = Rubber (ban, selang, vanbelt, dan wiper)

4 Safety FIRST...? Sebelum mengemudi buat rencana perjalan (JMP) meliputi : - Kesehatan pribadi, waktu tempuh, teman perjalanan, rute yang dilalui termasuk rute alternatif - Dapatkan peta mudik untuk update daerah rawan kecelakaan (black spot) - Siapkan nomor-nomor darurat (keluarga, rumah sakit, bengkel, kantor polisi) - Siapkan peralatan darurat, tool kit dan P3K Begitu masuk mobil, segera pasang SAFETY BELT! - Pastikan penumpang juga menggunakannya. - Anak-anak duduk dibelakang terutama kendaraan yang dilengkapi airbags. - Sediakan perbekalan bagi anak-anak, seperti makanan kecil, dan mainan supaya tidak rewel selama perjalanan

5 Di Jalan... Selama musim libur lebaran jalanan akan sangat pada, BERSABARLAH... Kalau anda harus berhenti dibahu jalan atau di tol, jangan berhenti dibelakang mobil lain terlalu dekat dan jangan biarkan siapapun didalam mobil. Keluar dan minggir, pasang safety cone untuk menjaga adanya pengemudi yang lepas kendali dan menabrak mobil anda. Jangan tergoda ngebut untuk mengejar waktu yang hilang...pikirkan resikonya!! Hindari gangguan Gangguan terbesar biasanya berasal dari dalam kendaraan kita sendiri. Misalnya bersenda gurau dengan penumpang, mencari-cari frekuensi radio atau menelepon dan SMS. Menelepon saat mengemudi, bahaya bukan datang dari aktivitas tangan kita yang memegang, tapi dari materi pembicaraan yang membelah konsentrasi. Gangguan-gangguan ini harus dieliminir. Lebih dari 95% kecelakaan dijalan raya disebabkan oleh kesalahan manusia...

6 Teknik mengemudi aman Terapkan formula standard Defensive Driving anda akan mendapatkan 3 unsur penting dan keuntungan: RUANG – untuk kendaraan. Hindari berada terlalu dekat dengan kendaraan lain dalam berbagai situasi karena anda tidak tidak akan mempunyai ruang menghindar yang baik jika orang lain “berbuat salah” DAYA PANDANG – untuk pengemudi. Reaksi yang diambil pengemudi menghindari bahaya berasal dari informasi mata. Gerakkan mata anda setiap 2 detik dan periksa spion kiri – kanan setiap 5-8 detik. Dapatkan informasi terbaru supaya anda dapat memahami “pertahanan” anda. Jangan biarkan mata anda menjadi “malas” WAKTU – untuk mengambil keputusan. Saat anda mengambil keputusan dalam mengemudi diperlukan waktu persepsi dan waktu reaksi masing-masing ¾ detik. Menjaga jarak 4 detik dengan konsisten, akan memberikan waktu bagi anda berfikir menghindari bahaya dengan baik. Jarak mengikuti 4 detik adalah keharusan bagi setiap pengemudi Defensive

7 Menghindari Kerusakan Pada Fuel Pump Pilih station bahan bakar yang terpercaya Pengisian BBM jangan menunggu tangki dalam kondisi kosong karena apabila volume BBM di dalam tangki dalam kondisi ¼, body fuel pump tidak terendam sempurna, efeknya fuel pump akan menjadi cepat panas dan cepat rusak. Tangki BBM kosong dapat berakibat buruk lantaran endapan kotoran lebih berpotensi terhisap masuk kedalam fuel pump. Jalan tergenang air Bila jalan banjir dan merendam roda ban mobil anda (lining brake), hal itu bisa mengurangi kepakeman rem anda. Kemudikan kendaraan anda perlahan sambil menekan pedal rem supaya lining brake kering dan rem berfungsi normal kembali

8 Emmergency... Bila mengalami pecah ban stir jangan panik. Pegang kemudi kuat-kuat, jangan melakukan pengereman dengan kuat sebab hal itu hanya akan membuat kendaraan semakin sulit dikendalikan. Kurangi kecepatan secara gradual dengan cara melepas pedal gas perlahan. Kemudian arahkan kendaraan ketepi jalan dengan aman Teknik Pengereman Jangan melakukan pengereman seketika (non ABS), yang dapat membuat roda terkunci. Kondisi ini akan membuat roda kehilangan traksi. Jarak pengereman akan semakin jauh dan mobil sulit diarahkan. Jangan mengemudi melebihi kemampuan kendaraan dan cara anda Mengemudi!

9 Stop bila keletihan mulai menghinggapi...  Sering menguap  Sulit mempertahankan fokus mata  Penilaian terganggu, termasuk kemampuan mengemudi dalam menilai tingkat kesiagaannya  Keletihan yang sangat seringkali membuat ceroboh, anda akan dapat tertidur sesaat (microsleep) INGAT !! anda harus bisa mengenali ritme tubuh anda lebih baik Jangan anggap enteng atau lepas kendali hanya karena sudah dekat dengan tujuan!!

10 Panduan Stretching

11 Semoga bermanfaat Terima kasih


Download ppt "Berkendara aman & nyaman... PUNINAR FUELLER. Tradisi mudik kekampung halaman yang biasa dilakukan oleh masyarakat saat lebaran menyebabkan jalan-jalan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google