Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

USAHA DAN ENERGI PARA MITTA PURBOSARI, M.Pd. USAHA DAN ENERGI » Standart Kompetensi Mendeskripsikan konsep gaya dan tekanan serta penerapannya dalam kehidupan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "USAHA DAN ENERGI PARA MITTA PURBOSARI, M.Pd. USAHA DAN ENERGI » Standart Kompetensi Mendeskripsikan konsep gaya dan tekanan serta penerapannya dalam kehidupan."— Transcript presentasi:

1 USAHA DAN ENERGI PARA MITTA PURBOSARI, M.Pd

2 USAHA DAN ENERGI » Standart Kompetensi Mendeskripsikan konsep gaya dan tekanan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. » Kompetensi Dasar: Menerapkan konsep usaha dan energi dalam kehidupan sehari-hari. Mendeskripsikan bentuk energoi dan perubahannya serta penerapnnya dalam peristiwa sehari-hari.

3 Pengertian Usaha Dalam Fisika usaha didefinisikan sebagai hasil kali antara gaya (F) dengan jarak yang searah gaya (s). Dengan W = usaha, F = gaya dan s = jarak benda Persamaan usaha dinyatakan sebagai:

4 Contoh Soal Sebuah kereta kuda ditarik oleh seekor kuda dengan gaya 200 N sehingga berpindah sejauh 10 m. Berapakah usaha yang dilakukan kereta tersebut ?

5 Jenis – jenis Usaha 1.Usaha Positif 2.Usaha Negatif 3.Usaha Nol 4.Usaha Bersama

6 Usaha Positif Usaha positif merupakan usaha yang dilakukan benda bermassa m dengan arah komponen gaya F sama (searah) dengan arah komponen perpindahan benda s. Usaha positif dapat digambarkan sebagai berikut: Besarnya usaha ditentukan melalui persamaan:

7 Contoh Soal Dengan memperhatikan gambar berikut ini, usaha yang dilakukan besarnya adalah…

8 Usaha Negatif Usaha negatif merupakan usaha yang dilakukan benda bermassa m dengan arah komponen gaya F berlawanan arah dengan arah komponen perpindahan benda s. Usaha negatif misalnya yang dihasilkan oleh gaya gesek. balok ditarik (dengan gaya F) akan ada gaya gesek antara balok dengan lantai. Gaya gesek (fs) berlawanan dengan arah perpindahan benda maka gaya itu diberi tanda (-). Besarnya usaha ditentukan melalui persamaan :

9 Usaha Nol Usaha bernilai nol terjadi apabila arah gaya yang bekerja tegak lurus terhadap arah perpindahan benda atau selama gaya bekerja benda tidak mengalami perpindahan. Sebagai contoh, usaha nol terjadi ketika orang mendorong tembok. Meskipun orang itu kelelahan, namun selama tembok tidak bergerak maka tidak ada usaha yang dilakukan Dengan demikian, perpindahan benda s = 0 sehingga usaha adalah

10 Usaha Bersama Usaha bersama adalah usaha yang dilakukan oleh beberapa gaya pada sebuah benda. Usaha bersama ada 2 macam, yaitu: 1.Usaha bersama yang dilakukan oleh dua gaya yang searah sama dengan jumlah usaha yang dilakukan oleh masing-masing gaya. Usaha bersama dengan arah gaya sama

11 Contoh Soal Kike dan Lily bersama-sama mendorong sebuah peti masing-masing dengan gaya 75 N dan 60 N. Akibat dorongan mereka maka peti berpindah sejauh 2 m. Usaha bersama yang mereka lakukan adalah…

12 Lanjutan Usaha Bersama 2.Usaha bersama yang dilakukan oleh dua gaya yang berlawanan arah sama dengan selisih usaha yang dilakukan oleh masing-masing gaya. Arah gaya bersama ditentukan oleh arah gaya yang besar., Bersama dengan arah gaya berbeda

13 Contoh Soal Hafidz dan Halim sedang bermain tarik tambang. Hafidz menarik dengan gaya 80 N, sedangkan Halim menarik dengan gaya 60 N. Tarik menarik ini menyebabkan tambang bergeser sejauh 50 cm dari garis batas. Usaha bersama dan arah perpindahan tambang adalah …

14 Kaitan Antara Usaha dan Energi Energi merupakan kemampuan untuk melakukan kerja atau usaha. Berdasarkan definisinnya, usaha sangat terkait dengan energi. Contoh : Sebuah mobil memiliki energi kimia yang tersimpan dalam bahan bakarnya untuk menarik mobil lain atau mengangkat penumpang. Karet ketapel memiliki energi potensial yang menghasilkan gaya elastis yang digunakan untuk melakukan usaha, misalnya melontarkan batu. Air memiliki energi yang dapat melakukan usaha, misalnya menggoyangkan kapal, mengikis pantai, dan menghanyutkan kayu. Usaha pada dasarnya sama dengan perubahan energi yang terjadi. Oleh karena itu, satuan usaha sama dengan satuan energi yaitu joule (J).

15 Lanjutan 1.Daya Daya adalah kecepatan melakukan usaha. Dengan kata lain, daya adalah usaha per satuan waktu. Daya dinyatakan melalui rumus berikut: 2.Pengertian Energi Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja (usaha). Sebuah benda dikatakan mempunyai energi apabila benda itu dapat menghasilkan suatu gaya yang dapat melakukan kerja. Satuan energi adalah joule. Energi merupakan besaran skalar yang mempunyai dimensi ML2T-2. Dengan P = daya (J/s atau watt), W = usaha (J), dan t = waktu (s)

16 3.Bentuk-bentuk Energi Energi kimia yaitu energi yang terkandung dalam bahan bakar, makanan, atau minuman. Energi cahaya yaitu energi radiasi dari sumber cahaya. Energi bunyi yaitu energi yang dihasilkan oleh suatu benda bergetar. Energi listrik yaitu energi yang terdapat dalam arus listrik. Energi panas (kalor) yaitu energi yang timbul dari energi kinetik suatu benda. Energi nuklir yaitu energi yang dihasilkan dari reaksi inti-inti atom. Energi mekanik yaitu energi yang terdiri dari energi potensial dan energi kinetik. Energi potensial, yaitu energi yang dimiliki suatu benda karena kedudukannya. Energi kinetik yaitu energi yang dimiliki suatu benda karena bergerak.

17 4.Perubahan Energi Beberapa contoh perubahan bentuk energi : Energi listrik menjadi energi kalor, misalnya: setrika listrik, kompor listrik. Energi listrik menjadi energi cahaya, misalnya: bolam (lampu listrik). Energi gerak menjadi energi bunyi, misalnya: gitar yang dipetik, biola yang digesek. Energi gerak menjadi energi kalor,misalya: dua buah batu yang digesek-gesekan, dua telapak tangan yang digesek- gesekkan. Energi listrik menjadi energi gerak, misalnya kipas angin. Energi kimia menjadi energi listrik, misalnya:aki, batu baterai (elemen kering)

18 5.Hukum Kekekalan Energi Bunyi Hukum Kekekalan Energi: “Energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan, tetapi energi dapat berubah bentuknya dari bentuk energi yang satu menjadi bentuk energi yang lain.” 6.Energi Mekanik Energi mekanik adalah energi yang terdiri energi kinetik dan energi potensial. Secara matematis energi mekanik dirumuskan sebagai berikut: a.Energi Kinetik Energi kinetik adalah energi yang dimiliki benda karena karena gerakannya. Besarnya energi kinetik suatu benda sebanding dengan massa benda dan kuadrat kecepatannya, sehingga dapat dirumuskan sebagai berikut: b.Energi Potensial Energi potensial adalah energi yang tersimpan pada suatu benda karena kedudukan atau keadaannya.Secara matematis, energi potensial dirumuskan sebagai berikut:

19 Contoh Soal 1.Sebuah batu bata yang massanya 400 gram jatuh dari atas bangunan yang tingginya 20 m, apabila batu bata memiliki kecepatan 5 m/s ketika jatuh. Berapa energi mekanik batu bata? 2.Sebuah balok jatuh dari atas bangunan dengan energi kinetik dan potensial berturut- turut 12 joule dan 5 joule. Energi mekanik batu bata adalah ….


Download ppt "USAHA DAN ENERGI PARA MITTA PURBOSARI, M.Pd. USAHA DAN ENERGI » Standart Kompetensi Mendeskripsikan konsep gaya dan tekanan serta penerapannya dalam kehidupan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google