Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Dr. Syahrial. / PKn - UIEU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Dosen: Dr. Syahrial Syarbaini, MA.Ph.D. Universitas Indonusa Esa Unggul.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Dr. Syahrial. / PKn - UIEU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Dosen: Dr. Syahrial Syarbaini, MA.Ph.D. Universitas Indonusa Esa Unggul."— Transcript presentasi:

1 Dr. Syahrial. / PKn - UIEU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Dosen: Dr. Syahrial Syarbaini, MA.Ph.D. Universitas Indonusa Esa Unggul

2 Dr. Syahrial. / PKn - UIEU Latar Belakangan PKn  Perubahan dunia dimana nilai yang telah mulai kehilangan otoritas sehingga menimbulkan krisis multi dimensi  Pemerintah perlu menantisipasi mengefektifkan nilai panutan lewat pendidikan.  Perlu acuan pendidikan nasioan melalui UU No. 20 tahun 2003, ditetapkan:  Kurikulum PT yang berbasis kompetensi.  Proses belajar bersifat mendidik dan dialogis  Profesionalisme dosen.

3 Dr. Syahrial. / PKn - UIEU Landasan PKn  Pasal 3 UU No. 20/2003: Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan dan mermbentuk watak serta peradaban bangsa yang bermmartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.  Tujuannya: berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi wn yang demokratis dan bertanggung jawab.  Pendidikan demokrasi integral dengan pendidikan nasional

4 Dr. Syahrial. / PKn - UIEU Asumsi Dasar Pendidikan Demokrasi  Komitmen Nasional mencerdaskan kehidupan bangsa  Transpormasi demokrasi untuk warga negara yang cerdas, berwatak dan beradab.  Upaya sistematis mengembangkan model pendidikan secara teoritis, empiris valid, kntekstual dan akseptabel.  Pendidikan demokrasi “school-based democracy and society-based democracy”  Pengembangan: civic intelligence, ciovic participation and responsibility”

5 Dr. Syahrial. / PKn - UIEU Pengertian Kompetensi  Perpaduan dari pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap yang direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak. (E. Mulyana. 2002).  Pengetahuan, keterampilan dan kemampuan yang dikuasai oleh seseorang telah menjadi bagian dari dirinya, sehingga dapat melakukan prilaku-perilaku kognitif, afektif dan psikomotorik dengan sebaik-baiknya. (MaAshan 1981).  Penguasaan terhadap suatu tugas, keterampilan, sikap dan apresiasi yang diperlukan untuk menunjang keberhasilan (Crunkilton 1979).

6 Dr. Syahrial. / PKn - UIEU Aspeh/Ranah Kompetensi  Pengetahuan (knowledge)kesadaran kognitif.  Pemahaman (understanding): kedalam kognitif dan afektif yang dimiliki individu.  Kemampuan (skill): suatu yang dimiliki individu yang melaksanakan tugasnya.  Nilai (value): standar perilaku yang telah diyakini dan secara psikologis telah menyuatu dalam diri seseorang.  Sikap (attitude): perasaan (senang, tidak senang, suka tidak suka) atau reaksi terhadap suatu rangsangan yang datang dari luar.  Minat (interst): kecenderungan seseorang untuk melakukan sesuatu perbuatan (Gordon 1988 )

7 Dr. Syahrial. / PKn - UIEU Karakteristik KBK  Sistem belajar dengan modul  Menggunakan keseluruhan sumber belajar  Pengalaman lapangan strategi belajar individual personal  Kemudahan belajar  Belajar tuntas

8 Dr. Syahrial. / PKn - UIEU Prinsip-Prinsip Pengembangan KBK  Keimanan, nilai dan budi pekerti luhur  Penguatan integritas nasional  Keseimbangan etika, logika dan estetika.  Kesamaan memperoleh kesempatan  Abad pengetahuan dan teknologi informasi  Pengembangan keterampian untuk hidup.  Belajar sepanjang hayat  Berpusat pada pelajar dengan penilaian yang berkelanjutan dan koperhensipendekatan menyeluruh dan kemitraan (Depdiknas 2002)

9 Dr. Syahrial. / PKn - UIEU Visi – Misi Pkn  Visi: Sumber nilai dan pedoman dlm mengembangkan dan penyelenggaraan program studi memantapkan kepribadian dan manusia seutuhnya.  Mampu mewujudkan nilai-nilai dasar.. Kebudayaan, rasa kebangsaan dan cinta tanah air sepanjang hayat dalam menguasai iptek.

10 Dr. Syahrial. / PKn - UIEU Kompetensi Dasar Pkn  Fisafat Pancasila.  Identitas Nasional.  Politik dan Strategi  Demokrasi Indonesia  HAM dan Rule of Law  Hak dan Kewajiban WN  Geopolitik  Geostategi.

11 Dr. Syahrial. / PKn - UIEU PKn Dasar Nilai dan Berkarya  Pendidikan efektif:  Mempersiapkan pribadi.  Sustainable development  Orientasi pada penguasaan iptek  Pendidikan Tinggi:  Meneruskan nilai dan tranper iltek.  Persiapkaan tenaga kerja produktif.  Mengubah cara berpikir, sikap dan perilaku.

12 Dr. Syahrial. / PKn - UIEU Karakter Masyarakat Demok-beradab  Beriman dan bertakwa kpd Tuhan YME.  Menghargai perbedaan.  Mengakui HAM  Sadarkum  Partisipatif  Menjunjung nilai luhur  Belajar sepanjang hayat.

13 Dr. Syahrial. / PKn - UIEU


Download ppt "Dr. Syahrial. / PKn - UIEU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Dosen: Dr. Syahrial Syarbaini, MA.Ph.D. Universitas Indonusa Esa Unggul."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google