Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

FUNGSI & PENGGOLONGAN KOPERASI. Pandangan Tentang Fungsi Koperasi Aliran Yardstick Fungsi dan peranan koperasi pada dasarnya hanyalah sebagai penetralisir.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "FUNGSI & PENGGOLONGAN KOPERASI. Pandangan Tentang Fungsi Koperasi Aliran Yardstick Fungsi dan peranan koperasi pada dasarnya hanyalah sebagai penetralisir."— Transcript presentasi:

1 FUNGSI & PENGGOLONGAN KOPERASI

2 Pandangan Tentang Fungsi Koperasi Aliran Yardstick Fungsi dan peranan koperasi pada dasarnya hanyalah sebagai penetralisir keburukan yang timbul oleh sistem perekonomian kapitalis. Sasarannya adalah untuk menghilangkan praktek persaingan yg tidak sehat pada sistem perekonomian kapitalis.

3 Pandangan Tentang Fungsi Koperasi Aliran Sosialis Fungsi dan peranan koperasi berbeda dengan pandangan aliran Yardstick. Aliran ini memandang sistem perekonomian kapitalis sebagai asal mula penindasan terhadap rakyat banyak. Kehadiran koperasi harus difungsikan sebagai kekuatan untuk mengganti sistem perekonomian kapitalis tersebut.

4 Pandangan Tentang Fungsi Koperasi Aliran Persemakmuran Fungsi dan peranan koperasi dalam masyarakat kapitalis tidak sekedar sebagai tolok ukur alat penawar, tetapi sebagai alternatif dari bentuk kerusakan kapitalis. Sebagai bentuk perusahaan alternatif, maka peranan koperasi harus terus ditingkatkan dan dikembangkan sebagai suatu gerakan masyarakat dalam rangka mewujudkan masyarakat koperasi.

5 Fungsi Koperasi Dalam Bidang Ekonomi Menumbuhkan motif berusaha yang lebih berperikemanusiaan Mengembangkan metode pembagian SHU yg lebih adil Memerangi monopoli dan bentuk2 konsentrasi permodalan lainnya Menawarkan barang-barang dan jasa dengan harga yang lebih murah Meningkatkan penghasilan anggota Menyederhanakan dan mengefisienkan tata niaga Menumbuhkan sikap jujur dan keterbukaan dalam pengelolaan perusahaan Menjaga keseimbangan antara permintaan dan penawaran, antara kebutuhan dan pemenuhan kebutuhan Melatih masyarakat untuk menggunakan pendapatnya secara aktif

6 Fungsi Koperasi Dalam Bidang Sosial Mendidik para anggotanya untuk memiliki semangat bekerjasama dalam membangun tatanan sosial masyarakat yang lebih baik Mendidik para anggota memiliki semangat berkorban dalam mewujudkan masyarakat yg adil dan makmur Mendorong terwujudnya suatu tatanan sosial yang bersifat demokratis. Mendorong terwujudnya suatu kehidupan masyarakat yang tentram dan damai.

7 Alasan Mendirikan atau Bergabung Dalam Koperasi Alasan Historis Pendirian koperasi di Inggris (revolusi industri) Pendirian koperasi di Indonesia (penjajahan) Alasan Politis Koperasi sebagai wadah bersatu dan memiliki kedudukan politis yg kuat di masyarakat Alasan Sosiologis Adanya rasa senasib sepenanggungan (makhluk sosial) Alasan Ekonomis Menekan biaya usaha, meningkatkan kemampuan ekonomi Alasan Yuridis Koperasi dilindungi oleh Undang-Undang (legal).

8 Penggolongan Koperasi Berdasarkan Bidang Usaha Berdasarkan Jenis Komoditi Berdasarkan Profesi Anggotanya Berdasarkan Daerah Kerjanya

9 Koperasi Berdasarkan Bidang Usaha Koperasi Konsumsi Koperasi menyediakan barang2 konsumsi anggotanya Koperasi Produksi Kegiatan utamanya memproses bahan baku menjadi barang jadi/setengah jadi Koperasi Pemasaran Membantu anggota memasarkan barang2 yg dihasilkan Koperasi Kredit/Simpan Pinjam Bergerak dalam pemupukan simpanan dari anggota untuk dipinjamkan kembali bagi anggota yang membutuhkan pinjaman modal usaha.

10 Koperasi Berdasarkan Jenis Komoditi Koperasi Ekstraktif (menggali SDA) Koperasi Pertanian/Peternakan Koperasi Industri/Kerajinan Koperasi Jasa-Jasa

11 Koperasi Berdasarkan Profesi Koperasi karyawan Koperasi PNS Koperasi AL, AU, AD, POLRI KoperasiMahasiswa Koperasi Pedagang Pasar Koperasi Veteran RI Koperasi Nelayan Koperasi Pengrajin

12 Koperasi Berdasarkan Daerah Kerja Koperasi Primer Koperasi yang anggotanya orang2 Koperasi Pusat Koperasi yang beranggotakan koperasi-koperasi primer Koperasi Gabungan Koperasi Koperasi gabungan koperasi pusat Koperasi Induk Koperasi gabungan koperasi pusat atau koperasi2 gabungan berkedudukan di Ibukota Negara.

13 Refleksi Alasan2 orang mendirikan koperasi? Sebutkan penggolongan koperasi Koperasi Konsumsi? Fungsi dalam bidang ekonomi? Koperasi Ekstraktif? Koperasi Primer Koperasi Induk?


Download ppt "FUNGSI & PENGGOLONGAN KOPERASI. Pandangan Tentang Fungsi Koperasi Aliran Yardstick Fungsi dan peranan koperasi pada dasarnya hanyalah sebagai penetralisir."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google