Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

04 |Transformations Imam Cholissodin|

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "04 |Transformations Imam Cholissodin|"— Transcript presentasi:

1 04 |Transformations Imam Cholissodin|

2 Transformations : 1.What’s Transformations 2.Types of Transformation 3.Vertex Transformation Pipeline 4.Transformation Process [Example] 5.Transformations Syntax 6.Order of Transformation 7.Demos Program Transformation

3 What’s Transformations Transformasi adalah memindahkan objek tanpa merusak bentuk aslinya, meskipun ada perubahan bentuk atau modifikasi pada hasil akhirnya. Tujuan Transformasi : – Melihat objek dari sudut pandang yang berbeda. – Membuat komposisi pemandangan yang sesuai. – Memudahkan membuat objek yang simetris. – Memindahkan satu atau beberapa objek dari satu tempat ke tempat lain (animasi).

4 Types of Transformation Modeling. In 3D graphics, handles moving objects around the scene. Viewing. In 3D graphics, specifies the location of the camera. Projection. Defines the viewing volume and clipping planes from eye coordinate to clip coordinates. Viewport. Maps the projection of the scene into the rendering window. Modelview. Combination of the viewing and modeling transformations.

5 Vertex Transformation Pipeline Transformasi dalam OpenGL dilakukan dengan menggunakan konsep matrik. Matrix Modes : – ModelView Matrix (GL_MODELVIEW) These concern model-related operations such as translation, rotation, and scaling, as well as viewing transformations. – Projection Matrix (GL_PROJECTION) Setup camera projection. Vertex Modelview Matrix Modelview Matrix Projection Matrix Projection Matrix Perspective Division Perspective Division Viewport Transformation Viewport Transformation Object Coordinates Object Coordinates Eye Coordinates Eye Coordinates Clip Coordinates Clip Coordinates Normalized device Coordinates Normalized device Coordinates Window Coordinates Window Coordinates

6 Translasi: Skala: Rotasi: Transformation Process [Example]

7 Shearing Kombinasi (Translasi + Skala + Rotasi + Shearing) Process Transformation [Example] Sebelum Sesudah

8 Transformations Syntax 3 basic syntax transformations: – glTranslate(T x, T y, T z) Memindahkan titik/objek dalam arah x, y dan z. Nilai x, y dan z ditambah atau dikurangi dengan nilai tertentu. Jika titik A di traslasikan ke B dengan matrik translasi K, maka persamaannya adalah A = KB. – glScale(T x, T y, T z) Nilai x, y dan z dikalikan dengan bilangan skalar. – glRotate(T angle, T x, T y, T z) T angle (in degrees) dengan arah berlawanan dengan jarum jam (counterclockwise). Nilai koordinat x, y dan z diputar ke sekeliling titik referensi.

9 Translation Snippet Code // warna segiempat asli adalah kuning glColor3f(1,1,0); glRecti(100,50,200,200); // warna segiempat hasil translasi adalah merah glColor3f(1,0,0); glPushMatrix(); // Saves current matrix glTranslated(200,150,0); glRecti(100,50,200,200); glPopMatrix(); // Returns current matrix

10 Scale Snippet Code // warna segiempat asli adalah kuning glColor3f(1,1,0); glRecti(50,50,100,100); // warna segiempat hasil skala adalah merah glColor3f(1,0,0); glPushMatrix(); glScaled(2,3,1); glRecti(50,50,100,100); glPopMatrix();

11 Rotation Snippet Code // warna segiempat asli adalah kuning glColor3f(1,1,0); glRecti(50,50,100,100); // warna segiempat hasil rotasi adalah merah glColor3f(1,0,0); glPushMatrix(); glRotated(45,0,0,1); glRecti(50,50,100,100); glPopMatrix();

12 Shearing Snippet Code // Create T glBegin(GL_LINE_LOOP); for (i=0;i<8;i++) glVertex2i(original[0][i],original[1][i]); glEnd(); // Transformation Process for(i=0;i<8;i++) shearing[0][i]=(original[0][i])+(skalar*original[1][i]); shearing[1][i]=original[1][i]; // hasil transformasi dengan shearing glBegin(GL_LINE_LOOP); for (i=0;i<8;i++) glVertex2i(shearing[0][i],shearing[1][i]); glEnd();

13 Order of Transformation Hasil transformasi dikatakan benar, jika dilakukan sesuai dengan kondisi yang tepat. Apakah hasil posisi akhir pada gambar (a) dan (b) terletak pada koordinat yang sama ? (a) (b)

14 Tugas Kelompok (bagian 1) 1.Buatlah Program bangun 2D berikut : (gunakan konsep primitif objek) 2.Buatlah Program render mobil, helikopter, kincir Angin atau model 2D/3D lainnya, yang dapat dikontrol dengan tombol, misal “n” dan “m“. Jika ditekan tombol ‘n’, maka objek akan berjalan dan jika ditekan tombol ‘m’, maka objek akan berhenti. (gunakan konsep transformasi) Note : Soal 1&2 (Buat Program dan Laporan Penjelasan Kode Program) (a) (b) (c)

15 Selesai Imam Cholissodin|


Download ppt "04 |Transformations Imam Cholissodin|"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google