Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan 13 Struktur Organisasi. Struktur Organisasi - Struktur organisasi merupakan pengaturan pekerjaan dan tanggung jawab dalam organisasi untuk dilaksanakan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan 13 Struktur Organisasi. Struktur Organisasi - Struktur organisasi merupakan pengaturan pekerjaan dan tanggung jawab dalam organisasi untuk dilaksanakan."— Transcript presentasi:

1 Pertemuan 13 Struktur Organisasi

2 Struktur Organisasi - Struktur organisasi merupakan pengaturan pekerjaan dan tanggung jawab dalam organisasi untuk dilaksanakan dalam suatu bisnis. Struktur organisasi berguna untuk membantu mewujudkan tujuan bisnis dengan cara mengatur pekerjaan yang akan dilakukan dengan fungsi dan tanggung jawab yang telah ditentukan

3 Cara Struktur Organisasi Suatu Perusahaan Mencapai Rencana Strategis Sebuah struktur organisasi mengidentifikasi tanggung jawab untuk setiap posisi pekerjaan serta hubugan antar posisi ini. Secara tripikal, struktur organisasi bervariasi untuk berbagai perusahaan.

4 Alur Perintah Struktur organisasi mengidentifikasi alur perintah yang mengidentifikasi jabatan pekerjaan, yang harus dipertanggung jawabkan oleh masing-masing tipe karyawan. Alur perintah juga mengidentifikasi siapa yang bertanggung jawab atas berbagai kegiatan. Karena para karyawan sering kali berhadapan dengan persoalan yang memerlukan komunikasi dengan divisi lain, maka akan membantu jika mengetahui siapa yang bertanggung jawab untuk setiap jenis pekerjaan.

5 Contoh Bagan Organisasi

6 Dewan Direksi Jenis-jenis anggota Dewan:  Anggota dari dalam Seperti CEO.  Anggota dari luar Manajer tingkat tinggi-Firma lain. Dewan Direksi (Board of Directors): Beberapa orang eksekutif yang bertanggung jawab untuk memonitor kegiatan presiden perusahaan dan para manajer tingkat tinggi lainnya.

7 Jangkauan Pengawas  Manajemen menentukan rentang kendali (span of control).  Jika menyelenggarakan tugas serupa adalah mungkin dipekerjakan suatu jenjang pengawasan lebar Salesperson 1Salesperson 2Salesperson 3Salesperson 4Salesperson 5 CEO/President

8 Puncak Organisasi Struktur organisasi dapat dijelaskan dari ukuran tingginya. Struktur organisasi yang tinggi menunjukkan bahwa terdapat banyak lapisan dari dasar struktur hingga puncak. Sebaliknya struktur organisasi yang pendek (datar) menunjukkan bahwa tidak terdapat jarak lebar dari dasar struktur hingga puncak, karena tidak terdapat banyak lapisan karyawan dari dasar hingga ke puncak.

9 Sentralisasi vs Desentralisasi Sentralisasi adalah memusatkan seluruh wewenang kepada sejumlah kecil manajer atau yang berada di posisi puncak pada suatu struktur organisasi. Desentralisasi adalah pendelegasian wewenang dalam membuat keputusan dan kebijakan kepada manajer atau orang-orang yang berada pada level bawah dalam suatu struktur organisasi.

10 Desentralisasi Keunggulan Mengurangi biaya operasional. Pengambilan keputusan yang cepat. Memotivasi pekerja. kelemahan Manajer pada tingkat yang lebih rendah dapat membuat keputusan yang tidak sejalan dengan strategi umum perusahaan Dapat terjadi kurangnya koordinasi antar manajer Manajer pada level yang lebih rendah mungkin memiliki tujuan yang berbeda dari tujuan perusahaan secara keseluruhan

11 Sentralisasi Keunggulan: 1.Pola tindakan yang diambil dapat diseragamkan 2. Terdapat pengendalian yang lebih efektif 3. Pengambilan keputusan lebih cepat dibuat 4. Bagus untuk sebuah perusahaan yang memiliki permasalahan keuangan Kelemahan : 1.Beban kerja menejemen puncak menjadi semakin besar sejalan dengan kemajuan organisasi 2. Sering terjadi keterlambatan dalam pemberian informasi atau instruksi dari pusat ke kantor-kantor cabang 3. Menghambat munculnya atau berkembangnya calon menejer pusat

12 Bentuk- Bentuk Struktur Organisasi Struktur organisasi Lini Organisasi Garis / Lini adalah suatu bentuk organisasi dimana pelimpahan wewenang langsung secara vertical dan sepenuhnya dari kepemimpinan terhadap bawahannya. Organisasi Lini dan Staf Organisasi Lini dan Staf adalah kombinasi dari organisasi lini dan organisasi fungsional Organisasi dalam bentuk fungsional Organisasi fungsional diciptakan oleh F.W.Taylor. yaitu suatu bentuk organisasi di mana kekuasaan pimpinan dilimpahkan kepada para pejabat yang memimpin satuan di bawahnya dalam satuan bidang pekerjaan tertentu.

13 Struktur Lini dan Staf

14 Menciptakan Stuktur yang Memungkinkan Lebih Banyak Masukkan Karyaw an  Organisasi Matrik (Matrix organization)  Intrapreneurship (Intrapreneurship)

15 Organisasi Matrix Interaksi diantara berbagai bagian perusahaan untuk memfokuskan pada proyek tertentu. Keuntungan: Gabungan bakat dan ketrampilan. Keikutsertaan dalam pengambilan keputusan. Kepuasan karyawan lebih besar. Kerugian: Potensial ketiadaan tanggung-jawab. Waktu yang digunakan untuk mengambil bagian dalam proyek mengurangi waktu untuk tugas normal. Karyawan mempunyai dua bos.

16 Intrapreneurship Pekerja ditugaskan untuk menciptakan gagasan seolah-olah dia wirausahawan. Keuntungan: - Timbulnya pemikiran inovatif. Kerugian: - Menarik karyawan menjauh dari tugas normal.

17 Struktur Organisasi Informal Jaringan komunikasi informal diantara pekerja perusahaan. Keuntungan: - Pekerja belajar dari panutan. - Mengurangi keterlibatan manajerial. Kerugian: -Karyawan memperoleh informasi tidak benar atau salah. -Informasi tidak benar dapat berdampak kurang baik buat moral pekerja.

18 Departemenlisasi Departemenlisasi: penciptaan departemen yang akan medapatkan penugasan. Organisasi dapat didepartemenlisasi: - Per fungsi (By function) - Per produk (By product) - Per lokasi (By location) - Per pelanggan (By custome)

19 Thank You by: Junita Djioe Ferry Yanto Steven Malikin Veronica


Download ppt "Pertemuan 13 Struktur Organisasi. Struktur Organisasi - Struktur organisasi merupakan pengaturan pekerjaan dan tanggung jawab dalam organisasi untuk dilaksanakan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google