Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KASUS PATAH TULANG dan kelainan yang dapat ditimbulkannya. DEFINISI Patah Tulang (fraktur) adalah retaknya tulang, biasanya disertai dengan cedera di jaringan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KASUS PATAH TULANG dan kelainan yang dapat ditimbulkannya. DEFINISI Patah Tulang (fraktur) adalah retaknya tulang, biasanya disertai dengan cedera di jaringan."— Transcript presentasi:

1 KASUS PATAH TULANG dan kelainan yang dapat ditimbulkannya. DEFINISI Patah Tulang (fraktur) adalah retaknya tulang, biasanya disertai dengan cedera di jaringan sekitarnya.

2 Jenis patah tulang: 1.Patah tulang tertutup (patah tulang simplek) Tulang yang patah tidak tampak dari luar. 2.Patah tulang terbuka (patah tulang majemuk). Tulang yang patah tampak dari luar karena tulang telah menembus kulit atau kulit mengalami robekan. Patah tulang terbuka lebih mudah terinfeksi.

3 3.Patah tulang karena tergilas. Tenaga benturan yang sangat hebat menyebabkan beberapa retakan sehingga terjadi beberapa pecahan tulang. Jika aliran darah ke bagian tulang yang terkena mengalami gangguan, maka penyembuhannya akan berjalan sangat lambat.

4 4.Patah tulang kompresi (patah tulang karena penekanan). Merupakan akibat dari tenaga yang menggerakkan sebuah tulang melawan tulang lainnya atau tenaga yang menekan melawan panjangnya tulang. Sering terjadi pada wanita lanjut usia yang tulang belakangnya menjadi rapuh karena osteoporosis.

5 5.Patah tulang avulsi. disebabkan oleh kontraksi otot yang kuat, menarik bagian tulang tempat tendon otot tersebut melekat. Paling sering terjadi pada bahu dan lutut, tetapi bisa juga terjadi pada tungkai dan tumit.

6 6.Patah tulang patologis. Terjadi jika sebuah tumor (biasanya kanker) telah tumbuh ke dalam tulang dan menyebabkan tulang menjadi rapuh. Tulang yang rapuh bisa mengalami patah tulang meskipun dengan cedera ringan atau bahkan tanpa cedera sama sekali.

7 Gambar Osteosarkoma (kanker tulang=kumpulan sel abnormal yg terbentuk dipermukaan tulang)

8 Gambar 1 A : Jenis-jenis kasus fraktur

9 Gambar 1 B : Jenis-jenis fraktur

10 Gambar 2 : posisi fraktur yang memotong lempeng pertumbuhan tulang

11 Fiksasi internal : pembedahan untuk menempatkan piringan atau batang logam pada pecahan-pecahan tulang. Merupakan pengobatan terbaik untuk patah tulang pinggul dan patah tulang disertai komplikasi. Imobilisasi lengan / tungkai menyebabkan otot menjadi lemah dan menciut. Karena itu sebagian besar penderita perlu menjalani terapi fisik. Terapi dimulai pada saat imobilisasi dilakukan dan dilanjutkan sampai pembidaian, gips atau traksi telah dilepaskan.

12 Gambar 3 : Teknik Fiksasi Eksternal (kiri) dan teknik Fiksasi Internal (kanan)

13 Gbr: 4. Magnetic Resonance Imaging (MRI) adalah teknologi pencitraan yg menggabungkan prinsip magnetic & resonansi (gelombang radiofrekuensi) untuk menghasilkan gambaran parenkim tubuh manusia. Satu alat MRI yang lengkap terdiri dari : Sistem magnit Alat pemancar radio frekuensi tinggi Alat penerima radio frekuensi tinggi Komputer Tenaga listrik dan sistem pendingin

14 Jenis pemeriksaan MRI sesuai dengan organ yang akan dilihat, misalnya : 1. Pemeriksaan kepala untuk melihat kelainan pada : kelenjar pituitary, lobang telinga dalam, rongga mata, sinus ; 2. Pemeriksaan otak untuk mendeteksi : stroke / infark, gambaran fungsi otak, pendarahan, infeksi; tumor, kelainan bawaan, kelainan pembuluh darah seperti aneurisma, angioma, proses degenerasi, atrofi; 3. Pemeriksaan tulang belakang untuk melihat proses Degenerasi (HNP), tumor, infeksi, trauma, kelainan bawaan.

15 4. Pemeriksaan Musculo-skeletal untuk organ : lutut, bahu, siku, pergelangan tangan, pergelangan kaki, kaki, untuk mendeteksi robekan tulang rawan, tendon, ligamen, tumor, infeksi/abses dll. 5. Pemeriksaan Abdomen untuk melihat hati, ginjal, kantong dan saluran empedu, pakreas, limpa, organ ginekologis, prostat, buli-buli 6. Pemeriksaan Thorax untuk melihat : paru –paru, jantung.

16 KELEBIHAN MRI KELEMAHAN MRI Tidak memakai sinar-XBiaya relatif mahal Detail anatomis yang sangat baik, terutama pada jaringan lunak Tidak mampu menunjukkan klasifikasi dengan akurat Tidak terdapat efek artefak tulang akibat kurangnya sinyal dari tulang Lebih sulit ditoleransi oleh pasien karena waktu pemeriksaan yang lama dan suara mesin yang bising. Penggunaan kontras intravena jauh lebih jarang dibandingkan CT Citra kurang baik pada lapangan paru

17 Potongan yang dihasilkan dapat 3 dimensi (aksial, koronal dan sagital) dan dapat membuat lebih dari 8 potongan sekaligus dalam satu waktu Pasien yang mengandung metal tidak dapat diperiksa terutama alat pacu jantung, sedangkan pasien dengan wire& stent maupun pen boleh diperiksa

18 Jenis patah tulang lainnya harus benar-benar tidak boleh digerakkan (imobilisasi). Imobilisasi bisa dilakukan melalui: 1►Pembidaian : benda keras yang ditempatkan di daerah sekeliling tulang. 2►Pemasangan gips : merupakan bahan kuat yang dibungkuskan di sekitar tulang yang patah 3►Penarikan (traksi) : menggunakan beban untuk menahan sebuah anggota gerak pada tempatnya tetapi kini sudah jarang digunakan, tetapi dulu pernah menjadi pengobatan utama untuk patah tulang pinggul.

19 Imobilisasi lengan atau tungkai menyebabkan otot menjadi lemah dan menciut. ↓ sebagian besar penderita perlu menjalani terapi fisik. Terapi dimulai pada saat imobilisasi dilakukan dan dilanjutkan sampai pembidaian, gips atau traksi telah dilepaskan. Pada patah tulang tertentu (terutama patah tulang pinggul), untuk mencapai penyembuhan total, penderita perlu menjalani terapi fisik selama 6-8 minggu atau kadang lebih lama lagi.

20 Gambar : 5. Fungsi kolagen dan letak kolagen pada lapisan kulit Tanpa kolagen tulang menjadi rapuh dan mudah pecah. Sebaliknya bila tanpa kalsium, tulang akan kenyal seperti karet. Selain merawat tulang dan sendi, kolagen bersama keratin bertanggungjawab terhadap kekenyalan kulit. Kandungan kolagen tubuh berkurang sejalan dengan penuaan lantaran kurang asupan protein,

21 Gambar :6. bentuk kolagen dan letak kolagen pada tungkai

22 PENGOBATAN SEBAGAI UPAYA UNTUK MENGHAMBAT TIMBULNYA SERANGAN PENYAKIT DEGENERATIF HARUS ADA ZAT YANG MEMACU PERTUMBUHAN SEL DENGAN CEPAT ATAU MEREGENERASI SEL PADA TULANG (Cell Crowth Factor=CGF)

23 PENYAKIT DEGENERATIF ►Penyakit Degeneratif adalah suatu kondisi penyakit yang muncul akibat proses kemunduran fungsi sel-sel tubuh yaitu dari keadaan normal menjadi lebih buruk dan berlangsung secara kronis. ►Penyakit yang termasuk dalam kelompok ini adalah Diabetes Melitus Type II, Stroke, Hipertensi, Penyakit Kardiovaskular, Dislipidemia, Kanker (tulang,payudara,servic) dsb

24 Teripang kaya akan Cell Growth Factor (CGF) ↓ dapat memperbaiki sel-sel rusak. ↓ Kandungan protein pd teripang hingga 86.8% dan asam lemak essensial memperkuat sel hati untuk mengeluarkan antibodi. ↓ teripang (gamat) kerap disebut imunomodulator. Lantaran kandungan kolagen yang tinggi, ( Menurut Dr. Zen, gamat larut dalam air sehingga langsung terserap di hati tanpa mengalami detoksifikasi)

25 Teripang pada umumnya: Berasal dari spesies Stichopus Variegatus merupakan species terpilih dari 1400 species teripang di dunia. Jenis species terpilih ini memiliki warna keemasan (golden) membuktikan manfaat dan khasiat dari teripang tsb. untuk berbagai masalah kesehatan dan kecantikan. Satu-satunya spesies yang mengandung Gamapeptide.

26 Upaya Alternatif Dalam Membantu Proses Penyembuhan Luka /Kasus patah Tulang,. Penyakit Dalam, dll. Kandungan Sea Cucumber atau gamat emas (teripang emas) berdasarkan hasil penelitian adalah: Protein 86,8% Kolagen 80,0% Mineral Mukopolisakarid Glucasaminoglycans (GAGs) Antiseptik alamiah Chondroitin Omega-3, 6, dan 9 Asam Amino

27 KELAINAN KELAINAN YANG DAPAT DITIMBULKAN PADA TULANG Osteomielitis adalah infeksi tulang yang biasanya disebabkan oleh bakteri, tetapi kadang-kadang disebabkan oleh jamur.

28 Jika tulang terinfeksi, bagian dalam tulang yang lunak (sumsum tulang) sering membengkak. Karena pembengkakan jaringan ini menekan dinding sebelah luar tulang yang kaku, maka pembuluh darah di dalam sumsum bisa tertekan, menyebabkan berkurangnya aliran darah ke tulang. Tanpa pasokan darah yang memadai, bagian dari tulang bisa mati. Infeksi juga bisa menyebar keluar dari tulang dan membentuk abses(pengumpulan nanah) di jaringan lunak di sekitarnya, misalnya di otot.

29 PENYEBAB Tulang, yang biasanya terlindung dengan baik dari infeksi, bisa mengalami infeksi melalui 3 cara: Aliran darah : 1.Penyebaran langsung Infeksi dari jaringan lunak di dekatnya, yaitu : Aliran darah bisa membawa suatu infeksi dari bagian tubuh yang lain ke tulang. Infeksi biasanya terjadi di ujung tulang tungkai dan lengan (pada anak-anak) dan di tulang belakang (pada dewasa).

30 2.Aliran darah bisa membawa suatu infeksi dari bagian tubuh yang lain ke tulang. Infeksi biasanya terjadi di ujung tulang tungkai dan lengan (pada anak-anak) dan di tulang belakang (pada dewasa). 3.Orang yang menjalani dialisa ginjal dan penyalahguna obat suntik ilegal, rentan terhadap infeksi tulang belakang (osteomielitis vertebral). Infeksi juga bisa terjadi jika sepotong logam telah ditempelkan pada tulang, seperti yang terjadi pada perbaikan panggul atau patah tulang lainnya. atau bakteri yang menyebabkan tuberkulosis juga bisa menginfeksi tulang belakang (penyakit Pott).

31 Organisme bisa memasuki tulang secara langsung melalui patah tulang terbuka, selama pembedahan tulang atau dari benda yang tercemar yang menembus tulang. Infeksi bisa terjadi juga pemasangan sendi buatan, biasanya didapat selama pembedahan dan bisa menyebar ke tulang di dekatnya.

32 Organisme bisa memasuki tulang secara langsung melalui patah tulang terbuka, selama pembedahan tulang atau dari benda yang tercemar yang menembus tulang. Infeksi ada sendi buatan, biasanya didapat selama pembedahan dan bisa menyebar ke tulang di dekatnya. Infeksi pada jaringan lunak di sekitar tulang bisa menyebar ke tulang setelah beberapa hari atau minggu atau di daerah yang mengalami kerusakan karena cedera, terapi penyinaran atau kanker, atau ulkus di kulit yang disebabkan oleh jeleknya pasokan darah atau diabetes (kencing manis). Suatu infeksi pada sinus, rahang atau gigi, bisa menyebar ke tulang tengkorak.

33 Artritis Infeksiosa : Infeksi Pada Cairan & Jaringan sendi Artritis Infeksiosa adalah infeksi pada cairan (cairan sinovial, cairan rongga sendi) dan jaringan dari suatu sendi.

34 PENYEBAB Organisme penyebab infeksi (terutama bakteri), biasanya mencapai sendi melalui aliran darah, tetapi suatu sendi bisa terinfeksi secara langsung melalui pembedahan, penyuntikan atau suatu cedera. Jenis bakteri apakah yang paling sering menyebabkan infeksi tersebut tergantung kepada usia penderita.

35 Bayi dan anak kecil sering terinfeksi oleh stafilokokus, Hemophilus influenza dan bakteri basilus gram negatif. Dewasa dan anak yang lebih tua sering terinfeksi oleh gonokokus (bakteri penyebab gonorhoe), stafilokokus dan streptokokus. Virus (misalnya HIV, parvovirus dan virus penyebab rubella, gondongan dan hepatitis B) bisa menginfeksi sendi pada berbagai usia. Infeksi sendi menahun sering disebabkan oleh tuberkulosis atau infeksi jamur.

36 Osteoporosis: Tulang Mudah Rapuh dan Mudah Patah Osteoporosis adalah berkurangnya kepadatan tulang yang progresif, sehingga tulang menjadi rapuh dan mudah patah. Tulang terdiri dari mineral- mineral seperti kalsium dan fosfat, sehingga tulang menjadi keras dan padat.

37 Untuk mendiagnosis osteoporosis sebelum terjadinya patah tulang dilakukan pemeriksaan yang menilai kepadatan tulang. Pemeriksaan yang paling akurat adalah DXA (dual- energy x-ray absorptiometry). Pemeriksaan ini aman dan tidak menimbulkan nyeri, bisa dilakukan dalam waktu menit. DXA sangat berguna untuk: - wanita yang memiliki resiko tinggi menderita osteoporosis - penderita yang diagnosisnya belum pasti - penderita yang hasil pengobatannya harus dinilai secara akurat.

38 Gout : Nyeri Sendi akibat Tingginya Kadar Asam Urat Penyakit gout adalah suatu penyakit yang ditandai dengan serangan mendadak dan berulang dari artritis yang terasa sangat nyeri karena adanya endapan kristal monosodium urat, yang terkumpul di dalam sendi sebagai akibat dari tingginya kadar asam urat di dalam darah disebut hiperurisemia. Peradangan sendi bersifat menahun dan setelah terjadinya serangan berulang, sendi bisa menjadi bengkok. Hampir 20% penderita gout memiliki batu ginjal.

39 Gambar mikroskopis kristal asam urat yang berbentuk seperti jarum. Benjolan keras dari kristal asam urat (tofi) diendapkan dibawah kulit di sekitar sendi. Tofi juga bisa terbentuk di dalam ginjal dan organ lainnya, dibawah kulit telinga atau di sekitar sikut. Jika tidak diobati, tofi pada tangan dan kaki bisa pecah dan mengeluarkan massa kristal yang menyerupai kapur.

40 PENCEGAHAN Penyakitnya sendiri tidak bisa dicegah, tetapi beberapa faktor pencetusnya bisa dihindari (misalnya karena cedera, alkohol, makanan2 berprotein tinggi.) Untuk mencegah kekambuhan, dianjurkan untuk minum banyak air setidaknya 8 gelas/hari ( 1,8 s/d 2,0 liter) Banyak penderita yang memiliki kelebihan berat badan, jika berat badan mereka dikurangi, kadar asam urat dalam darah seringkali kembali ke normal atau mendekati normal.

41 Kesimpulan dari penyakit asam urat /Uric acid Yaitu : Kadar asam urat menjadi sangat tinggi jika ginjal tidak dapat membuangnya melalui air kemih.

42 Taji Pada Tumit (Heel Spurs) Taji Pada Tumit (Heel Spurs) adalah pertumbuhan kelebihan tulang di tumit.

43 PENYEBAB Heel spurs bisa disebabkan oleh penarikan berlebihan pada tulang tumit oleh tendon atau fasia (jaringan ikat yang menempel ke tulang). Resiko terjadinya heel spurs meningkat pada: - 1.Kaki rata (flatfoot, pendataran abnormal pada telapak kaki dan sudut dari kaki) - 2.Penyakit dimana sumbu tumit selalu berkontraksi sehingga memberikan tegangan berlebihan kepada fasia

44 GEJALA Heel spurs bisa menyebabkan nyeri di dasar tumit, terutama ketika penderita berjalan. Kadang sebuah kantong berisi cairan (bursa) terbentuk diluar taji dan mengalami peradangan. Keadaan ini disebut Bursitis kalkanealis, yang biasanya menyebabkan nyeri berdenyut dan bisa terjadi tanpa adanya taji. Kadang kaki bisa beradaptasi dengan taji ini sehingga nyeri benar-benar menghilang pada saat taji membesar. Di lain pihak, taji yang tidak menimbulkan nyeri bisa menjadi nyeri setelah terjadinya cedera ringan, misalnya setelah berolah raga.

45 Bursitis Tendo Achilles Posterior Bursitis Tendo Achilles Posterior (Deformitas Haglund) adalah peradangan bursa (kantong yang berisi cairan) yang terletak diantara kulit dari tumit dan tendo Achilles (tendon yang menghubungkan otot betis dengan tulang tumit). Penyakit ini terutama terjadi pada wanita muda, tetapi juga bisa terjadi pada pria. Berjalan dengan penekanan berulang pada jaringan lunak di belakang tumit yang berhadapan dengan bagian sepatu yang keras bisa memperburuk keadaan ini.

46 GEJALA Pada mulanya timbul bintik kemerahan yang keras di tumit belakang sebelah atas. Jika bursa yang meradang membesar, akan tampak sebagai benjolan merah dibawah kulit tumit dan menyebabkan nyeri di tumit dan diatas tumit. Jika keadaan ini berlanjut, maka pembengkakan akan mengeras.

47 Pergelangan Kaki Yang Terkilir Pergelangan kaki yang terkilir merupakan suatu cedera pada ligamen di pergelangan kaki. Ligamen adalah jaringan elastik yang kuat, yang menghubungkan tulang yang satu dengan tulang lainnya.

48 Faktor-faktor yang dapat meningkatkan resiko terkilirnya pergelangan kaki adalah 1.longgarnya ligamen di pergelangan kaki - 2.kelemahan atau kerusakan pada saraf dari otot- otot tungkai - 3.Jenis sepatu tertentu (misalnya sepatu bertumit tinggi) -4. pola berjalan tertentu yang cenderung memungkinkan kaki terputar

49 GEJALA Beratnya terkilir tergantung kepada beratnya peregangan atau robeknya ligamen: Derajat 1 : Terkilir ringan. Ligamen teregang tetapi tidak mengalami robekan. Pergelangan kaki biasanya tidak terlalu membengkak, tetapi terkilir yang sifatnya ringan bisa meningkatkan resiko terjadinya cedera ulang. Derajat 2 : Terkilir sedang. Sebagian ligamen mengalami robekan. Pembengkakkan dan memar tampak dengan jelas, dan penderita mengalami kesulitan dalam berjalan dan biasanya berjalan menimbulkan rasa nyeri.

50 GEJALA Beratnya terkilir tergantung kepada beratnya peregangan atau robeknya ligamen: Derajat 1 : Terkilir ringan. Ligamen teregang tetapi tidak mengalami robekan. Pergelangan kaki biasanya tidak terlalu membengkak, tetapi terkilir yang sifatnya ringan bisa meningkatkan resiko terjadinya cedera ulang. Derajat 2 : Terkilir sedang. Sebagian ligamen mengalami robekan. Pembengkakkan dan memar tampak dengan jelas, dan penderita mengalami kesulitan dalam berjalan dan biasanya berjalan menimbulkan rasa nyeri.

51 Lanjutan.. Derajat 3 : Terkilir berat. Ligamen mengalami robekan total, sehingga terjadi pembengkakan dan kadang perdarahan dibawah kulit. Akibatnya pergelangan kaki menjadi tidak stabil dan tidak mampu menahan beban.

52 Nyeri Pada Jantung Kaki Nyeri Pada Jantung Kaki disebabkan oleh kerusakan pada saraf diantara jari-jari kaki atau kerusakan pada sendi antara jari kaki dan kaki. Penderita juga bisa merasakan seolah-olah di dalam jantung kakinya terdapat kelereng atau batu koral.

53 Hammer Toe : Jari Kaki Berbentuk Palu Jari kaki yang tetap (kaku) dengan posisi memendek.Pada jari kaki berbentuk palu, kedua, ketiga, atau keempat menjadi bengkok dan tidak bisa diluruskan. Penyebab utama pada jari kaki palu adalah menggunakan sepatu yang menyakitkan selama bertahun-tahun. Tips : beli sepatu sebaiknya siang hari, krn jari kaki membesar pd siang hari

54 Hallux Valgus dan Bunion - Kelainan Pada Ibu Jari Kaki Hallux valgus adalah kelainan letak ibu jari kaki, dimana persendian pada dasar tonjolan jari kaki keluar dari sebelah bagian luar kaki dan ibu jari kaki tersebut menunjuk ke dalam (menghadap jari kaki yang lebih kecil). Bunion adalah pembengkakan yang sakit sekali pada kantung berisi cairan (bursa) pada dasar jari kaki yang terjadi karena hallux vagus.

55 Bursitis Bursitis adalah peradangan pada bursa yang disertai rasa nyeri. Bursa adalah kantong datar yang mengandung cairan sinovial, yang memudahkan pergerakan normal dari beberapa sendi pada otot dan mengurangi gesekan.

56 PENYEBAB Penyebabnya seringkali tidak diketahui, tetapi bursitis dapat disebabkan oleh: - Cedera - Gout - Pseudogout - Artritis rematoid- Infeksi. Yang paling mudah terkena bursitis adalah bahu, bagian tubuh lainnya yang juga bisa terkena bursitis adalah sikut, pinggul, panggul, lutut, jari kaki dan tumit.

57 Sekian, semoga bermanfaat


Download ppt "KASUS PATAH TULANG dan kelainan yang dapat ditimbulkannya. DEFINISI Patah Tulang (fraktur) adalah retaknya tulang, biasanya disertai dengan cedera di jaringan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google