Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

STANDAR KOMPETENSI : 1. Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha KOMPETENSI DASAR : 1.2.Menerapkan sikap perilaku kerja prestatif (selalu ingin.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "STANDAR KOMPETENSI : 1. Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha KOMPETENSI DASAR : 1.2.Menerapkan sikap perilaku kerja prestatif (selalu ingin."— Transcript presentasi:

1 STANDAR KOMPETENSI : 1. Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha KOMPETENSI DASAR : 1.2.Menerapkan sikap perilaku kerja prestatif (selalu ingin maju) Oleh : Latifa, SPd SMA Negeri 2 Surabaya SMA Negeri 2 Surabaya

2 SIKAP DAN PRILAKU PRESTATIF Negara kita dilihat dari jumlah penduduknya termasuk negara yang padat, ternyata sebagian besar termasuk usia produktif, yang merupakan modal dalam melaksanakan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Salah satu syarat suatu negara yang termasuk negara berkembang dalam melakukan perkembangan ekonomi adalah tersedianya wiraswasta/wirausaha. Dalam meningkatkan keinginan kita untuk memperbanyaknya yaitu mengembangkan sikap dan prilaku prestatif yaitu sikap dan prilaku ingin maju dan berkembang secara dinamis.

3 GLOBALISASI EKONOMI Memasuki masa ini kita harus siap baik dari kualitas produk yang dihasilkan maupun kualitas SDMnya. Globalisasi diartikan masuknya segala sesuatu ke dalam negeri yang berasal dari luar negeri yang tidak memandang batas dan wilayah suatu negara. Globalisasi terdiri dari : 1.Globalisasi informasi 2.Globalisasi transportasi 3.Globalisai ekonomi Yang merupakan tantangan bagi kita adalah globalisasi ekonomi karena masa ini dikatakan era perdagangan bebas.

4 ERA PERDAGANGAN BEBAS Era perdagangan bebas adalah keadaan yang menggambarkan keluar masuknya produk secara bebas tanpa ada hambatan baik dari dalam maupun dari luar negeri. Hal ini dapat memacu semangat wirausaha untuk mempersiapkan sumber dayanya yang prentatif, yaitu mampu bersaing, mampu bertahan,dan memilki motivasi yang tinggi. Era perdagangan bebas tidak hanya tantangan bagi seorang wirausaha tapi juga tantangan bagi kita semua.

5 PENERAPAN SIKAP DAN PRILAKU PRESTATIF Prilaku dan sikap prestatif adalah sikap yang harus dimiliki tidak hanya seorang wirausaha tapi juga semua orang yang ingin maju berprestasi, ingin maju untuk mengembangkan diri.Adapun sikap dan prilaku tersebut dapat dibekali dengan hal-hal berikut ini : 1.Penguasaan diri dalam bentuk penuh inisiatif dapat menemukan solusi dalam masalah dan mengambil keputusan dengan cepat 2.Trampil dalam memanfaatkan dan menyesuaikan diri dalam menghadapi perubahan 3.Dapat menghargai perbedaan, kerja tim yang kompak. Memiliki tenggang rasa dan peka dalam berkomunikasi secara efektif.

6 SIKAP DAN PRILAKU PRESTATIF WIRAUSAHA Sikap prilaku prestaif yang harus dimiliki adalah : 1.Kerja prestatif adalah kerja yang ingin maju di segala bidang. 2.Kerja prestatif adalah kerja yang terpuji 3.Kerja prestatif adalah kerja yng membentuk sikap tehnis, sikap berkompetensi

7 BENTUK – BENTUK KERJA PRESTATIF 1, Menurut Stephen Covey a. Sikap mawas diri b. Mempertajam suara hati c. Pandangan mandiri bekal bertindak d. Berpikir mengarah dan adaptasi dengan cepat 2. Menurut Mardiyatmo a. kerja dengan ikhlas b. kerja mawas terhadap emosional c. kerja cerdas d. kerja keras e. kerja tuntas

8 PENERAPAN BENTUK-BENTUK KERJA PRESTATIF Penerapan bentuk-bentuk kerja prestatif dapat dilakukan pada lingkungan : Penerapan bentuk-bentuk kerja prestatif dapat dilakukan pada lingkungan : 1. Keluarga atau di dalam rumah tangga 2. Masyarakat disekitarnya 3. Tempat kerja atau sekolah 4. Semua tempat.

9 TUGAS MANDIRI  Dari materi yang telah disampaikan Anda diharapkan dapat memahaminya. Untuk mengukur kemampuan Anda maka kerjakan tugas mandiri di bawah ini : 1. Coba amati diri anda, sudahkah anda mengaktualisasi bentuk-bentuk kerja prestatif,apa saja bentuknya, jelaskan. 1. Coba amati diri anda, sudahkah anda mengaktualisasi bentuk-bentuk kerja prestatif,apa saja bentuknya, jelaskan. 2. Amatilah di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat, adakah orang-orang disana telah berbuat kerja prestatif,apa saja bentuknya, jelaskan. 2. Amatilah di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat, adakah orang-orang disana telah berbuat kerja prestatif,apa saja bentuknya, jelaskan.

10


Download ppt "STANDAR KOMPETENSI : 1. Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha KOMPETENSI DASAR : 1.2.Menerapkan sikap perilaku kerja prestatif (selalu ingin."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google