Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

HARYA D D 11/XI TKJ SMK N 2 KLATEN. PENGATURAN BANDWITH MELALUI MIKROTIK & TRAFFIC JARINGAN SUMBER

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "HARYA D D 11/XI TKJ SMK N 2 KLATEN. PENGATURAN BANDWITH MELALUI MIKROTIK & TRAFFIC JARINGAN SUMBER"— Transcript presentasi:

1 HARYA D D 11/XI TKJ SMK N 2 KLATEN

2 PENGATURAN BANDWITH MELALUI MIKROTIK & TRAFFIC JARINGAN SUMBER 89/1197/4_KomuniTi_Vol_2_No_2_Manajemen%20Jarin gan_Sujalwo.pdf?sequence=1

3 MANAJEMEN JARINGAN KOMPUTER DENGAN MENGGUNAKAN MIKROTIK ROUTER (COMPUTER NETWORK MANAGEMENT USED WITH MICROTIC ROUTER)

4 Mikrotik Router OS Mikrotik RouterOS™, merupakan sistem operasi Linux base yang diperuntukkan sebagai network router.

5 Mikrotik sekarang ini banyak digunakan oleh ISP, provider hotspot, ataupun oleh pemilik warnet. Mikrotik OS menjadikan computer menjadi router network yang handal yang dilengkapi dengan berbagai fitur dan tool, baik untuk jaringan kabel maupun wireless

6 ROUTING Routing adalah proses membawa packet data dari satu host ke host yang lain tetapi berbeda subnet. Komputer A bergabung dengan jaringan /24 dengan nomor Jika A ingin berhubungan dengan B (via hub/switch) maka proses terjadinya hubungan sama seperti yang dibahas pada bab sebelumnya. Tetapi bila A ingin berhubungan dengan C yang berbeda. subnet maka paket yang akan dikirimkan harus melalui R. Tugas melewatkan paket ini sering disebut sebagai “packet forwarding”.

7 Pengertian Bandwidth Bandwidth adalah cakupan luas atau lebar frekuensi yang digunakan oleh sinyal pada media transmisi. Dengan kata lain, bandwidth adalah perbedaan pada komponen sinyal frekuensi yang tinggi dan yang rendah. Frekuensi diukur dengan satuan Hertz. Misalnya adalah sinyal suara memiliki bandwidth sebesar 3 kHz, sedangnya sinyal analog TV memiliki bandwidth sekitar 6 Mhz. Sedangkan pengertian digital bandwidth adalah jumlah atau volume data yang dapat dikirimkan dalam sebuah saluran komunikasi dengan satuan bit per detik tanpa mengalami distorsi. Hal ini tentu berbeda dengan pengertian bandwidth yang dibahas sebelumnya, yang diberi nama analog bandwidth. Analago bandwidth diukur dalam satu Hertz dalam siklus satu detiknya, menentukan banyaknya informasi yang bisa ditransmisikan.

8 Bandwidth dan Traffic Istilah bandwidth dapat didefinisikan sebagai kapasitas atau daya tampung suatu channel komunikasi (medium komunikasi) untuk dapat dilewati sejumlah traffic informasi atau data dalam satuan waktu tertentu. Umumnya bandwidth dihitung dalam satuan bit, kbit atau bps (byte per second). Pengalokasian bandwidth yang tepat dapat menjadi salah satu metode dalam memberikan jaminan kualitas suatu layanan jaringan (QoS = Quality Of Services). Sedangkan istilah traffic dapat didefinisikan sebagai banyaknya informasi yang melewati suatu channel komunikasi (medium komunikasi).

9 Manajemen Bandwidth Pengaturan bandwidth (bandwidth management) pada jaringan komputer diperlukan untuk mengatur tiap data yang lewat, sehingga pembagian bandwidth menjadi adil. Dalam hal ini Mikrotik RouterOs juga menyertakan packet software untuk megatur lebar maksimum bandwidth yang diizinkan.

10 Trafik jaringan berhubungan dengan paket data yang dibangkitkan oleh kartu ethernet (NIC) pada komputer pengirim. kemudian data ini akan diterima oleh kartu ethernet komputer penerima, kemudian teruskan oleh driver kartu ethernet (NetworkDriver) ke bagian kernel linux untuk diproses. Proses ini hanya mengatur paket data yang keluar maupun masuk melalui satu kartu ethernet. Kernel linux yang bertanggung jawab mengatur aliran data disebut kernel traffic control.

11 Komputer dengan Sistem Operasi linux yang dioperasikan sebagai gateway atau router memungkinkan aliran paket data dapat diatur secara bidirectional (dua arah) melalui NIC0 dan NIC1.

12 Gateway linux dikonfigurasi untuk memisahkan trafik dari jaringan lain atau koneksi internet yang disediakan oleh ISP. Hubungan komputer klien yang dibagian NIC1 ke ISP dapat dikendalikan, misalnya bandwidth smtp di jatah 64Kbps, & ftp mendapatkan bandwidth 10Kbps.

13 Throughput Ternyata konsep bandwidth tidak cukup untuk menjelaskan kecepatan jaringan dan apa yang terjadi di jaringan. Untuk itulah konsep Throughput muncul. Throughput adalah bandwidth aktual yang terukur pada suatu ukuran waktu tertentu dalam suatu hari menggunakan rute internet yang spesifik ketika sedang mendownload suatu file. Seperti telah diulas di atas, bandwidth adalah jumlah bit yang dapat dikirimkan dalam satu detik. Berikut adalah rumus dari bandwidth: BANDWITH ∑BITS S

14 SEKIAN DAN TERIMAKASIH  1197/4_KomuniTi_Vol_2_No_2_Manajemen%20Jaringan_Su jalwo.pdf?sequence=1 


Download ppt "HARYA D D 11/XI TKJ SMK N 2 KLATEN. PENGATURAN BANDWITH MELALUI MIKROTIK & TRAFFIC JARINGAN SUMBER"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google