Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Etika dalam Bisnis Internasional SRI SULASMIYATI, S.SOS, M.AP.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Etika dalam Bisnis Internasional SRI SULASMIYATI, S.SOS, M.AP."— Transcript presentasi:

1 Etika dalam Bisnis Internasional SRI SULASMIYATI, S.SOS, M.AP

2 Etika dalam Bisnis Internasional Sebagai manajer yang bekerja untuk institusi yang melebihi batas Negara dan budaya, maka manager dari perusahaan multinasional harus peka terhadap perbedaan dan harus memilih kegiatan etika dalam berbagai keadaan karena berpotensi menimbulkan masalah dalam etika

3 Etika dalam Bisnis Internasional terfokus pada masalah etika yang berkembang ketika perusahaan melakukan aktivitas bisnis di Negara – Negara yang berbeda.

4 Persoalan etika dalam bisnis internasional Banyak persoalan etika dan dilemma dalam bisnis internasional yang berakar pada system politik, hukum, kemajuan ekonomi, dan budaya yang sangat berbeda antar Negara. Apa yang dianggap baik di satu Negara belum tentu dianggap baik di Negara lain.

5 Persoalan etika dalam bisnis internasional Kebiasaan para pekerja Hak asasi manusia Peraturan lingkungan Korupsi Kewajiban moral dari perusahaan multinasional

6 Kebiasaan para pekerja Ketika kondisi kerja di Negara tempat investasi lebih rendah dari kondisi kerja dari tempat asal perusahaan multinasional tersebut,standart apa yang harus dipilih? Apa dari Negara asal, Negara tempat investasi atau diantaranya? Ketika tiap Negara dianggap sama, maka berapakah perbedaan yang dapat diterima? Bekerja 12 jam sehari, gaji rendah dan gagal melindungi pekerja dari bahan berbahaya mungkin umum dilakukan di beberapa Negara berkembang, apakah hal ini berarti baik bagi perusahaan multinasional

7 H ak asasi manusia Hak asasi dasar manusia di beberapa Negara masih belum dihargai.

8 Peraturan lingkungan Masalah etika muncul ketika peraturan lingkungan di negara investasi lebih rendah dibandingkan dari negara asal investor. Banyak negara maju yang mengatur tentang peraturan dasar tentang pembuangan gas emisi, pembuangan bahan berbahaya, penggunaan bahan beracun dan sebagainya. Peraturan ini kadang kurang diperhatikan di negara berkembang

9 Haruskah perusahaan multinasional merasa tidak bersalah telah membuat polusi di negara lain? Apakah bermoral ketika suatu perusahaan memutuskan berproduksi di negara berkembang karena kontrol terhadap polusi tidak diperlukan dan perusahaan bebas merusak lingkungan dan mungkin membahayakan penduduk lokal demi menekan biaya produksi dan mendapatkan keuntungan sebesar – besarnya? Apakah hal yang benar dan tindakan moral seperti apakah yang harus digunakan menghadapi keadaan seperti itu? Membuat polusi demi keuntungan ekonomi atau mengikuti peraturan yang melekat tentang standart pengaturan polusi?

10 Korupsi Korupsi menjadi masalah utama di hampir semua sejarah manusia dan terus berlanjut sampai sekarang. Korupsi ada dan akan selalu ada dalam pemerintahan. Bisnis internasional mendapatkan keuntungan dengan membayar pemerintahan yang seperti ini.

11 Korupsi Tahun 1997, anggota dari Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) membuat AS menggunakan Convention on Combating Bribery of Foreign Public Officials in International Business Transactions. Pertemuan yang diadakan pada 1999 menyuruh anggota agar memasukkan penyuapan sebagai tindakan kriminal. Pertemuan ini juga memperantarai pembayaran antara perusahaan dan pemerintahan secara rutin. Agar menjadi efektif, hukum ini harus diadopsi ke hukum lokal di setiap negara dan sampai sekarang sedang diusahakan.

12 Kewajiban Moral Perusahaan Multinasional Tanggung jawab sosial mudah dilakukan karena suatu cara yang baik untuk melakukan sebuah bisnis. Beberapa berpendapat bahwa bisnis, umumnya bisnis besar harus menyadari kewajiban untuk memberi imbal balik pada masyarakat yang membuat mereka menjadi sukses.

13 Dilema Etika. Melakukan hal yang benar, atau mengetahui hal yang mungkin benar, seringkali sulit untuk dilakukan

14 Find me on... sulasmiyati.lecture.ub.ac.id Close book.. C U on mid test Study hard !

15 Jangan lupa, bentuk kelompok.. Saya akan berkomunikasi dg ketua kelas Ahmad firman hakim No.hp


Download ppt "Etika dalam Bisnis Internasional SRI SULASMIYATI, S.SOS, M.AP."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google