Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERTEMUAN 7 IMPLIKASI ETIS DARI TEKNOLOGI INFORMASI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERTEMUAN 7 IMPLIKASI ETIS DARI TEKNOLOGI INFORMASI."— Transcript presentasi:

1 PERTEMUAN 7 IMPLIKASI ETIS DARI TEKNOLOGI INFORMASI

2 MORAL, ETIKA, DAN HUKUM Moral adalah tradisi kepercayaan mengenai benar dan salah. Misal : “selalu ucapkan terima kasih” Moral adalah tradisi kepercayaan mengenai benar dan salah. Misal : “selalu ucapkan terima kasih” Hukum adalah peraturan perilaku formal yang dipaksakan oleh otoritas berdaulat seperti pemerintah, kepada rakyat atau warga negaranya. Hukum adalah peraturan perilaku formal yang dipaksakan oleh otoritas berdaulat seperti pemerintah, kepada rakyat atau warga negaranya. Etika adalah satu set kepercayaan, standar, atau pemikiran yang mengisi suatu individu, kelompok atau masyarakat. Etika adalah satu set kepercayaan, standar, atau pemikiran yang mengisi suatu individu, kelompok atau masyarakat.

3 Peran Etika Dalam Bisnis Etika dapat sangat berbeda dari satu masyarakat ke masyarakat lain. Etika dapat sangat berbeda dari satu masyarakat ke masyarakat lain. Dalam bidang komputer, penjualan perangkat lunak bajakan menunjukkan kurang etisnya pemakai komputer. Dalam bidang komputer, penjualan perangkat lunak bajakan menunjukkan kurang etisnya pemakai komputer. Perangkat lunak bajakan. pada tahun 1994 diperkirakan 35% di AS, 92% di jepang dan 99% di thailand Perangkat lunak bajakan. pada tahun 1994 diperkirakan 35% di AS, 92% di jepang dan 99% di thailand

4 Peran Etika Dalam Bisnis Apakah etika komputer itu? Etika komputer adalah Analisis mengenai sifat dan dampak sosial teknologi komputer, serta formulasi dan justifikasi kebijakan untuk menggunakan teknologi tersebut secara etis. (James H.Moor)

5 Peran Etika Dalam Bisnis Hubungan antara CIO dengan perusahaan merupakan dasar budaya etika. Jika perusahaan harus etis, maka manajemen puncak harus etis dalam semua tindakan dan kata-katanya (disebut budaya etika)

6 Peran Etika Dalam Bisnis Bagaimana budaya etika diterapkan? Bagaimana budaya etika diterapkan? Menetapkan Credo perusahaan Menetapkan Program etika Menetapkan Kode etik perusahaan 1 3 2

7 Peran Etika Dalam Bisnis Corporate Credo = pernyataan ringkas mengenai nilai-nilai yang ditegakkan oleh perusahaan Corporate Credo = pernyataan ringkas mengenai nilai-nilai yang ditegakkan oleh perusahaan tujuan: menginformasikan semua orang/ organisasi perusahaan mengenai nilai2 etis perusahaan. Program Etika = suatu sistem yg terdiri dari berbagai aktivitas untuk mengarahkan pegawai dalam melaksanakan corporate credo. misal: orientasi pegawai baru Program Etika = suatu sistem yg terdiri dari berbagai aktivitas untuk mengarahkan pegawai dalam melaksanakan corporate credo. misal: orientasi pegawai baru Kode etik perusahaan = peraturan-peraturan tertulis tentang etika-etika perusahaan. Kode etik perusahaan = peraturan-peraturan tertulis tentang etika-etika perusahaan.

8 Peran Etika Dalam Bisnis Alasan pentingnya etika komputer: Alasan pentingnya etika komputer: 1. Kelenturan logis: kemampuan memprogram komputer utk melakukan yg kita inginkan. Contoh: kekeliruan dalam kegiatan bisnis’ 2. Faktor transformasi : komputer dapat mengubah secara drastis cara kita melakukan sesuatu. Contoh: fungsi pembelian, , rapat, interview

9 Peran Etika Dalam Bisnis 3. Faktor tak kasat mata : menakutkan masyarakat karena operasinya tersembunyi Operasi internal yang berlangsung pada komputer, membuka peluang pada :  Nilai pemrograman yang tidak terlihat.  perhitungan yang tidak terlihat.  penyalahgunaan yang tdk terlihat.

10 Hak Sosial dan Komputer Hak Atas Komputer Hak Atas Komputer  Hak atas akses komputer  Hak atas keahlian komputer  Hak atas spesialis komputer  Hak atas pengambilan keputusan komputer

11 Hak Sosial dan Komputer Hak Atas Informasi Hak Atas Informasi  Hak atas privasi (Privacy)  Hak atas akurasi (Accuracy)  Hak atas kepemilikan (Property)  Hak atas akses (Accesibility)

12 Etika dan Spesialis Informasi Memanfaatkan kesempatan untuk bertindak tidak etis. Memanfaatkan kesempatan untuk bertindak tidak etis. Manajer tidak berprilaku tidak etis. Etika membuahkan sukses. Etika membuahkan sukses. Manajer yg berhasil berprilaku etis tdk menyembunyikan info.

13 Etika dan Spesialis Informasi Memanfaatkan kesempatan untuk bertindak tidak etis. Memanfaatkan kesempatan untuk bertindak tidak etis. Manajer tidak berprilaku tidak etis. Etika membuahkan sukses. Etika membuahkan sukses. Manajer yg berhasil berprilaku etis tdk menyembunyikan info.

14 Etika dan Spesialis Informasi Perusahaan dan manajer memiliki tanggung jawab sosial Perusahaan dan manajer memiliki tanggung jawab sosial Tanggung jawab terhadap masyarakat melebihi terhadap pemegang saham Manajer mendukung keyakinan etika Manajer mendukung keyakinan etika Manajer tidak mentolerir perilaku tidak etis dan akan mengambil tindakan terhadap yang melanggar tersebut.

15 Etika dan Spesialis Informasi CIO dipengaruhi oleh faktor-faktor Hierarki CIO dipengaruhi oleh faktor-faktor Hierarki Hukum Budaya etika perusahaan Tekanan sosial Kode etik prosesi Tekanan pribadi Kantor CIO


Download ppt "PERTEMUAN 7 IMPLIKASI ETIS DARI TEKNOLOGI INFORMASI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google