Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Rizky Purnomo & Timotius R. Sianturi.  Media penyimpanan yang dapat membantu kita mengingat hal atau data yang sewaktu- waktu diperlukan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Rizky Purnomo & Timotius R. Sianturi.  Media penyimpanan yang dapat membantu kita mengingat hal atau data yang sewaktu- waktu diperlukan."— Transcript presentasi:

1 Rizky Purnomo & Timotius R. Sianturi

2  Media penyimpanan yang dapat membantu kita mengingat hal atau data yang sewaktu- waktu diperlukan

3

4  Penyimpanan data komputer, mengacu pada komponen komputer dan media perekaman yang mempertahankan data digital. Penyimpanan data merupakan salah satu fungsi inti dan komponen fundamental dari komputer.  Terdiri dari:  Primary Storage  Secondary Storage  Tertiary Storage  Offline Storage

5 Dapat langsung diakses oleh central processing unit o Terdiri dari 3 jenis penyimpanan:  Processor register: menghubungkan langsung dengan central processing unit  Main memory: berisi program yang sedang dijalankan dan data yang sedang dipergunakan  Processor cache: kategori khusus penyimpanan yang dipergunakan oleh beberapa central processing unit. Primary storage biasanya bersifat volatile.

6  Berbeda dengan primary storage, secondary storage tidak diakses langsung oleh CPU. Selain itu data tidak akan hilang ketika komputer dimatikan(non-volatile).

7  1). Hard Disk Hitachi Dekstar 3TB

8  Penyimpanan tersier atau memori tersier, memberikan tingkat ketiga penyimpanan. Biasanya digunakan untuk menyimpan data yang luar biasa besar(up-to 60 TB). Data ini sering disalin ke secondary storage sebelum digunakan. Diperlukan robot untuk mengakses data dari tertiary storage.  Contoh umumnya adalah Tape library dan Optical Jukebox.

9 Plasmon G-438 Optical Library

10  Penyimpanan data off-line adalah penyimpanan data komputer yang tidak di bawah kontrol dari CPU. Untuk menggunakannya harus dimasukkan atau dihubungkan oleh operator manusia sebelum komputer dapat mengakses lagi(removable). Tidak seperti penyimpanan tersier, itu tidak dapat diakses tanpa interaksi manusia.

11 Beberapa harddisk external terbaru sudah memperkenalkan slot untuk kabel eSATA yang kecepatan transfer datanya jauh lebih baik dalam penggunaan harddisk tertentu. 1). External Harddisk

12  2). Magnetic Tape Cassete

13  3). Floppy Disk Drive (Disket)  4). Zip Drive

14  5). USB Flash Disk (Flash Drive atau USB Keys)

15 Punched Card and Punched Tape  6). Paper data Storage

16  1). Compact Disk (CD) Typically up to 700 MB (up to 80 minutes audio) The Use Type can be for: - CD-ROM - CD-R - CD-RW - VCD - SVCD,etc.  2). Phase Change Dual Much like CD-RW. Has a capacity 650 MB. Enclosed in protective cartridge.

17  3). Digital Video Disk/Digital Versatile Disk (DVD) Capacity 4.7 GB (single-sided, single-layer ) 8.5 GB (single-sided, double-layer) 9.4 GB(double-sided, single-layer) 17 GB (double-sided, double-layer)

18  4). Universal Media Disk (UMD)  5). Mini Disk(MD) Capacity: 900 MB (single layer), 1.8 GB (dual layer)MBGB Used for games(PSP), movie and music. Khusus untuk file audio selama 80 menit

19  7). HD DVD  6). Hi-MD Used for : Audio storage & Data storage. 45 hours of audio (with 1 GB capacity) Capacity : 15 GB (single layer) 30 GB (dual layer)

20  8). Blu-ray Disk Ukuran 12 cm Satu sisi 25 GB Dua sisi 50 GB Ukuran 8 cm Satu sisi 7.8 GB Dua sisi15.6 GB Blu-ray satu lapis dapat menampung video definisi tinggi berdurasi 135 menit dengan bonus 2 jam dalam kualitas definisi standar. Versi dua lapis dapat menampung video definisi tinggi berdurasi 3 jam dengan bonus dalam kualitas standar berdurasi 9 jam. Capacity up to100/128 GB (BDXL)

21  9). Holographic Versatile Disc (HVD) Capacity : From 1.6 TB up to 6 TB

22  10). Nintendo Optical Disc Capacity for: GCN 80 mm: 1.4 GB Wii 120 mm: 4.7 GB (8.54 GB dual layer) Wii U 120 mm: 25 GB (50 GB dual layer)  11). 5D DVD (Five dimensional DVD) According to the developers, this could result in discs with a capacity of 10 terabytes, approximately 2000 times the capacity of a standard DVD.

23  Memory Card (Flash Memory Card)

24  SSD (Solid State Drive)  Media penyimpanan data yang menggunakan non volatile memory sebagai medianya dan tidak menggunakan cakram magnetis seperti hard-disk konvensional. Berbeda dengan volatile memory (misanya Random Access Memory), data yang tersimpan pada SSD tidak akan hilang meskipun daya listrik tidak ada. Harga relatif lebih mahal daripada harddisk.

25

26  Waktu mulai bekerja (start-up) SSD yang lebih cepat dibanding Harddisk.  SSD Tidak bising/ dengung (noise) karena tidak ada komponen yang bergerak.  SSD Lebih hemat daya listrik.  Lebih kebal terhadap guncangan.  SSD memiliki bobot yang lebih ringan dan ukuran fisik yang lebih ramping jika dibandingkan dengan hard-disk.  Dapat menyimpan data meskipun catu daya tidak ada, kelak teknologi SSD ini jika digabungkan dengan teknologi Memory Transistor membuka kemungkinan tercapainya pembuatan sebuah komputer yang dapat dihidup-matikan layaknya sebuah televisi, sehingga istilah start-up, shut down, hang, blue screen dan sejenisnya hanya menjadi catatan sejarah untuk anak cucu kita.

27

28 1. Apa yang kalian ketahui tentang Sistem Operasi? 2. Apa itu Linux? Jelaskan dan sebutkan contoh-contohnya! Ketentuan: Maks: 2 Halaman. (File berupa.doc/.docx) Deadline: Sabtu, 15 Oktober 2011 pk WIB Subject:TUGAS2_PTI_A_NIM Contoh: TUGAS2_PTI_A_


Download ppt "Rizky Purnomo & Timotius R. Sianturi.  Media penyimpanan yang dapat membantu kita mengingat hal atau data yang sewaktu- waktu diperlukan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google