Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Behavioural Modelling. Slide 2 Tujuan Memahami tujuan dari pemodelan perilaku Memahami tujuan dari pemodelan perilaku Mampu membuat sequence diagram,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Behavioural Modelling. Slide 2 Tujuan Memahami tujuan dari pemodelan perilaku Memahami tujuan dari pemodelan perilaku Mampu membuat sequence diagram,"— Transcript presentasi:

1 Behavioural Modelling

2 Slide 2 Tujuan Memahami tujuan dari pemodelan perilaku Memahami tujuan dari pemodelan perilaku Mampu membuat sequence diagram, communication diagram, dan behavioral state machine Mampu membuat sequence diagram, communication diagram, dan behavioral state machine

3 Slide 3 Overview Behavioral models describe the internal dynamic aspects of an information system that supports business processes in an organization Behavioral models describe the internal dynamic aspects of an information system that supports business processes in an organization Key UML behavioral models are: sequence diagrams, collaboration diagrams, and statechart diagrams Key UML behavioral models are: sequence diagrams, collaboration diagrams, and statechart diagrams

4 Slide 4 Tujuan Pemodelan Perilaku Menunjukkan kolaborasi objek-objek yang terlibat pada tiap use-case Menunjukkan kolaborasi objek-objek yang terlibat pada tiap use-case Menggambarkan kondisi internal dari proses Menggambarkan kondisi internal dari proses

5 Slide 5 Interaction Diagram Interaction diagram fokus pada interaksi antar objek yang terlibat pada sistem. Interaction diagram fokus pada interaksi antar objek yang terlibat pada sistem. Terdapat 2 macam : Terdapat 2 macam : sequence diagram sequence diagram communication diagram communication diagram Komponen interaction diagram : Komponen interaction diagram : Objek Objek Operasi (operations) Operasi (operations) Pesan (message) Pesan (message)

6 SEQUENCE DIAGRAM

7 Slide 7 Sequence Diagram Mengilustrasikan objek-objek yang berperan dalam sebuah use-case Mengilustrasikan objek-objek yang berperan dalam sebuah use-case Menunjukkan pesan-pesan yang ditujukan pada objek-objek yang terlibat dalam sebuah use-case Menunjukkan pesan-pesan yang ditujukan pada objek-objek yang terlibat dalam sebuah use-case Dapat bersifat umum, dimana menggambarkan seluruh skenario yang dapat muncul dari sebuah use-case Dapat bersifat umum, dimana menggambarkan seluruh skenario yang dapat muncul dari sebuah use-case Jika dibuat pada tahap desain, sequence diagram dapat memunculkan database atau komponen GUI sbg kelas. Jika dibuat pada tahap desain, sequence diagram dapat memunculkan database atau komponen GUI sbg kelas.

8 Slide 8 Elemen-elemen

9 Slide 9 Membuat Sequence Diagram 1. Tentukan konteks dari sequence diagram 2. Identifikasi objek-objek yang berperan 3. Buat lifeline untuk tiap objek 4. Tambahkan message 5. Tambahkan excecution occurrence pada lifeline tiap objek 6. Periksa kembali sequence diagram

10 COMMUNICATION DIAGRAM

11 Slide 11 Overview Disebut juga dengan Collaboration Diagram Disebut juga dengan Collaboration Diagram Ekuivalen dengan sequence diagram, bedanya sequence diagram lebih fokus pada unsur “time ordering”nya. Ekuivalen dengan sequence diagram, bedanya sequence diagram lebih fokus pada unsur “time ordering”nya.

12 Slide 12 Elemen-elemen

13 BEHAVIOURAL STATE MACHINE DIAGRAM

14 Slide 14 Overview Menggambarkan status-status berbeda yang mungkin dialami objek selama masa hidupnya dan kejadian-kejadian yang menyebabkan perubahan status tsb. Menggambarkan status-status berbeda yang mungkin dialami objek selama masa hidupnya dan kejadian-kejadian yang menyebabkan perubahan status tsb. Elemen – elemen : Elemen – elemen : States States Events Events Transitions Transitions Actions Actions Activities Activities

15 Slide 15 Contoh : Status Pasien

16 Slide 16 Latihan 1. Buatlah collaboration diagram dari sequence diagram berikut :

17 Slide Buatlah sequence diagram. Jika terdapat kelas-kelas : Customer CreditForm (submit) CreditProcessor (checkCredit, reserveSeat, generateConfirmationCode) ConfirmationForm (displayConfirmation) Skenario untuk proses payment : 1. customer submit form kredit 2. dilakukan checkCredit oleh CreditProcessor terhadap form yang telah disubmit 3. CreditProcessor melakukan reserveSeat 4. CreditProcessor mengeluarkan kode konfirmasi 5. Form konfirmasi menampilkan hasil konfirmasi


Download ppt "Behavioural Modelling. Slide 2 Tujuan Memahami tujuan dari pemodelan perilaku Memahami tujuan dari pemodelan perilaku Mampu membuat sequence diagram,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google