Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PHP - AJAX. Apakah Ajax ? Singkatan dari Asynchronous JavaScript and XML AJAX, terdiri dari HTML, Javascript, DHTML dan DOM yang kemudian digabungkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PHP - AJAX. Apakah Ajax ? Singkatan dari Asynchronous JavaScript and XML AJAX, terdiri dari HTML, Javascript, DHTML dan DOM yang kemudian digabungkan."— Transcript presentasi:

1 PHP - AJAX

2 Apakah Ajax ? Singkatan dari Asynchronous JavaScript and XML AJAX, terdiri dari HTML, Javascript, DHTML dan DOM yang kemudian digabungkan dengan bahasa pemograman web di sisi server seperti PHP dan ASP, sehingga membentuk suatu aplikasi berbasis web yang interaktif. Dengan AJAX, Javascript dapat langsung berkomunikasi dengan server dengan menggunakan objek XMLHttpRequest. Dengan objek ini, javascript dapat melakukan transaksi data denga server web, tanpa harus me-reloading halaman web tersebut secara keseluruhan.

3 Berikut adalah teknologi yang termasuk dalam aplikasi AJAX : HTML yang digunakan untuk membuat Web forms dan mengindentifikasikan filed-field yang akan digunakan dalam aplikasi. JavaScript adalah kode inti untuk menjalankan aplikasi Ajax dan untuk membantu memfasilitasi komunikasi dengan aplikasi. DHTML, atau Dynamic HTML, membantu untuk membuat form atau web dinamis. Dengan menggunakan, dan elemen HTML dinamis lainya. DOM, Document Object Model, akan digunakan (melalui kode JavaScript) untuk bekerja dengan kedua struktur dari HTML dan XML anda yang dalam beberapa kasus berasal dari server.

4 Perbandingan web aplikasi tradisional dengan AJAX

5 XMLHttpRequest Object Membuat objek XMLHttpRequest. Dengan objek XMLHttpRequest, suatu halaman web dapat membuat request ke, dan mendapatkan respon dari server web tanpa me-reload halaman secara keseluruhan. User akan selalu tetap dengan halaman yang sama. Bahkan user tidak akan tahu kalau ada data yang dikirim dan diterima dari server, karena javascript melakukan transaksi data di balik layar.

6 Membuat objek XMLHttpRequest untuk beberapa browser.

7 XMLHttpRequest Methods 1.abort() : menghentikan request yang sedang berjalan. 2.getAllResponseHeader(): untuk memperoleh semua informasi dari semua header HTTP yang sedang diberikan oleh server. 3. getResponseHeader("headername") : memperoleh isi dari bagian sebuah header; contoh : untuk memperoleh ukuran ari dokume yag sedang direquest, gunakan getResponseHeader(“Content-Length”)

8 4. open ("method","URL","async","username","pswd") : untuk membuka koneksi dengan dokumen yang ada di server. Method yang bisa digunakan : GET atau POST. 5. setRequestHeader("label","value") : untuk menentukan header pada saat melakukan request. Hanya dapat dipanggil setelah method open digunakan dan sebelum method send dipanggil. 6. send("content") : untuk mengirim request ke server. Jika request dikirim secara asynchronous, maka response akan datang secepatnya. jika tidak maka respon akan datang setelah response diterima oleh web browser.

9 XMLHttpRequest Properties 1.Onreadystatechange : Properti ini adalah sebuah event handler untuk men-trigger sebuah blok kode atau function, ketika state (sampai dimana proses request berlangsung pada waktu tertentu) berubah. Contoh, untuk menampilkan pesan (alert) pada saat state telah berubah menjadi complete state. 2.readyState : berisi informasi state dari object XMLHttpRequest pada saat properti ini digunakan (0: uninitialized, 1: loading, 2: loaded, 3: interactive, 4: complete). Properti ini bisa digunakan untuk menangani kesalahan, memanggil blok kode atau function untuk setiapreadyState. Misalnya, untuk menampilkan text "loading" pada saat readyState sama dengan 1 (fase loading) dan memanggil sebuah function pada saat readyState=4 (complete).

10 3. responseText : Properti ini akan dihasilkan pada saat request telah berhasil/complete. Misalnya : melakukan request terhadap sebuah document di server, respon dari server akan disimpan pada properti ini. Biasanya properti ini digunakan untuk mengganti properti innerHTML dari sebuah element HTML. 4. responseXML : Properti ini sama dengan responseText, tetapi respon yang dihasilkan dalam format XML. 5. Status : Properti ini memberitahukan response code yang dihasilkan dari direquest yang dilakukan. Misalkan, jika file yang direquest ke server tidak ditemukan maka status akan berisi statusText : Properti ini merupakan textual dari properti status, misal status sama dengan 404 maka statusText akan sama dengan Not Found.

11 Mengirim request ke server

12

13 Pada elemen terdapat kode onchange=ambildata(this.value), yang artinya apabila ada event perubahan terhadap combo box, dengan cara memilih salah satu option, maka segera eksekusi fungsi ambildata(nip) yang terdapat di javascript, dan kode this.value berfungsi untuk mengambil nilai dari option yang dipilih.

14 Fungsi ambildata(nip) akan dieksekusi setiap user memilih nama karyawan pada combox.

15 ajaxku = buatajax(), kita membuat objek XMLHttpRequest dengan cara menjalankan fungsi buatajax(), di mana pada fungsi tersebut terdapat kode untuk membuat objek XMLHttpRequest. var url="ambildata.php", Kita meng-set file PHP yang akan bekerja di sisi server. url=url+"?q="+nip, kita memasukkan nilai nip, yang diambil dari drop-down box ke dalam variabel q url=url+"&sid="+Math.random(), kita memasukan angka random ke dalam variabel sid, hal ini berguna untuk mencegah server menggunakan chached file atau mencegah data yang diberikan adalah data yang lama. ajaxku.onreadystatechange=stateChanged, setiap terjadi perubahan terhadap properti readyState, akan segera menjalankan fungsi stateChanged(). ajaxku.open("GET",url,true), membuka objek XMLHttpRequest dengan metode GET dan URL yang akan melakukan action di sisi server. ajaxku.send(null), mengirim HTTP request ke server.

16 Fungsi stateChanged() berguna untuk menangani jika terjadi perubahan properti readyState, coba lihat kode ajaxku.onreadystatechange=stateChanged. ajaxku.readyState==4, Jika nilai properti readyState adalah sama dengan 4 (4 artinya adalah respon dari server sudah komplet), maka kita mengambil teks/output yang dihasilkan oleh program PHP (ambildata.php). jika kita lihat output yang dihasilkan program PHP ambildata.php adalah pada baris kode echo $d['alamat']; document.getElementById("alamat").value = data, Lalu nilai atau output yang dihasilkan dari ambildata.php tersebut, kita masukkan ke dalam elemen textarea yang mempunyai id “alamat”.

17 Melakukan koneksi ke database MySQL Mengambil nilai variabel q dengan metode GET, karena ajax mengirim variabel q dengan metode GET, lalu memasukkannya ke dalam variabel $nip. Melakukan query untuk mengambil alamat yang sesuai nip. Lalu memberikan output alamat yang didapat dengan menggunakan echo.

18 Daftar referensi Panduan Lengkap PHP-AJAX-jQuery Tutorial Indonesia.pdf _php.asp _php.asp teknologi_ajax.html


Download ppt "PHP - AJAX. Apakah Ajax ? Singkatan dari Asynchronous JavaScript and XML AJAX, terdiri dari HTML, Javascript, DHTML dan DOM yang kemudian digabungkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google