Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Siti Azizah. Definisi “genus” (latin) = type Jender adalah sifat dan perilaku yang dilekatkan pada laki-laki dan perempuan yang dibentuk secara sosial.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Siti Azizah. Definisi “genus” (latin) = type Jender adalah sifat dan perilaku yang dilekatkan pada laki-laki dan perempuan yang dibentuk secara sosial."— Transcript presentasi:

1 Siti Azizah

2 Definisi “genus” (latin) = type Jender adalah sifat dan perilaku yang dilekatkan pada laki-laki dan perempuan yang dibentuk secara sosial maupun budaya. Hilary M. Lips (Sex & Gender: an Introduction): Jender adalah harapan-harapan budaya terhadap laki-laki dan perempuan (cultural expectations for women and men) Dibentuk oleh sosial dan budaya setempat, maka tergantung kepada waktu (tren) dan wilayahnya Contoh, pakaian, aktivitas laki2 dan perempuan

3 Apakah Seks = Jender? Seks ≠ Jender Jender ditentukan oleh sosial dan budaya setempat Seks adalah pembagian jenis kelamin yang ditentukan oleh Tuhan Mis. laki-laki mempunyai penis dan bisa memproduksi sperma, sementara perempuan mengalami menstruasi, bisa mengandung dan melahirkan serta menyusui.

4 Bentuk Hubungan Jender Hubungan jender ialah hubungan sosial antara laki- laki dengan perempuan yang bersifat saling membantu atau sebaliknya, serta memiliki banyak perbedaan dan ketidaksetaraan. Hubungan jender berbeda dari waktu ke waktu, dan antara masyarakat satu dengan masyarakat lain, akibat perbedaan suku, agama, status sosial maupun nilai (tradisi dan norma yang dianut).

5 Salah Kaprah Tentang Jender 1. Jender dianggap sebagai “hal-hal yang berkaitan dengan hak perempuan saja” 2. Jender bukan hanya berkaitan dengan perempuan. Jender adalah hak, kewajiban, tanggung jawab laki- laki dan perempuan yang tidak ada hubungannya dengan kondisi biologisnya 3. Jender membedakan laki-laki dan perempuan berdasarkan konstruksi sosial, bukan kondisi biologis. Jadi, laki-laki tidak bisa melahirkan anak dan tidak bisa menyusui. Ini bukan masalah jender

6 Mana yang jender, mana yang bukan jender???? BUKAN JENDERJENDER Perempuan datang bulanPerempuan dan laki-laki bisa sama2 bekerja mencari nafkah Perempuan mengandung, melahirkan dan menyusui Perempuan dan laki-laki bisa mengurus anak Laki-laki bisa menghasilkan spermaPerempuan dan laki-laki bisa memasak di dapur Laki-laki tidak bisa mengandung, melahirkan dan menyusui Perempuan dan laki-laki bisa sama- sama membawa barang saat berbelanja Hanya perempuan yang sah2 saja untuk menangis Perempuan dan laki-laki boleh menangis ???

7 Ketidakadilan Jender Ketidakadilan jender merupakan bentuk perbedaan perlakuan berdasarkan alasan jender. Contoh: 1. Pembatasan peran 2. Penyingkiran atau pilih kasih yang mengkibatkan terjadinya pelanggaran atas pengakuan hak asasinya Jender di pedesaan…. Bagaimanakah contohnya?

8 Fakta di Indonesia Menurut survei ESCAP, Indonesia berpotensi kehilangan 2,4 miliar dollar AS setahun karena tidak optimalnya partisipasi perempuan (Kompas, 21/4). Secara sosial, ketidaksetaraan tercermin dari rendahnya kualitas hidup perempuan, khususnya pada aspek kesehatan dan pendidikan (Koran Tempo, 21/12/2005).

9 Salah satu penyebab tingginya Angka Kematian Bayi dan rendahnya pendidikan anak di Tanah Air adalah faktor non-teknis, berupa kurangnya peran perempuan dalam pengambilan keputusan dalam keluarga. Ini termanifestasi dalam kontrol pendapatan rumah tangga (control the cash).

10 Kesetaraan Jender, baik atau buruk?


Download ppt "Siti Azizah. Definisi “genus” (latin) = type Jender adalah sifat dan perilaku yang dilekatkan pada laki-laki dan perempuan yang dibentuk secara sosial."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google