Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DINA PUSPITOWATI, 6450405117 Efektivitas Media Film dalam Meningkatkan Pengetahuan Siswa tentang Flu Burung di SDN 3 Jenggrik Kecamatan Kedawung Kabupaten.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DINA PUSPITOWATI, 6450405117 Efektivitas Media Film dalam Meningkatkan Pengetahuan Siswa tentang Flu Burung di SDN 3 Jenggrik Kecamatan Kedawung Kabupaten."— Transcript presentasi:

1 DINA PUSPITOWATI, Efektivitas Media Film dalam Meningkatkan Pengetahuan Siswa tentang Flu Burung di SDN 3 Jenggrik Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2008/2009

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : DINA PUSPITOWATI - NIM : PRODI : Kesehatan Masyarakat - JURUSAN : Ilmu Kesehatan Masyarakat - FAKULTAS : Ilmu Keolahragaan - dp_coly pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Dra. ER Rustiana, M.Si - PEMBIMBING 2 : Drs. Bambang BR, M.Si - TGL UJIAN :

3 Judul Efektivitas Media Film dalam Meningkatkan Pengetahuan Siswa tentang Flu Burung di SDN 3 Jenggrik Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2008/2009

4 Abstrak Pemanfaatan media film manual untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat luas cukup efektif. Virus H5N1 merupakan jenis virus flu burung yang sangat ganas, sehingga perlu diadakan penyuluhan ke masyarakat tentang penyakit tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Berdasarkan latar belakang masalah, maka penelitian ini mengkaji Apakah media film efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswa tentang flu burung di SD Negeri 3 Jenggrik Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2008/2009? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kefektifan media film dalam meningkatkan pengetahuan siswa tentang flu burung di SD Negeri 3 Jenggrik Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2008/2009. Jenis dan rancangan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperiment design), dengan jumlah sampel sebesar 44 responden. Penelitian ini menggunakan pendekatan Control – Group Pretest – Posttest – Design, kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dilakukan pretest dan postest. Metode pengambilan data metode tes, metode observasi, dan metode dokumentasi. Data diolah dengan menggunakan uji t-Test. Dari hasil penelitian ini didapat bahwa media film efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswa tentang flu burung di SD Negeri 3 Jenggrik Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2008/2009, dengan p value sebesar Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media film efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswa tentang Flu Burung di SD Negeri 3 Jengkrik Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2008/2009, dengan nilai p value (p value < 0.05). Saran dalam penelitian ini adalah Perlunya kerjasama antara dinas pendidikan dan puskesmas setempat untuk mengakan penyuluhan kepada siswa SD tentang penyakit flu burung. Perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian flu burung pada penderita.

5 Kata Kunci Efektivitas Media Film dan Flu Burung

6 Referensi Arief S Sadiman, dkk., 2003, Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Bhisma Murti, 1997, Prinsip dan Metode Riset Epidemiologi, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Direktorat P2B2 Ditjen PP&PL Depkes RI, 2007, Petunjuk Teknis Pengandalian Flu Burung dan Penggunaan "Oseltamivir" di Puskesmas, Jakarta: Bhakti Husada. Departemen Kesehatan RI, Waspada Flu Burung, (http:/www. depkes.go.id').. diakses 2 Met Dyatmika, Informasi Flu, 2009, (http://www. Dyatmika. org/id flu burung. htm). diakses 2 Mei KomNas FBPI. Avia Influenza, (http://www.komnasfbpi.go.id), diakses 10 Mei Promosi Kesehatan Indonesia, Avion Influenza, 2009, (http://www.promosikesehatan.com). diakses 7 April Pwwiro Harjad, 2009, media pembelajaran. Vol. 9, 2009, 25 April Soekidjo Notoatmodjo, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Jakarta: PT Rineka Cipta. __,2003, Pendidikan dan PerUaku Kesehatan, Jakarta: PT Rineka Cipta, Sopiyudin Dahlan, 2004,Statistik untuk Kedokteran dan Kesehatan,Jakarta:Bina Mitra Press. Sudigdo Sastroasmoro, 2002, Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Klinis, Jakarta: Sagung Seto Sugiyono, 2007, Statistik utnuk Penelitian, Bandung: CV.ALFABETA. Suharsimi Arikunto, 2006, Prosedur Penelitian, Jakarta:rineka Cipta. Singgih Santoso, 2001, Buku Latihan SPSS Statistik Parametik, Jakarta: PT.Gramedia. Uha Suliha, dkk,. 2003, Pendidikan Kesehatan Dalam Keperawatan, Jakarta: Buku Kedokteran. Wordpress Indonesia, Perkenalan dengan media PHBS & Program PHBS, 2008, (http://mediahbs.wordpress.com), diakses 25 Maret 2009

7 Terima Kasih


Download ppt "DINA PUSPITOWATI, 6450405117 Efektivitas Media Film dalam Meningkatkan Pengetahuan Siswa tentang Flu Burung di SDN 3 Jenggrik Kecamatan Kedawung Kabupaten."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google