Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ARUS DANA INTERNASIONAL Pertemuan 2 Getereida Pinangkaan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ARUS DANA INTERNASIONAL Pertemuan 2 Getereida Pinangkaan."— Transcript presentasi:

1 ARUS DANA INTERNASIONAL Pertemuan 2 Getereida Pinangkaan

2 Neraca Pembayaran  Neraca Pembayaran (balance of payment) adalah ukuran dari semua transaksi antara penduduk dalam negeri dengan penduduk luar negeri selama periode waktu tertentu.  Neraca pembayaran adalah laporan arus pembayaran (masuk dan keluar) untuk suatu negara.  Transaksi dalam neraca pembayaran dapat dibedakan dalam dua macam transaksi yaitu transaksi debit dan transaksi kredit.  Komponen yang paling penting dalam neraca pembayaran adalah neraca berjalan dan neraca modal. Getereida Pinangkaan

3 Neraca Berjalan dan Neraca Perdagangan Getereida Pinangkaan  Neraca Berjalan (current account) adalah ukuran perdagangan barang dan jasa internasional suatu negara yang paling luas. Komponen utamanya adalah neraca perdagangan.  Neraca Perdagangan (balance of trade) adalah selisih antara nilai ekspor dengan nilai imppor.

4 Neraca Barang dan Jasa Getereida Pinangkaan  Neraca Barang dan Jasa (balance of goods and service) adalah neraca perdagangan ditambah jumlah pembayaran bunga neto kepada investor- investor luar negeri dan penerimaan dividen dari investasi, serta penerimaan dan pengeluaran yang berhubungan dengan pariwisata dan transaksi- transaksi lain.  Neraca Berjalan mencerminkan neraca barang dan jasa ditambah transfer unilateral.  Transfer Unilateral yaitu dana bantuan swasta dan pemerintah asing.

5 Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Neraca Berjalan  Inflasi  Pendapatan nasional  Restriksi pemerintah  Nilai tukar (kurs) valuta Getereida Pinangkaan

6 Dampak Inflasi Getereida Pinangkaan  Jika laju inflasi sebuah negara meningkat relatif terhadap inflasi negara-negara dagangnya, neraca berjalannya akan menurun.

7 Dampak Pendapatan Nasional Getereida Pinangkaan  Jika tingkat pendapatan nasional sebuah negara meningkat dengan persentase relatif lebih tinggi dari negara-negara lain, neraca berjalannya kaan menurun, ceteris paribus.

8 Dampak Restriksi Pemerintah Getereida Pinangkaan  Tarif, pajak yang dikenakan oleh pemerintah atas produk-produk impor.  Kuota, batas maksimum yang dikenakan oleh pemerintah atas barang-barang yang diperbolehkan untuk diimpor ke dalam sebuah negara.  Dumping, penjualan produk-produk di luar negeri dengan harga yang sangat rendah (suatu praktek yang dianggap sebagai akibat dari subsidi yang disediakan kepada perusahaan oleh pemerintahnya).

9 Dampak Nilai Tukar Getereida Pinangkaan  Valuta tiap negara dinilai dari perspektif valuta lain memakai nkonsep nilai tukar (kurs), agar valuta-valuta dapat saling dipertukarkan demi mempermudah transaksi-transaksi internasional.  Nilai dari sebagian besar valuta berfluktuasi sepanjang waktu karena pengaruh pasar dan pemerintah.  Jika nilai valuta sebuah negara mulai naik relatif terhadap valuta-valuta negara lain, ceteris paribus, saldo neraca berjalannya akan menurun.

10 Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Neraca Modal  Adanya pajak khusus atas laba  Perangkat-perangkat pengontrol arus modal yang diciptakan oleh pemerintah  Perkiraan pergerakan nilai tukar Getereida Pinangkaan

11 Badan-Badan yang Mendorong Pertumbuhan Bisnis Internasional  International Monetary Fund  Bank Dunia  International Financial Corporation  International Development Association  Bank for International Settlements  Badan Pembangunan Regional Getereida Pinangkaan

12 International Monetary Fund Getereida Pinangkaan  Badan yang didirikan pada tahun 1994 untuk mendorong dan memfasilitasi perdagangan dan pembiayaan internasional.  Tujuan utama IMF adalah: 1. Mendorong kerjasama antar negara berkenaan dengan masalah- masalah moneter internasional. 2. Mendorong stabilitas nilai tukar 3. Menyediakan dana temporer kepada negara-negara anggota yang berupaya memperbaiki ketidakseimbangan pembayaran internasionalnya. 4. Mendorong mobilitas modal secara bebas antar negara. 5. Mendorong perdagangan bebas.

13 International Monetary Fund Getereida Pinangkaan  Salah satu perangkat penting yang dimiliki IMF adalah Compensatory Financing Facility, yang ditujukan untuk mengurangi dampak dari ketidakstabilan ekspor atas perekonomian suatu negara.  Dana bantuan dari IMF diukur menggunakan Special Drawing Rights (SDRs), yaitu cadangan aset internasional yang diciptakan oleh IMF dan dialokasikan kepada negara-negara anggota untuk melengkapi cadangan devisa masing-masing negara.

14 Bank Dunia Getereida Pinangkaan  Internatinal Bank for Reconstruction and Development (IBRD) atau disebut dengan World Bank dibentuk pada tahun Tujuan utamanya adalah memberikan pinjaman kepada negara-negara yang membutuhkan demi kelangsungan pembangunan ekonomi.  Sumber dana utama bank dunia adalah penjualan obligasi dan instrumen hutang lainnya kepada sektor swasta dan pemerintah.

15 Bank Dunia Getereida Pinangkaan  Salah satu fasilitas penting dari Bank Dunia adalah Structural Adjustment Loan (SAL) yang dibentuk pada tahun 1980 dengan tujuan untuk membantu pertumbuhan ekonomi jangka panjang suatu negara melalui proyek-proyek pembiayaan.  Perangkat tambahan (selain SAL) yang digunakan Bank Dunia untuk mendorong pertumbuhan perdagangan dan investasi internasional adalah Multilateral Investment Agency (MIGA). MIGA menawarkan berbagai macam asuransi risiko politik kepada korporasi.

16 Bank Dunia Getereida Pinangkaan  Bank dunia memperbanyak dananya dengan melakukan confinancing agreements, bekerja sama dengan : 1. Badan-badan pemberi bantuan resmi, dalam membiayai proyek-proyek pembangunan di negara-negara berpendapatan rendah. 2. Badan-badan penyedia kredit ekspor, dalam mebmbiayai proyek-proyek padat modal. 3. Bank-bank komersial, untuk menyediakan pembiayaan bagi pembangunan sektor swasta.

17 International Financial Corporation Getereida Pinangkaan  International Financial Corporation adalah perusahan yang didirikan pada tahun 1956 untuk mendorong pertumbuhan korporasi-korporasi swasta di berbagai negara.

18 International Development Association Getereida Pinangkaan  International Development Association (IDA) adalah asosiasi yang didirikan pada tahun 1960 untuk merangsang pembangunan, khususnya untuk negara- negara berkembang.  IDA memberikan pinjaman berbunga rendah kepada negara-negara miskin yang tidak memenuhi syarat mendapatkan pinjaman dari Bank Dunia.

19 Bank for International Settlements Getereida Pinangkaan  Bank for International Settlements merupakan institusi yang memfasilitasi kerjasama antar negara yang terlibat dalam transaksi-transaksi internasional dan menyediakan bantuan kepada negara-negara yang sedang mengalami masalah-masalah pembayaran internasional.

20 Badan Pembangunan Regional Getereida Pinangkaan Terdapat beberapa badan lain yang bersifat regional dari segi tujuannya, di antaranya:  Inter-American Development Bank, yang berfokus pada pembangunan di Amerika Latin.  Asian Development Bank, ditujukan untuk meningkatkan pembangunan ekonomi dan sosial di Asia.  African Development Fund, berfokus pada pembangunan di negara-negara afrika.  European Bank for Reconstruction and Development, dibentuk untuk membantu negara-negara Eropa Timur menyesuaikan diri dari komunisme ke kapitalisme.


Download ppt "ARUS DANA INTERNASIONAL Pertemuan 2 Getereida Pinangkaan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google