Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LEMBAGA KEUANGAN INTERNASIOAL PERTEMUAN 14. BANK DUNIA Tujuan Memecahkan masalah – masalah internasional terutama yang berkaitan dengan masalah moneter.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LEMBAGA KEUANGAN INTERNASIOAL PERTEMUAN 14. BANK DUNIA Tujuan Memecahkan masalah – masalah internasional terutama yang berkaitan dengan masalah moneter."— Transcript presentasi:

1 LEMBAGA KEUANGAN INTERNASIOAL PERTEMUAN 14

2 BANK DUNIA Tujuan Memecahkan masalah – masalah internasional terutama yang berkaitan dengan masalah moneter dan keuangan lainnya. Kegiatan UtamaMembantu proses rekonstruksi bagi negara- negara yang menderita karena Perang Dunia II.

3 Dua keanggotaan yang dimiliki Bank Dunia yaitu : 1. International Finance Corporation (IFC) Kegiatannya memberikan bantuan kepada sektor – sektor swasta di negara-negara berkembang. 2.International Development Association (IDA) Kegiatannya hanya membantu negara-negara miskin dengan persyaratan pinjaman yang lebih mudah.

4 International Monetary Fund ( IMF ) Struktur anggota IMF terdiri dari para anggota di mana pemimpinnya dipegang oleh Board of Governors. Dewan ini memegang kekuasaan tertinggi dan biasanya dewan melakukan pertemuan setahun sekali. Sebagian kekuasaan didelegasikan kepada executive directors yang bertanggung jawab terhadap pekerjaan sehari-hari dimana jumlahnya 12 orang yang dipilih dan diangkat dari anggota IMF.

5 Kekuasaan dan tugas yang dipegang oleh Board of Governor adalah : 1.Penerimaan anggota IMF yang baru. 2.Peninjauan quota masing-masing anggota. 3.Hak untuk menarik anggota.

6 Tujuan Berdirinya IMF 1.Menjadi tempat secara permanen bagi pertemuan-pertemuan dan perundingan untuk mencapai kerja sama internasional dalam bidang keuangan. 2.Membantu memperluas perdagangan internasional yang seimbang di antara para anggotanya dan membantu perekonomian para anggotanya. 3.Berusaha meniadakan competitive depresiations dan mengusahakan tercapainya stable exchange rate. 4.Menghilangkan exchange restrictions. 5.Membantu para anggota yang mengalami kesukaran dalam pinjaman luar negeri agar jangan mengambil tindakan yang dapat merugikan negara yang bersangkutan dan negara lainnya. Tujuannya untuk memeberikan kepercayaan kepada anggotanya. 6.Mengurangi waktu dan besarnya disekuilibrium dalam neraca pembayaran negara anggota IMF.

7 Bank Pembangunan Asia ( The Asian Development Bank) Didasarkan dalam rangka kerja sama Tujuan ekonomi dan akibat sulitnya memperoleh bantuan dari negara- negara maju. Berupaya untuk meningkatkan pertumbuhan Tugas negara-negara di benua asia dan meningkatkan kerja sama yang lebih erat di berbagai bidang dengan anggotanya.

8 Adapun kegiatan Bank Pembangunan Asia antar lain : 1.Memberikan bantuan pinjaman untuk berbagai proyek, baik mata uang lokal maupun mata uang asing. 2.Memberikan bantuan teknik seperti : a. Penyediaan jasa konsultasi b. Penyediaan jasa tenaga ahli

9 Bank Pembangunan Islam Ide awal pembentukan Bank Islam Internasional guna memayungi sistem keuangan negara-negara islam di seluruh dunia adalah proposal yang diajukan oleh Mesir pada sidang Menteri Luar Negeri Negara-Negara Islam (OKI ) di Karachi, Pakistan bulan Desember tahun Isinya mengusulkan tentang “ sistem keuangan yang selama ini didasarkan kepada bunga harus diganti dengan sistem kerja sama dengan skema bagi hasil, baik untung maupun rugi “.

10 Hal-hal yang terkandung dalam usulan tersebuta dalah : 1.Mengatur transaksi komersial antarnegara-negara islam. 2.Mengatur institusi pembangunan dan investasi. 3.Merumuskan masalah transfer, kliring serta settlement antar Bank Islam sebagi langkah awal menuju terbentuknya sistem ekonomi islam yang terpadu. 4.Membantu mendirikan institusi sejenis Bank Sentral Syariah di negara-negara Islam. 5.Mendukung upaya bank sentral di negara islam dlam pelaksanaan kebijakan-kebijakan yang sejalan dengan kerangka kerja islam. 6.Mengatur administrasi dan mendayagunakan dana zakat. 7.Mengatur kelebihan likuiditas bank-bank sentral negaraa islam.

11 Diusulkan pula pembentukan badan-badan khusus yang disebut Badan Investasi dan Pembangunan negara- negara Islam. Fungsi badan ini adalah : 1.Mengatur investasi modal islam. 2.Menyeimbangkan antara investasi dan pembangunan di negara islam. 3.Memilih lahan/sektor yang cocok untuk investasi dan mengatur penelitiannya. 4.Memberi saran dan abntuan teknis bagi proyek- proyek yang dirancang untuk investasi regional di negara-negara islam.


Download ppt "LEMBAGA KEUANGAN INTERNASIOAL PERTEMUAN 14. BANK DUNIA Tujuan Memecahkan masalah – masalah internasional terutama yang berkaitan dengan masalah moneter."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google