Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh : Indra, S.Kom.  Mempelajari Komponen-Komponen dalam J2ME  Membuat Form dalam J2ME  Tugas.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh : Indra, S.Kom.  Mempelajari Komponen-Komponen dalam J2ME  Membuat Form dalam J2ME  Tugas."— Transcript presentasi:

1 Oleh : Indra, S.Kom

2  Mempelajari Komponen-Komponen dalam J2ME  Membuat Form dalam J2ME  Tugas

3  Display  Form  TextField  Command  ChoiceGroup  StringItem

4  Display merupakan objek yang merepresentasikan pengelola layar pada perangkat.  Pada sebuah MIDlet hanya terdapar sebuah objek Display.  Display menyediakan methode untuk menggambar dan menampilkan elemen UI grafis pada layar.  Display juga menyediakan methode untuk mengetahui property layar pada perangkat, apakah perangkat mendukung warna atau tidak.  Pada library J2ME, objek Display terdapat pada kelas javax.microediton.lcdui.Display;

5  Merupakan halaman untuk menginput data.  Bisa terdiri dari komponen-komponen yang disebut item.  Pengaksesan item-item dapat dilakukan dengan menggunakan index. MethodeKeterangan Form(String title)Membuat form dengan nama title Form(String title, item[] item)Membuat form dg nama title, dan elemen item Int append(Image img)Menambahkan image Int append(Item item)Menambahkan item Int append(String str)Menambahkan string Void delete(int item)Menghapus item Void insert(int itemNum, Int item) Menambah item dengan index itemNum Item get(int itemNum)Mengembalikan item dengan index itemNum Void set(int itemNum, Item item)Mengganti item dg index itemNum dg item baru Void setItemSetListener(ItemSetListene r iListener) Menambah item listener pada form Int size()Mengembalikan jumlah item pada form

6  Adalah sebuah objek untuk menginputkan text.  Merupakan sub kelas dari Item  Mempunyai batasan :  TextField.ANY (Mengijinkan semua inputan karakter)  TextField. ADDR (hanya mengijinkan alamat inputan )  TextField.NUMERIC (hanya mengijinkan inputan numeric)  TextField.PHONENUMBER (hanya mengijinkan nomor telepon)  TextField.URL (hanya mengijinkan alamat URL)  TextField.PASSWORD (biasanya gabungan TextField.PASSWORD | TextField.ANY atau TextField.PASSWORD | TextField.NUMERIC)

7  Suatu Button dalam Form di J2ME  Nanti penempatan akan bertambah secara otomatis jika menunya semakin banyak

8  ChoiceGroup adalah object yang digunakan untuk menampilkan pilihan kepada user.  Pendeklarasian:  ChoiceGroup namaCg = new ChoiceGroup(“Label”, JenisPilihan);  Menambahkan item pilihan:  namaCg.append(String pilihan, image);  Beberapa jenis pilihan ChoiceGroup, yakni:  Choice.MULTIPLE  User dapat memilih lebih dari 1 pilihan  Choice.EXCLUSIVE  User hanya dapat memilih 1 pilihan, dan user harus memilih  Choice.IMPLICIT  User hanya dapat memilih 1 pilihan, dan user tidak harus memilih  Choice.POPUP  Sama seperti Choice.IMPLICIT tetapi pilihan ditampilkan mirip seperti ComboBox

9  adalah objek untuk menampilkan sebuah label dan sebuah pesan text.  Methode:  StringItem(String label,String text)  Membuat StringItem dengan label dan pesan text.  String getText()  Mengembalikan nilai text pada StringItem  void setText()  Mengeset teks pada StringItem  Menempelkan StringItem pada Form  append(namaStringItem)

10

11  link link


Download ppt "Oleh : Indra, S.Kom.  Mempelajari Komponen-Komponen dalam J2ME  Membuat Form dalam J2ME  Tugas."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google