Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengantar Teknologi Informasi1 PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengantar Teknologi Informasi1 PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI."— Transcript presentasi:

1 Pengantar Teknologi Informasi1 PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

2 Pengantar Teknologi Informasi2 KOMPUTER Adalah Istilah Yang digunakan Untuk Menjelaskan Fungsi Mesin Secara Elektronik. KOMPUTER DIFUNGSIKAN SEBAGAI : ? MENYIMPAN DATA MASUKAN DAN INSTRUKSI. ?MEMPROSES INPUT DATA BERDASARKAN INSTRUKSI YANG DISIMPAN MENJADI INFORMASI YANG BERGUNA ATAU KELUARAN (OUTPUT) I. ISTILAH

3 Pengantar Teknologi Informasi3 serangkaian alat elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan kompunen elektronik yang saling bekerja sama serta membuat sebuah sistem kerja rapi dan teliti menggunakan sistem kerja yaitu: INPUT - PROSES - OUTPUT KOMPUTER adalah :

4 Pengantar Teknologi Informasi4 (OUTPUT ) KELUARAN (INPUT) MASUKAN (PROSES) PENGOLAHAN SISTEM KERJA: YANG TERUS MENERUS BERJALAN DENGAN SANGAT CEPAT. DARI SISTEM KERJA DEMIKIAN KEMUDIAN SECARA OTOMATIS BERDASARKAN URUTAN PERINTAH DAN DATA YANG DIMASUKKAN (DI INPUT) TEMPAT PENYIMPANAN

5 Pengantar Teknologi Informasi5 Keyboard Mouse Scanner C P U INPUT DEVICES PROCESS Monitor Printer Speaker OUT PUT DEVICES HarddiskDVD - ROM DisketMemory Card CD - ROMMemory Stick PENYIMPANAN SKEMA PRINSIP DASAR SISTEM KERJA KOMPUTER

6 Pengantar Teknologi Informasi6 INPUT Peralatan Masukan (input Devices) memiliki bermacam bentuk : Keyboard (Papan Ketik) Letak Tuts/tombol pada keyboard membedakan antara tombol yg satu dgn yg lain, penekanan pada salah satu tombol akan dibaca dan dibandingkan dgn bank data yg sudah terprogram dalam komputer. Sehingga tahu tentang bentuk sinyal yg harus dimasukkan ke dlm CPU. Mouse (Alat Penunjuk Arah) : Bola atau Infra Merah yang menggelinding akan memutar secara mekanik pada dua sumbu roda (horizontal dan vertikal) sehingga panjang sumbu itu berubah dan diartikan sebagai banyak sinyal yg dikirim.

7 Pengantar Teknologi Informasi7 Light Pen, Digitizer, Optical Mouse, dsb. Light Pen dan sejenisnya membutuhkan kisi-kisi untuk mengetahui letak dan kearah mana perpindahannya. Ada kisi-kisi yang mendeteksi secara elektronik dan secara optik. T u p l e t : Tuplet hampir sama dengan Light Pen, tetapi memiliki sensor tetang tekanan si pemakai dan ketebalan garis yang diminta. Touch Screen : Touch Screen menggunakan kisi-kisi yang ditempel pada monitor untuk mendeteksi kisi yang mana yang disentuh, ada touch screen yang mendeteksi panas tangan ada pula Touch Screen yg menggunaka infra merah.

8 Pengantar Teknologi Informasi8 OPSCAN, SCANNER, READER DSB : Suatu alat pembaca gambar/Kode/Sinyal yang sejalan dengan pergerakan sensornya baik yang berjalan sensornya mapun bendanya. Contoh : Grapic Scanner, Fax Scanner, Bar Code reader Optical Character Reader, Card Reader, Punch Card Reader, Magnetic Reader, dll. Sensor - sensor lain : Sensor yang digunakan untuk menghasilkan sinyal digital, misalnya Vidio, Handy Cam, Sensor Voice, Mekanik, dll.

9 Pengantar Teknologi Informasi9 Data Communication Masukan yang datang dari luar komputer atau dari komputer yang lain serta dapat memberikan hubungan comunication data yang berbeda. PROCESSOR : Asumsi : Jika input dan output siap menerima dan mengirim sinyal digital yang dibutuhkan maka isi processor adalah sbb : Central Processing Unit (CPU) merupakan unit pengolah pusat atau mikro processor

10 Pengantar Teknologi Informasi10 Di dalam CPU terdapat : Aritmatic Logic Unit (ALU) yang berfungsi untuk menyelesaikan instuksi sesuai dengan desainnya. Control Unit untuk membantu mengatur serangkaian unit-unit yang lain. Register sebagai tempat penyimpanan yang bersifat sementara. Memory (media Penyimpanan) Ada 2 Jenis Yaitu : Memory TETAP dan SEMENTARA Tetap sering berupa Program yg selalu dijalankan bila suatu kondisi terjadi dikerjakan oleh ROM ( Read Only Memory) Sementara adalah tambahan memory yang dibutuhkan pada saat proses komputer terjadi dikerjakan oleh (RAM) Random Access Memory)

11 Pengantar Teknologi Informasi11 Control Unit dan Memory Management Unit (MMU) Dibutuhkan processor untuk mengatur bagian-bagian yang lain. Stroge : Secondary stroge bersifat lebih tetap Memory : suatu daya ingat manusia Secondary Stroge : buku catatan.

12 Pengantar Teknologi Informasi12 II. JENIS - JENIS KOMPUTER Komputer dapat dibedakan menurut : 1. Cara beroperasinya. 2. Kecepatan Prosesornya, Memory / ukurannya. 3. Jenis Aplikasinya 4. Perkembangan Teknologinya. Cara beroperasinya. Komputer dapat dikelompokkan menjadi 2 jenis yaitu : a). Komputer Digital. b). Komputer Analog,

13 Pengantar Teknologi Informasi13 - Komputer Digital atau digital computer bekerja dengan cara mengitung. Semua kuantitas yang berupa angka, huruf atau simbul disajikan dalam bentuk angka-angka diskrit 1 dan 0 yang disebut digit biner atau benary digit. Komputer Analog atau Analog Computer mengukur kuantitas elektronik atau fisik secara berkesinambungan seperti Voltage, Suhu atau Panjang. Kebanyakan komputer berjenis digital karena pemrosesannya lebih cepat dan akurat dibanding komputer analog namun ada yang menggunakan komputer analog atau berinteraksi antara kedua jenis komputer ini.

14 Pengantar Teknologi Informasi14 Menurut Kecepatan Prosesornya, Memory / ukurannya. Maka komputer dibagi : 1. Komputer Mainframe3. Komputer Mini 2. Komputer Mikro4. Komputer Nano Komputer Mainframe mempunyai ukuran paling besar. Dapat memproses data dalam jutaan intruksi per detik (Millions instructions per secon / MIPS) dan menyimpan data dalam jumlah sangat besar. Komputer Mainframe digunakan dalam metode pengolahan data yang menggunakan Lokal Area Network (LAN) dan sebagai pendukung penyimpanan data base serta sistem pengolahan data secara periodik dan seketika.

15 Pengantar Teknologi Informasi15 Komputer Mikro atau Personal Computer (PC) adalah jenis komputer yang paling banyak dijumpai karena harganya relatif murah, mudah pengoperasiannya (user Friendly) banyaknya piranti lunak yang beredar di pasaran. Digunakan untuk melaksanakan pekerjaan para pegawai dan menghubungkan dengan komputer lain Komputer Mini lebih lambat, lebih sedikit kemampuan penyimpanan datanya dan lebih murah dibandingkan Mainframe tetapi banyak perusahaan yang menggunakan untuk pengolahan data base dan jaringan On Line. Komputer Mini digunakan dalam komputerisasi departemen- departemen, organisasi yang besar atau sebagai komputer tunggal di org. kecil dimana jumlah data dan pemrosesannya tidak besar.

16 Pengantar Teknologi Informasi16 Komputer Nano adalah komputer yang paling kecil ukurannya yang merupakan komputer saku. Digunakan untuk menghitung data persediaan toko-toko eceran, mengirim tingkat persediaan dan order pembelian ke komputer milik pemasok atau untuk menghitung tingkat komsumsi listrik dan gas dalam rumah tangga. Namun Data tersebut masih perlu pengolahan kembali oleh para penggunanya.


Download ppt "Pengantar Teknologi Informasi1 PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google