Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Topik 9 SILOGISME FILSAFAT DAN LOGIKA. SILOGISME VALID Struktur proposisi silogisme valid harus tetap, yakni mengandung proposisi universal pada salah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Topik 9 SILOGISME FILSAFAT DAN LOGIKA. SILOGISME VALID Struktur proposisi silogisme valid harus tetap, yakni mengandung proposisi universal pada salah."— Transcript presentasi:

1 Topik 9 SILOGISME FILSAFAT DAN LOGIKA

2 SILOGISME VALID Struktur proposisi silogisme valid harus tetap, yakni mengandung proposisi universal pada salah satu atau kedua premisnya Proposisi (proposition, statement) adalah pernyataan yang mengandung pengertian

3 PROPOSISI AFFIRMATIVE UNIVERSAL Proposisi afirmative universal (Affirmo, proposisi A) dengan pola : Semua... adalah...

4 PROPOSISI NEGATIVE UNIVERSAL Proposisi negative universal (Nego, proposisi E) dengan pola : Semua... adalah bukan...

5 PROPOSISI AFIRMATIVE PARTICULAR Proposisi afirmative particular (Affirmo, proposisi I) dengan pola :... adalah...

6 PROPOSISI NEGATIVE PARTICULAR Proposisi negative particular (Nego, proposisi O) dengan pola :... adalah bukan...

7 HUKUM SILOGISME VALID Proposisi dalam premis tidak boleh keduanya particular (I, O), salah satu harus universal (A, E)

8 HUKUM SILOGISME VALID Proposisi dalam premis tidak boleh keduanya negative (E, O) ), salah satu harus afirmative (A, I)

9 HUKUM SILOGISME VALID Jika salah satu proposisi negative (E, O) maka konklusi-nya harus negative (E, O)

10 HUKUM SILOGISME VALID Jika semua proposisi dalam premis adalah proposisi afirmative (A, I) maka konklusinya juga afirmative (A, I)

11 SILOGISME VALID 1 A2 A3 A4 A A E I O 5 E6 E7 I8 I9 O A I A E A E O I O O


Download ppt "Topik 9 SILOGISME FILSAFAT DAN LOGIKA. SILOGISME VALID Struktur proposisi silogisme valid harus tetap, yakni mengandung proposisi universal pada salah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google