Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan 1. logika Yunani (Logos) Inggris (touhg-ucapan /reason- alasan)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan 1. logika Yunani (Logos) Inggris (touhg-ucapan /reason- alasan)"— Transcript presentasi:

1 Pertemuan 1

2 logika Yunani (Logos) Inggris (touhg-ucapan /reason- alasan)

3 Logika klasik Semua A adalah B (Universal Affirmative). Tidak A adalah B (Universal Negative). Beberapa A adalah B (Particular Affirmative). Beberapa A adalah tidak B (Particular Negative). Logika modern Logika Proposisional. Logika Predikat. Logika fuzzy ada nilai antara benar dan salah, antara 1 dan 0 (logika kabur)

4  Definisi Logika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari atau berkaitan dengan prinsip- prinsip dari penalaran argument yang valid.  Logika di sini disebut logika symbol karena ia mempelajari usaha-usaha menyimbolisasikan logika secara formal. Disebut juga logika formal.

5  Argumen adalah sekumpulan pernyataan yang membangun hubungan satu sama lainnya.  Argumentasi adalah suatu usaha untuk mencari kebenaran dari suatu pernyataan berupa kesimpulan dengan berdasarkan pada kebenaran dari satu kumpulan pernyataan tertentu.  Pernyataan tertentu disebut premis (pernyataan) sedangkan pernyataan lainnya disebut konklusi (Kesimpulan).  Argumentasi dinyatakan benar atau valid bila semua fakta yang diajukan dan kesimpulannya adalah benar dan terdapat hubungan logis diantara keduanya.

6  Contoh 1: P1: Semua mahasiswa pandai. P2: Badu adalah mahasiswa. K: Dengan demikian, Badu pandai.  Contoh 2 : P1: Semua manusia bermata empat. P2: Badu seorang manusia. K: Dengan demikian, Badu bermata empat.

7 ada 2 syarat dalam menentukan kebenaran, diantaranya yaitu :  Argumennya harus valid  Semua premisnya harus benar Validitas Argumen adalah premis-premis yang diikuti oleh suatu kesimpulan yang berasal dari premis-premisnya.

8  Contoh 1 : P1: Semua mamalia adalah hewan berkaki empat. P2: Semua manusia adalah mamalia. K: Dengan demikian, semua manusia adalah hewan berkaki empat.  Contoh 2 : P1: Ada jenis makhluk hidup berkaki dua. P2: Semua manusia adalah makhluk hidup. K:Dengan demikian, semua manusia berkaki dua.  Contoh 3 : P1: semua mamalia adalah mahluk hidup. P2: semua anjing adalah mahluk hidup. ∴ semua anjing adalah mamalia.

9 Logika hanya mempermasalahkan bentuk dari argument, bukan isi argument.

10 hubungan antara premis-premis dengan kesimpulan yang memastikan bahwa jika premis-premis benar, maka harus diikuti dengan kesimpulan yang benar, yang diperoleh dengan menggunakan aturan- aturan logika. Kesimpulan juga harus berasal dari premis-premisnya.

11  semua premis benar dan kesimpulan benar.  sebagian atau semua premis salah dan kesimpulan benar.  sebagian atau semua premis salah dan kesimpulan salah.

12 Ada 4 aturan penyimpulan dalam validitas argumen, diantaranya yaitu :  Jika premis-premisnya benar, maka konklusi argumen itu adalah benar.  Jika konklusi suatu argumen salah, maka premis-premisnya juga salah.  Jika premis-premisnya salah, konklusi argumen itu bisa salah/benar.  Jika konklusinya benar,premis argumen dapat benar/salah.

13  Suatu bahasa formal yang mempunyai  Sintaks : aturan untuk membentuk kalimat yang sah  Semantik : aturan untuk memberikan makna dari suatu kalimat  Sistem pembuktian : suatu cara untuk mendapatkan kebenaran suatu fakta berdasarkan kebenaran sekumpulan fakta lain yang telah diketahui sebelumnya

14  Peranan logika dalam Ilmu Komputer : membangun bahasa untuk memodelkan situasi-situasi yang memungkinkan kita untuk melakukan penalaran secara formal  Butuh bahasa formal (tidak ambigu)  Butuh mekanisme inferensi


Download ppt "Pertemuan 1. logika Yunani (Logos) Inggris (touhg-ucapan /reason- alasan)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google