Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengenalan Logika Informatika Pertemuan 1 Viska Armalina, ST.,M.Eng.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengenalan Logika Informatika Pertemuan 1 Viska Armalina, ST.,M.Eng."— Transcript presentasi:

1 Pengenalan Logika Informatika Pertemuan 1 Viska Armalina, ST.,M.Eng

2 Pendahuluan Asal kata Logika  Logic (Bahasa Inggris)  Logos (Yunani) Arti : dalam bahasa Inggris : Word, Speech, what is spoken, thought, reason. Dahulu logika sebagai cabang dari ilmu filsafat. Tahun 1800 an, logika mulai dipelajari di bidang matematika. Sekarang, logika juga dipelajari di bidang ilmu komputer  logika mempengaruhi ilmu komputer baik software maupun hardware.

3 Definisi Logika Logika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari/berkaitan dengan prinsip- prinsip dari penalaran argumen yang valid. Logika adalah studi tentang kriteria- kriteria untuk mengevaluasi argumen- argumen dengan menentukan mana argumen yang valid, dan membedakan antara argumen yang baik dengan yang tidak baik.

4 Sejarah Logika (1) Logika lahir bersama-sama dengan lahirnya filsafat di Yunani. Logika pertama kali dikemukakan oleh Aristoteles, pada abad 4 SM. Ia merumuskan logika dengan cara menuliskan argumen/pendapat yang akan bisa dibuktikan kebenarannya. Banyak pemikir yang menemukan konsep-konsep lain tentang logika tetapi masih berkisar pada pemikiran Aristoteles

5 Sejarah Logika (2) Pada paruh terakhir abad 19 dengan tokoh-tokoh baru dengan pemikiran- pemikiran baru yaitu:

6 Istilah Lain dari Logika Logika Simbol (Symbolic Logic) karena mempelajari usaha-usaha menyimbolisasikan logika secara formal. Logika Formal (Formal Logic) : Logika sebagai sistem formal yang menjelaskan peranan sekumpulan rumus-rumus ataupun sekumpulan aturan untuk derivasi.

7 Argumen Argumen : suatu usaha untuk mencari kebenaran dari suatu pernyataan berupa kesimpulan dengan berdasarkan pada kebenaran dari satu kumpulan pernyataan yang disebut premis-premis. Bentuk Argumen : sekumpulan pernyataan yang terdiri dari premis-premis dan diikuti satu kesimpulan.

8 Contoh Argumen (1) Semua mahasiswa pandai Budi adalah mahasiswa Dengan demikian, Budi pandai. Argumen di atas dikatakan Logis, karena pernyataan 1 dan 2  Premis, diikuti oleh satu pernyataan berupa kesimpulan yang pasti mengikuti dan berasal dari premis- premisnya. Premis Kesimpulan

9 Contoh Argumen (2) Semua manusia berkaki empat Budi seorang manusia Dengan demikian, Budi berkaki empat. Contoh argumen ini akan menimbulkan perdebatan meskipun secara teori, kesimpulan tetap mengikuti premis- premisnya.

10 Logika Informatika Aturan-aturan logika yang menggunakan kaidah-kaidah tertentu dalam informatika yang dipergunakan untuk membuktikan validitas suatu argumen. Aturan-aturan logika yang menggunakan kaidah-kaidah tertentu dalam matematika yang dipergunakan untuk membuktikan validitas suatu argumen dalam bidang informatika.

11 Validitas Argumen Validitas Argumen : premis-premis yang diikuti oleh suatu kesimpulan yang berasal dari premis-premisnya dan bernilai benar. Validitas yang logis adalah hubungan antara premis-premis dengan kesimpulan yang memastikan bahwa premis-premis benar, maka harus diikuti dengan kesimpulan yang benar juga, yang diperoleh dengan menggunakan aturan-aturan logika. Kesimpulan juga harus berasal dari premis-premisnya.

12 Contoh Validitas Argumen (1) Semua mamalia adalah hewan berkaki empat. Semua manusia adalah mamalia. Dengan demikian, semua manusia adalah binatang berkaki empat. Valid, tetapi premis pertama salah. Mengapa argumen di atas valid?? Tautology  Valid kebenarannya secara fungsional

13 Contoh Validitas Argumen (2) Semua makhluk hidup berkaki dua Manusia adalah makhluk hidup Dengan demikian,semua manusia berkaki dua. Tidak valid, tetapi menghasilkan kesimpulan yang benar meskipun tidak mengikuti premisnya.

14 Kesimpulan Logika hanya mempermasalahkan bentuk argumen, bukan isi argumen. Argumen Logis dikatakan kuat secara logis, jika dan hanya jika memenuhi syarat : a. argumennya valid b. semua premis-premisnya bernilai benar.

15 LOGIKA KLASIK / LOGIKA TRADISIONAL

16 Silogisme Menurut Aristoteles, silogisme adalah suatu argumen yang terbentuk dari pernyataan-pernyataan dengan salahsatu atau keempat bentuk berikut : Huruf A dan B diatas menggantikan suatu kata benda, misalnya ‘manusia’, ‘cuaca’, dan sebagainya yang disebut terms of syllogism atau pokok dari silogisme.

17 Silogisme Sempurna Suatu silogisme yang berbentuk sempurna (well-formed syllogism) adalah silogisme yang memiliki dua buah premis dan satu kesimpulan, dimana setiap premis memiliki satu pokok (term) bersama dengan kesimpulan dan satu lagi pokok bersama dengan premis lainnya. Contoh sebuah silogisme sempurna: Premis : Semua A adalah B. Premis : Semua B adalah C. Konklusi : Semua A adalah C. Pada premis pertama, A sama dengan A pada kesimpulan, dan ia juga memiliki B yang sama dengan B pada premis kedua.

18 LOGIKA MODERN / LOGIKA SIMBOLIK

19 Sejarah Logika Modern Perkembangan dari logika Aristoteles. Para pakar yang mengembangkan logika modern : a. Augustus De Morgan ( ) dan George Boole ( ). b. Gottlob Frege ( ) c. Bertrand Russell ( ) dan Alfred North Whitehead ( ) Logika yang dikembangan Bertrand Russell dan Alfred North Whitehead mengenalkan simbol-simbol untuk kalimat yang lengkap dan perangkai (connectives), misalnya : “and”, “or”, “if…then…”, “…if and only if,,,”, dsb. Logika Modern menjadi dasar pembuatan Aljabar Boolean (Boolean Algebra) yang dikembangkan oleh George Boole dan menjadi dasar teori pengembangan komputer digital, terutama mikroprosessor.

20 Manfaat Logika Informatika(1) Logika informatika digunakan dalam semua bidang pada ilmu informatika. Dari pembuatan konsep, penulisan software hingga cara kerja hardware. Beberapa manfaat logika informatika: 1. Membuat program Contoh, struktur IF-THEN...ELSE dalam bahasa Pascal IF kondisi THEN Statemen1 ELSE Statemen2;

21 Manfaat Logika Informatika(2) 2. Database Contoh, mencari daftar mahasiswa STIKOM angkatan 2008 yang memiliki nilai IPK Cara kerja komputer (mesin) Level logika pada komputer. Masing-masing level komputer menggunakan level logika yang berbeda (dari logika elektronik 0 dan 1 hingga logika manusia dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi) tetapi semua bekerja berdasar prinsip-prinsip logika.

22 Penerapan Logika Informatika(1) Search engine google menggunakan prinsip logika dalam pencariannya. a. Menggunakan operator AND (Dilambangkan dengan tanda +) Pencarian akan ’teknik+informatika’ di Google akan menghasilkan data yang terdiri dari teknik dan informatika.

23 Penerapan Logika Informatika(2) b. Menggunakan operator OR untuk Pencarian dengan ketentuan ’teknik OR informatika’. Hasil pencarian akan menampilkan kata teknik saja atau informatika saja.

24 Penerapan Logika Informatika(3) c. Menggunakan operator NOT (dilambangkan dengan tanda - ) Pencarian dengan ketentuan teknik NOT informatika, dilambangkan dengan ’teknik – informatika’ akan menghasilkan pencarian akan kata ’teknik’ saja, yang tidak mengandung kata ’informatika’.


Download ppt "Pengenalan Logika Informatika Pertemuan 1 Viska Armalina, ST.,M.Eng."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google