Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh: Dedy Djamaluddin Malik.  Membantu bernalar jernih, jelas dan akurat  Membantu pada penyimpulan yang valid  Membantu berpikir kritis dan analitis.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh: Dedy Djamaluddin Malik.  Membantu bernalar jernih, jelas dan akurat  Membantu pada penyimpulan yang valid  Membantu berpikir kritis dan analitis."— Transcript presentasi:

1 Oleh: Dedy Djamaluddin Malik

2  Membantu bernalar jernih, jelas dan akurat  Membantu pada penyimpulan yang valid  Membantu berpikir kritis dan analitis  Membuat argumentasi yang logis  Terhindar dari kekeliruan berpikir logis  Memperkuat argumentasi yang kokoh  Merangsang berpikir ilmiah dan reflektif  Meningkatkan kemampuan berpikir abstrak, cermat dan obyektif.

3  Logika= logos (bahasa Yunani)  Logika adalah ilmu yang mengkaji metoda dan prinsip penalaran yang tepat (valid) dari penalaran yang tidak tepat.  Ilmu tentang undang-undang berpikir  Ilmu untuk mencari dalil-dalil (argumen)  Ilmj yang memberi aturan berpikir valid  Dua fungsi logika: (1) logika sebagai sains; (2) logika sebagai kecakapan praktis agar bernalar lurus dalam kehidupan sehari-hari

4  Argumentasi adalah pernyataan yang mengandung alasan (reasoning) yang disertai bukti-bukti kuat sehingga kesimpulan yang dibuat sulit digoyahkan orang.  Pernyataan mengandung: (1) asumsi/premis;(2) evidensi/fakta; (3) dapat diuji secara logis dan empiris.

5  Natural logic (logika alamiah) yaitu potensi akal budi manusia yang cenderung mencari kebenaran berdasarkan “common sense”.  Scientific logic (logika ilmiah) yaitu bernalar berdasarkan prinsip-prinsip ilmu pengetahuan yang dibimbing oleh satu teori tertentu.

6  Method of tenacy (metoda keteguhan): orang berpegang teguh pada pendapat yang sudah lama diyakini benarnya.  Method of authority (metoda otoritas): kebenaran berdasarkan kesaksian para ahli.  Method of intuition (metoda intuisi): kebenaran berdasarkan pendapat umum.

7  Kebanaran berdasarkan asumsi-asumsi filosofis (metatheory)  Kebenaran berdasarkan teori (theory)  Kebenaran berdasarkan hasil riset  Kebenaran berdasarkan logika & argumentasi

8  1. Ide, term (pernyataan) atau tanda  2. Keputusan, kalimat dan proposisi/dalil  3. Penalaran, inferensi atau deduksi  4. Induksi (berpikir dari khusus ke umum)

9  Filsafat adalah cinta kebenaran dan kearifan (love of wisdom and truth)  Filsafat adalah upaya berpikir kritis, radikal dan komprehensif untuk mencapai kebenaran otentik dan hakiki.  Berpikir mendalam membutuhkan logika.

10  Aristoteles ( SM) The Founding Father of Logical Science  Berkembang lewat studi retorika dan persuasi yang digagas Aristoteles: (1) Ethos; (2) logos; (3) pathos.  Ethos (kredibilitas); logos (logika); pathos (emosi).


Download ppt "Oleh: Dedy Djamaluddin Malik.  Membantu bernalar jernih, jelas dan akurat  Membantu pada penyimpulan yang valid  Membantu berpikir kritis dan analitis."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google