Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Assalamualaikuuum.... Apa kabar semuanya..... Ayoo... Kalian bentuk kelompok... setiap kelompok 4 orang Yaa...!

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Assalamualaikuuum.... Apa kabar semuanya..... Ayoo... Kalian bentuk kelompok... setiap kelompok 4 orang Yaa...!"— Transcript presentasi:

1

2 Assalamualaikuuum.... Apa kabar semuanya..... Ayoo... Kalian bentuk kelompok... setiap kelompok 4 orang Yaa...!

3 Mari...kita belajar tentang cerita agar kamu dapat... 1.Memahami struktur teks cerita moral/fabel 2.Ingat ya... Kalian harus memiliki perilaku jujur, bersemangat, dan cinta tanah air 3.Sebelum kalian membaca....

4 Simak dulu ya... Nyanyian berikuti ini !

5 Bacalah buku cerita yang sudah kalian pinjam d perpustakaan Jawablah pertanyaan d bawah ini! 1.Apa judul cerita yang sudah kalian baca! 2.Berasal dari daerah manakah cerita tersebut? 3.Ceritakan kembali cerita tersebut secara singkat! 4.Adakah pesan moral dari cerita tersebut!, sebutkan

6 Perhatikan gambar-gambar di bawah ini... Kaitannya dengan fabel Apa pendapat kalian!

7 Mari kita simak cerita berikut ini!

8 Berikut ini terdapat beberapa pertanyaan tentang isi teks. Untuk mengetahui pemahamanmu tentang teks fabel “Kupu-Kupu Berhati Mulia” tersebut, kamu dapat menjawab beberapa pertanyaan berikut. 1. Siapa tokoh dalam cerita itu? 2. Apa masalah yang muncul dalam teks tersebut? 3. Apa yang dirasakan para tokoh dalam teks itu? 4. Mengapa si semut dikatakan sombong dan si kupu-kupu dikatakan berhati mulia? 5. Sebutkan contoh kebaikan dan kejelekan dari sifat tokoh-tokoh dalam teks itu! 6. Coba sebutkan satu kebaikan dan satu kejelekan yang pernah kamu lihat di lingkunganmu? Bagaimana sikap kamu melihat hal itu? 7. Setujukah kamu jika terjadi musibah, kita harus saling membantu? Mengapa hal itu kita lakukan? 8. Kepompong mewakili sebuah siklus kehidupan. Saat menjadi kepompong, dia hanya diam dan tidak bisa pergi ke mana-mana. Selanjutnya, dia bahagia saat menjadi kupu-kupu. Begitulah kehidupan. Bagaimana pendapat kamu tentang hal itu?

9 Mengenali Struktur Teks Cerita Fabel 1. orientasi/perkenalan Dikisahkan pada suatu hari yang cerah ada seekor semut berjalan-jalan di taman. Ia sangat bahagia karena bisa berjalan-jalan melihat taman yang indah. Sang semut berkeliling taman sambil menyapa binatang-binatang yang berada di taman itu.

10 2. komplikasi Ia melihat sebuah kepompong di atas pohon. Sang semut mengejek bentuk kepompong yang jelek dan tidak bisa pergi ke mana-mana. “Hei, kepompong alangkah jelek nasibmu. Kamu hanya bisa menggantung di ranting itu. Ayo jalan-jalan, lihat dunia yang luas ini. Bagaimana nasibmu jika ranting itu patah?” Sang semut selalu membanggakan dirinya yang bisa pergi ke tempat ia suka. Bahkan, sang semut kuat mengangkat beban yang lebih besar dari tubuhnya. Sang semut merasa bahwa dirinya adalah binatang yang paling hebat. Si kepompong hanya diam saja mendengar ejekan tersebut. Pada suatu pagi sang semut kembali berjalan ke taman itu. Karena hujan, genangan lumpur terdapat di mana-mana. Lumpur yang licin membuat semut tergelincir dan jatuh ke dalam lumpur. Sang semut hampir tenggelam dalam genangan lumpur itu. Semut berteriak sekencang mungkin untuk meminta bantuan. “ Tolong, bantu aku! Aku mau tenggelam, tolong..., tolong...!”

11 resolusi Untunglah saat itu ada seekor kupu-kupu yang terbang melintas. Kemudian, kupu-kupu menjulurkan sebuah ranting ke arah semut. “Semut, peganglah erat-erat ranting itu! Nanti aku akan mengangkat ranting itu.” Lalu, sang semut memegang erat ranting itu. Si kupu- kupu mengangkat ranting itu dan menurunkannya di tempat yang aman. Kemudian, sang semut berterima kasih kepada kupu-kupu karena kupu-kupu telah menyelamatkan nyawanya. Ia memuji kupu-kupu sebagai binatang yang hebat dan terpuji. Mendengar pujian itu, kupu-kupu berkata kepada semut. “Aku adalah kepompong yang pernah kau ejek,” kata si kupu-kupu. Ternyata, kepompong yang dulu diejek sudah menyelamatkan dirinya.

12 Koda/penyelesaian Akhirnya, sang semut berjanji kepada kupu- kupu bahwa dia tidak akan menghina semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di taman itu.

13 Identifikasikanlah kata sifat, kata kerja dan kata keterangan dari masin-masing cerita yang sudah kalian gunting! noKata sifatBukti teks 1luaslihat dunia yang luas ini.

14 noKata kerjaBukti teks 1Berjalan-jalanikisahkan pada suatu hari yang cerah ada seekor semut berjalan- jalan di taman. noKata kerjaBukti teks 1Berjalan-jalanikisahkan pada suatu hari yang cerah ada seekor semut berjalan- jalan di taman.

15 noKata keteranganBukti teks Di tamandia tidak akan menghina semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di taman itu.

16 Melalui kerja kelompok identifikasilah ketiga jenis kata tersebut dengan baik dan benar !!! Masih ingat mengenai kata Kata kerja, kata keterangan, kata sifat.....

17 Kalian BISA karena kalian MAU dan MAMPU


Download ppt "Assalamualaikuuum.... Apa kabar semuanya..... Ayoo... Kalian bentuk kelompok... setiap kelompok 4 orang Yaa...!"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google