Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

AKSI SOSIAL (SOCIAL ACTION) I. DEFINISI II. TEKNIK AKSI SOSIAL III. PENERAPAN AKSI SOSIAL Aksi sosial merupakan upaya untuk menggerakkan warga masyarakat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "AKSI SOSIAL (SOCIAL ACTION) I. DEFINISI II. TEKNIK AKSI SOSIAL III. PENERAPAN AKSI SOSIAL Aksi sosial merupakan upaya untuk menggerakkan warga masyarakat."— Transcript presentasi:

1 AKSI SOSIAL (SOCIAL ACTION) I. DEFINISI II. TEKNIK AKSI SOSIAL III. PENERAPAN AKSI SOSIAL Aksi sosial merupakan upaya untuk menggerakkan warga masyarakat untuk mendapatkan atau menciptakan sumber-sumber dalam memenuhi kebutuhan. Pekerja sosial berupaya membimbing agar warga masyarakat menyadari akan kekurangan, memahami potensi-potensi atau sumber-sumber yang dimilikinya dan berupaya mengatasi masalah secara bersama

2 I. DEFINISI Aksi sosial adalah suatu kegiatan yang terkoordinasikan untuk mencapai tujuan perubahan kelembagaan dalam rangka memenuhi kebutuhan, memecahkan masalah, mengoreksi ketidakadilan atau meningkatkan kualitas hidup manusia. Terjadi atas inisiatif dari tenaga profesional di bidang kesejahteraan sosial, ekonomi, politik, agama, militer, orang-orang yang secara langsung terkena masalah (Drs. Hudri : Ensiklopedia Mini Pekerjaan Sosial) Aksi sosial adalah usaha-usaha untuk mengadakan perubahan atau pencegahan terhadap praktek dalam situasi sosial yang telah ada didalam masyarakat melalui pendidikan, propaganda, persuasi atau pertukaran melalui tujuan yang dianggap baik oleh perencana aksi sosial.

3 Tujuan dan sasaran aksi sosial : Adalah perubahan fundamental dalam kelembagaan dan struktur masyarakat melaui proses pendistribusian kekuasaan, sumber dan pengambilan keputusan. Pendekatan aksi sosial didasari suatu pandangan bahwa masyarakat adalah sistem klien yang sering kali menjadi “korban” ketidakadilan struktur Aksi sosial berorientasi pada tujuan proses dan tujuan hasil. Masyarakat diorganisir melalui penyadaran, pemberdayaan dan tindakan aktual untuk mengubah struktur kekuasaan agar lebih memenuhi prinsip demokrasi, kemerataan dan keadilan.

4 II. TEKNIK-TEKNIK AKSI SOSIAL 1. Aksi legal (Legal action) Model ini digunakan untuk melakukan perubahan pada institusi utama, misalnya institusi ekonomi (pasar), kebijakan tertentu. Model ini berpandangan bahwa ada masyarakat, suatu bagian, kelompok yang kurang beruntung (tertindas yang perlu dibantu, diorganisaikan dalam rangka menekan struktur kekuasaan yang menindasnya. Upaya ini dilakukan untuk memperoleh sumber- sumber atau perlakuan yang baik sesuai dengan azas demokrasi.

5 Peranan pekerja sosial : pembela (advokasi), penggerak, aktivis, pemberi semangat juang, partisipan,negosiator Strategi atau taktik yang digunakan : protes, boikot, negosiasi Advokasi dalam pekerjaan sosial bekerja untuk : 1. Memperjuangkan klien mendapat akses pelayananpublik dengan baik 2. Memodifikasi kebijakan, prosedur dan pelayanan sosial 3. Mempromosikan kebijakan-kebijakan baru tentang pelayanan sosial.

6 2. Aksi melawan hukum (Illegal action) Misalnya ketidakpatuhan warga masyarakat terhadap suatu peraturan yang membebani masyarakat setempat 3. Aksi pembelaan hukum (Class action lawsits) Misalnya warga masyarakat yang tidak mampu secara finansial dan informasi hukum yang diperlukan dalam suatu pengadilan. Demonstrasi dapat dilakukan sebagai upaya terakhir. Dalam praktek pekerjaan sosial makro dikenal teknik class action yang juga sebagai tenaga pamungkas dari sebuah upaya penegakan keadilan.

7 Klasifikasi primer dalam aksi pekerjaan sosial ada : Praktik langsung an Praktik tidak langsung Praktik Langsung Menyangkut aksi dengan individu, keluarga, kelompok kecil yang memfokuskan pada perubahan baik transaksi dalam keluarga atau sistem kelompok kecil dalam hubungan dengan orang dan institusi kemasyarakatan dalam lingkungan mereka, misalnya aksi dalam situasi krisis, aksi memberdayakan para kelayan. Praktik Tidak Langsung Adalah pekerjaan yang didalamnya bekerja dengan individu, kelompok kecil, lembaga dan masyarakat atas nama individu dan para kelayan keluarga. Pekerjaan ini sering bekerja dengan lembaga dan sistem masyarakat, misalnya aksi yang menyangkut pengaruh, aksi yang dirancang untuk merubah lingkungan.

8 III. PENERAPAN AKSI SOSIAL Aksi sosial diterapkan antara lain dalam : 1. Gerakan pengumpulan dana kesejahteraan sosial 2. Lobi untuk menggolkan peraturan perundang- undangan yang berlaku di bidang kesejahteraan sosial 3. Gerakan nasional orang tua asuh 4. Kesetiakawanan sosial nasional 5. Bakti sosial, Gerakan jumat bersih dsb

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21


Download ppt "AKSI SOSIAL (SOCIAL ACTION) I. DEFINISI II. TEKNIK AKSI SOSIAL III. PENERAPAN AKSI SOSIAL Aksi sosial merupakan upaya untuk menggerakkan warga masyarakat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google