Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERAN PEKERJA PENGEMBANGAN MASYARAKAT Secara umum,orang-orang yang bergerak dalam pengembangan masyarakat cenderung menjadi rendah hati, sederhana, dan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERAN PEKERJA PENGEMBANGAN MASYARAKAT Secara umum,orang-orang yang bergerak dalam pengembangan masyarakat cenderung menjadi rendah hati, sederhana, dan."— Transcript presentasi:

1 PERAN PEKERJA PENGEMBANGAN MASYARAKAT Secara umum,orang-orang yang bergerak dalam pengembangan masyarakat cenderung menjadi rendah hati, sederhana, dan tidak membuat pengakuan hebat dalam memecahkan semua masalah yang dihadapi masyarakat di berbagai belahan negara dunia.

2 Model yang dikembangkan  Perawatan masyarakat  Pengorganisasian masyarakat  Pengembangan masyarakat pada gugus profesional  Aksi sosial kemasyarakatan berdasarkan kelas sosial  Aksi sosial kemasyarakatan berdasarkan gender  Aksi sosial kemasyarakatan berdasarkan rasa ( warna kulit) pada gugus Radikal.

3 Perawatan masyarakat  Merupakan kegiatan volunter yang biasanya dilakukan secara sukarela oleh warga kelas menengah.  Tujuannya adalah untuk mengurangi kesenjangan dalam pemberian pelayanan masyarakat secara resmi.

4 Pengorganisasian masyarakat  Kegiatan yang difocuskan pada perbaikan koordinasi di antara berbagai lembaga kesejahteraan sosial.

5 Pengembangan masyarakat  Upaya atau kegiatan yang menaruh perhatian pada peningkatan ketrampilan dan kemandirian masyarakat dalam memecahkan permasalahan yang dihadapinya.

6 Aksi sosial kemasyarakatan Kelas merupakan kegiatan yang bertujuan untuk membangkiktan kelompok-kelompok lemah untuk secara bersama-sama meningkatkan kemampuan melalui strategi konflik, tindakan langsung dan konforntasi.

7 Aksi Sosial kemasyarakatan  Gender merupakan kegiatan yang bertujuan untuk merubah relasi-relasi sosial kapitalis patriakal antara laki-laki dan perempuan, perempuan dan negara, serta antara orang dewasa dan anak- anak.

8 Aksi sosial kemasyarakatan berdasar Ras.  Merupakan usaha untuk memperjuangkan persamaan kesempatan diantara berbagai ras dan menghilangkan diskriminiasi rasial.

9 Pengembangan masyarakat  Lebih difocuskan pada upaya mengubah ketidakseimbangan relasi-relasi sosial yang ada melalui pemberdayaan kelompok-kelompok lemah, mencari sebab-sebab kelemahan mereka, serta mengalisis sumber-sumber ketertindasannya.

10 Pengembangan masyarakat  Difokuskan untuk membantu masyarakat lapis bawah dalam mengendalikan secara mandiri terhadap kehidupannya.

11 Peran pekerja PM  Membantu masyarakat dalam mengidentifikasi isu, masalah, dan kebutuhan sebagaimana apa yang dilihat sendiri menurut referensi ilmiah serta memfasilitasi munculnya upaya pemecahan secara bersama-sama terhadap isu,masalah dan kebutuhan tersebut.

12 Pekerja pengembangan masyarakat  Bekerja bersama untuk masyarakat.  Sebagai subyek dalam sistem politik ekonomi yang mendorong serta merangsang masyarakat aga mau bekerja sama dengan mereka.

13  Jika kamu membantu saya, kamu menjadi bagian dari masalah.  Jika kamu di sini sebab kamu memahami bahwa keikutsertaan kamu bisa melepaskan ikatan denganku, maka kita bisa sukses meraihnya.

14 Para aktivis PM menangani : 1. Penelitian dan penelaahan isu-isu, kebutuhan- kebutuhan atau masalah-masalah masyarakat. 2. Persiapan kebijakan dan rumusan berdasarkan isu. 3. Pengembangan dan pemeliharaan sumber-sumber daya.

15 4. Pengembangan cara-cara untuk mendapatkan akses terhadap sumberdaya dari luar dan proses pengambilan kebijakan. 5. Pengembangan,pmeliharaan dan penilaian program-program masyarakat. 6. Perencanaan strategik.

16 7. Pengembangan,penafsiran dan pelaksanaan kebijakan masyarakat. 8. Pengembangan dan pemeliharaan demokrasi dan partisipasi dalam proses pengambilan keputusan dalam masyarakat. 9. Perwakilan, pembelaan,perundingan dan penengahan dalam dan antara masyarakat, agen, lembaga dan pemerintah.

17 10. Pendekatan dan pemeliharaan jaringan 11.Pendekatan dengan baerbagai kelompok masyarakat, para pekerja dan profesional lain, agen dan pemerintah. 12. Pengembangan dan pengalihan keterampilan dan pengetahuan dalam organisasi masyarakat, advokasi, pengembangan sumber daya, kesadaran budaya, dan wilayah-wilayah lain dalam masyarakat.

18 13. Pendidikan masyarakat tentang hak-hak asasi dan tangung jawab mereka. 14. Persiapan dan penyebarluasan tulisan dan materi pemberitaan serta pengembangan media kontak. 15. Penanganan tugas-tugas administrasi yang berhubungan dengan pemeliharaan proyek masyarakat seperti lobi, persiapan rancangan anggaran, serta laporan dan dokumentasi keuangan.

19 16. Pemberitahuan bantuan kepada anggota masyarakat dalam berhubungan dengan profesional lain, lembaga, agen masyarakat, pemerintah, dan badan-badan lain. 17. Pengembangan kampanye masyarakat.

20 Peran seorang pekerja sosial  Kapasitasnya sebagai pendamping.  Bukan sebagai problem solver (pihak yang memecahkan masalah).

21 Kegiatan pendampingan ada 3 hal : 1. 3P yaitu : a. Pemungkin b. Pendukung c. Pelindung.

22 Fungsi pendamping :  Dalam membina dan mengarahkan sangat penting, terutama dalam membina dan mengarahkan kegiatan kelompok sasaran.  Pendamping mengarahkan proses pembentukan dan penylenegaraan kelompok sebagai fasilitator (pemandu) Komunikator (penghubung) maupun dinamisator (penggerak) Vidhyandika Moelyarto, 10996: 14

23 Model pendampingan :  Pendamping itu sendiri yang teridiri atas para pekerja sosial  Kelompok yang didampingi atau yang akan diberdayakan.

24 Tujuan akhir pendampingan  Terjadinya transfer kendali kepada masyarakat agar mampu memecahkan masalah-masalah kemiskinan yang dihadapinya secara mandiri dan berkesinambungan.

25 Aktivitas sosial merupakan kemampuan  Memahami berbagai potensi dan kelemahan yang ada pada dirinya serta masyarakat sekitarnya.  Mampu meliaht dan meperhitungkan berbagai peluang/ kesempatan yang ada disekitarnya.  Mengatasi berbagai persoalan kemiskinan yang ada pada mereka dan mengembangkan kehidupan yang serasi dan berkesinambungan.

26 Tugas  Buatlah rangkuman apa yang dikuliahkan.


Download ppt "PERAN PEKERJA PENGEMBANGAN MASYARAKAT Secara umum,orang-orang yang bergerak dalam pengembangan masyarakat cenderung menjadi rendah hati, sederhana, dan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google