Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PROSES PERENCANAAN DALAM MANUFAKTURING samsulb. PERENCANAAN PRODUKSI Tenaga kerja Modal Energi Tanah Informasi Manajerial Proses Transformasi Nilai tambah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PROSES PERENCANAAN DALAM MANUFAKTURING samsulb. PERENCANAAN PRODUKSI Tenaga kerja Modal Energi Tanah Informasi Manajerial Proses Transformasi Nilai tambah."— Transcript presentasi:

1 PROSES PERENCANAAN DALAM MANUFAKTURING samsulb

2 PERENCANAAN PRODUKSI Tenaga kerja Modal Energi Tanah Informasi Manajerial Proses Transformasi Nilai tambah (Operasion Management, System Design, Operation Planning & Control ) Produk ( Barang dan Jasa ) INPUT PROSES OUTPUT Umpan balik untuk pengendalian input, Proses dan Teknologi LINGKUNGAN Skema Sistem Produksi

3 PENGERTIAN DAN PERENCANAAN PRODUKSI PENGERTIAN PRODUKSI: PENGUBAHAN BAHAN-BAHAN DARI SUMBER- SUMBER MENJADI HASIL YANG DIINGINKAN KONSUMEN. FUNGSI PRODUKSI: MENCIPTAKAN BARANG ATAU JASA SESUAI DENGAN KEBUTUHAN MASYARAKAT.

4 LANJUTAN AGAR FUNGSI PRODUKSI DAPAT BERPERAN DENGAN BAIK, MAKA HARUS ADA PERENCANAAN PRODUKSI. PERENCANAAN PRODUKSI MELIPUTI KEPUTUSAN YANG MENYANGKUT DENGAN MASALAH YANG AKAN TERJADI

5 MASALAH DALAM PROSES PRODUKSI JENIS BARANG YANG AKAN DIJUAL. JUMLAH BARANG YANG AKAN DIBUAT CARA PEMBUATAN ( PERALATAN APA YANG DIPAKAI)

6 KEPUTUSAN TENTANG JENIS DAN JUMLAH YANG AKAN DIBUAT SANGAT DIPENGARUHI OLEH DATA KEBUTUHAN PASAR DARI BAGIAN PEMASARAN. KEPUTUSAN TENTANG JENIS DAN JUMLAH, AKAN MEMPENGARUHI PENENTUAN JENIS MESIN YANG AKAN DIGUNAKAN.

7 TAHAP PERENCANAAN JENIS BARANG PENENTUAN DESAIN AWAL, YANG BERUPA DISAIN SPESIFIKASI DAN SYARAT YANG HARUS DIPENUHI. PENENTUAN DISAIN YANG TEPAT. PENENTUAN CARA PEMBUATAN, YANG BERUPA PENENTUAN URUTAN PROSES PRODUKSI, TEMPAT KERJA DAN PERALATAN YANG DIGUNAKAN. MEMODIFIKASI TAHAP KETIGA YANG DISESUAIKAN DENGAN LAYOUT, TUNTUTAN KUALITAS DAN PERALATAN YANG TERSEDIA.

8 PROSES PRODUKSI MELIPUTI KEGIATAN ATAU AKTIVITAS UNTUK MENJALANKAN FUNGSI SUMBER- SUMBER EKONOMI (FAKTOR EKONOMI) FUNGSI TERSEBUT ( PEMBELANJAAN, PEMASARAN, KEPEGAWAIAN, KEUANGAN) DAPAT DILAKUKAN APABILA SUMBER EKONOMI TERSEBUT TELAH TERSEDIA.

9 PENGELOMPOKKAN SUMBER EKONOMI MANUSIA UANG MATERIAL METODE

10 PENGENDALIAN PRODUKSI ADALAH SERANGKAIAN PROSEDUR YANG BERTUJUAN UNTUK MENGKOORDINIR SEMUA ELEMEN PROSES PRODUKSI ( PEKERJA, MESIN, PERALATAN DAN MATERIAL) KE DALAM SATU ARUS ALIRAN.

11 JENIS-JENIS PENGENDALIAN PRODUKSI ORDER CONTROL: DIGUNAKAN OLEH PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG BEROPERASI HANYA PADA WAKTU MENERIMA PESANAN DARI PEMBELI. FLOW CONTROL: DIGUNAKAN DALAM PABRIK YANG BERPRODUKSI UNTUK PERSEDIAAN DAN UNTUK MEMPERCEPAT PENGIRIMAN BARANG JADI DARI TEMPAT PERSEDIAAN PADA SAAT PESANAN PEMBELI DITERIMA.

12 TAHAP-TAHAP PENGENDALIAN PRODUKSI PLANNING ROUTING SCHEDULING DISPATCHING

13 CORAK PRODUKSI CIRI KHAS YANG DIMILIKI OLEH PERUSAHAAN DALAM MENGHASILKAN BARANG YANG DIPRODUKSINYA, BAIK JENIS, UKURAN,BENTUK,WARNA DAN KUALITAS BARANG.

14 NORMALISASI PRODUKSI ADALAH PENYESUAIAN BERSAMA BERBAGAI MACAM CORAK BARANG HASIL PRODUKSI DARI BERBAGAI PERUSAHAAN.

15 SIFAT PROSES PRODUKSI PROSES EKSTRAKTIF. PROSES PRODUKSI YANG MENGAMBIL BAHAN- BAHAN LANGSUNG DARI ALAM. PROSES ANALITIK PROSES PEMISAHAN DARI SUATU BAHAN MENJADI BEBERAPA MACAM BARANG YANG HAMPIR MENYERUPAI BENTUKNYA.

16 LANJUTAN PROSES PABRIKASI. PROSES YANG MENGUBAH SUATU BAHAN MENJADI BEBERAPA BENTUK. PROSES SINTETIK. PROSES MENGKOMBINASIKAN BEBERAPA BAHAN DE DALAM SUATU BENTUK PRODUK.

17 JANGKA WAKTU PRODUKSI PROSES TERUS MENERUS ( CONTINUOUS PROCESS). DIGUNAKAN UNTUK MENUNJUKKAN SUATU KEADAAN MANUFAKTUR YANG MEMBUTUHKAN PERIODE WAKTU YANG LAMA UNTUK MEMPERSIAPKAN MESIN DAN PERALATAN YANG AKAN DIGUNAKAN.

18 LANJUTAN: PROSES TERPUTUS-PUTUS ( INTERMITTENT PROCESS). DIGUNAKAN DALAM PERUBAHAN MANUFAKTUR YANG PENGOPERASIAN MESIN- MESINNYA MENGALAMI BEBERAPA PENYETOPAN UNTUK DIRANCANG LAGI KARENA HARUS MEMBUAT PRODUK YANG BERBEDA.

19 SIFAT PRODUK PRODUKSI STANDAR. PRODUKSI PESANAN


Download ppt "PROSES PERENCANAAN DALAM MANUFAKTURING samsulb. PERENCANAAN PRODUKSI Tenaga kerja Modal Energi Tanah Informasi Manajerial Proses Transformasi Nilai tambah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google