Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Memproduksi Barang-barang  Manajemen Operasi Pengarahan dan pengendalian suatu proses secara sistematis untuk mengubah sumber daya menjadi barang dan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Memproduksi Barang-barang  Manajemen Operasi Pengarahan dan pengendalian suatu proses secara sistematis untuk mengubah sumber daya menjadi barang dan."— Transcript presentasi:

1 Memproduksi Barang-barang  Manajemen Operasi Pengarahan dan pengendalian suatu proses secara sistematis untuk mengubah sumber daya menjadi barang dan jasa  Utilitas (kegunaa) kemampuan suatu produk untuk memuaskan keinginan manusia  Empat jenis utilitas berbasis produksi  Utilitas waktu  Utilitas Tempat  Utilitas Kepemilikan  Utilitas Bentuk

2 Utilitas  Utilitas Waktu Produsen membuat produk-produk tersedia sewaktu konsumen menginginkannya  Utilitas Tempat Produk-produk menjadi tersedia di tempat yang sesuai bagi konsumen  Utilitas Kepemilikan Dengan membuat suatu produk tersedia bagi konsumen untuk dimiliki dan digunakan  Utilitas Bentuk Produsen menyebabkan produk-produk menjadi tersedia.

3 Proses - Proses Operasi  Serangkaian metode dan teknologi yang digunakan dalam memproduksi barang dan jasa.  Tiga cara proses produksi  Berdasarkan tipe dari teknologi transformasi Untuk mengubah bahan produksi mentah menjadi barang jadi.  Proses kimia :  Proses fabrikasi  Proses perakitan  Proses pengangkutan  Proses klerikal  Berdasarkan sifat analitis dan sintetis dari suatu proses dibedakan berdasarkan cara sumber daya diubah menjadi barang jadi.  Proses analitis Prosese produksi yang menguraikan sumber-sumber menjadi komponen untuk menciptakan produk-produk jadi.

4  Proses Sistetis Proses produksi yang mengkombinasikan bahan-bahan mentah untuk memproduksi suatu barang jadi  Berdasarkan pola alur produk selama transformasi Dibedakan berdasarkan pengaturan pabrik dan pergerakan produk-produk melalui suatu pabrik  Proses kontinyu Proses produksi yang produknya berpindah melalui suatu pabrik dengan cara kontinyu dan langsung.  Proses terputus-terputus Proses produksi yang produknya bergerak melalui serangkaian tahap peralatan dan/atau departemen di suatu pabrik  Routing Serangkaian tahap unik yang dibutuhkan untuk memproduksi suatu produk.

5 Keputusan mengenai Manajemen Operasi  Rencana dan ramalan Bisnis Rencana menggarisbawahi tujuan dan sasaran perusahaan. Ramalan (forecast) adalah sisi rencana produksi jangka panjang yang memperkirakan permintaan dimasa yang akan datang  Rencana operasi jangka panjang Menetapkan kapasitas, lokasi, tata rauang, kualitas, metode  Penjadualan Operasi menetapkan jadual produksi, jadual rinci  Pengendalian Operasi Pengendalian kualitas, manajemen bahan produksi  Output ke konsumen.

6 Perencanaan Kapasitas  Kapasitas Jumlah suatu produk yang dapat diproduksi oleh suatu perusahaan pada kondisi kerja normal.  Perencanaan kapasitas Berarti menjamin bahwa suatu kapasitas perusahaan sedikit melebihi permintaan normal akan produk-produknya. Pertimbangan kebijaksanaan ini adalah:  Jika kapasitas terlalu kecil maka perusahaan harus mengalihkan konsumennya.  Jika kapasitas melebihi permintaan maka perusahaan akan menghamburkan uang.

7 Perencanaan Lokasi  Faktor-faktor yang harus dipertimbangkan dalam memilih lokasi:  Kedekatan dengan bahan mentah  kedekatan dengan pasar  Ketersediaan tenaga kerja,  Ketersediaan energi  Biaya transportasi  peraturan pemerintah  Kondisi kehidupan masyarakat.

8 Perencanaan Tata Ruang  Tata Ruang Proses Pengaturan kegiatan produksi yang mengelompokkan peralatan dan orang-orangnya berdasarkan fungsi  Tata Ruang Produk Pengaturan kegiatan produksi yang dirancang untuk memindahkan sumber daya melalui serangkaian tahap yang lancar dan tetap  Tata ruang selular Pengaturan kegiatan produksi yang dirancang untuk memindahkan satu keluarga produk melalui alur yang sejenis  Lini produksi bentuk U Tata ruang produk yang mesin dan pekerjaannya ditempatkan dalam bentuk U  Flexible manufacturing system (FMS) Sistem produksi dalam suatu pabrik yang menggunakan otomatisasi untuk memproduksi berbagai macam produk  Tata ruang posisi tetap Tata ruang produk yang membawa kegiatan produksi ke lokasi tempat kerja tersebut akan diselesaikan

9 Penjadualan Operasi  Jadual produksi induk (master production Schedule) jadual yang memperlihatkan produk mana yang akan diproduksi, kapan produksi akan dimulai dan sumber daya apa yang akan dipergunakan  Alat untuk Penjadualan  Diagram GATT (Gantt Charts) Jadual produksi yang memperlihatkan tahap-tahap dalam suatu proyek dan menentukan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap tahap  Diagram PERT (PERT Charts) Jadual produksi yang memspesifikasikan sekuen dan lintasan kritis (critical path) untuk melaksanakan tahap-tahap dalam suatu proyek.

10 Pengendalian Operasi ( Operation Control)  Proses memonitor kinerja produksi dengan cara membandingkan hasil dengan rencana  Tindak lanjut (Follow Up) Aktivitas pengendalian produksi untuk menjamin bahwa keputusan produksi telah dilaksanakan  Pengendalian operasi mencirikan dua subbidang:  Pengendalian mutu  Manajemen bahan produksi.

11 Manajemen Bahan Produksi  Manajemen Bahan Baku (materials Management) Perencanaan dan pengorganisasian dan pengendalian alur bahan-bahan dari perancangan hingga distribusi barang-barang jadi  Empat Bidang Utama dalam manajemen bahan baku  Transportasi Mencakup alat-alat transportasi sumber daya ke perusahaan dan barang- barang jadi  Pergudangan Berkaitan dengan penyimpangan baik bahan baku produksi yang akan datang untuk proses produksi maupun barang-barang jadi untuk distribusi fisik ke konsumen.  Pengendalian persediaan Dalam manajemen bahan penerimaan, penyimpanan, penanganan serta penghitungan seluruh bahan-bahan mentah, barang setengah jadi dan barang-barang jadi.  Pembelian Pembelian bahan produksi dalam jumlah yang dibutuhkan baik pada harga yang sesuai dan pada waktu yang tepat.

12 ALAT UNTUK PENGENDALIAN OPERASI  Just-in Time (JIT) Production System Metode produksi yang mengumpulkan keseluruhan bahan dan komponen yang diperlukan setiap tahap produksi pada waktu yang tepat saat mereka dibutuhkan.  Material Requirements Planning (MRP) Metode pengendalian produksi yang menggunakan bill of materials untuk menjamin bahwa jumlah bahan yang tepat telah dikirim ke tempat yang tepat pada waktu yang tepat.  Pengendalian Mutu (kualitas) Manajemen dari proses produksi yang dirancang untuk memanufaktur barang atau menyediakan jasa yang sesuai dengan standar kualitas tertentu.


Download ppt "Memproduksi Barang-barang  Manajemen Operasi Pengarahan dan pengendalian suatu proses secara sistematis untuk mengubah sumber daya menjadi barang dan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google