Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERTEMUAN 14 Charisma Ayu Pramuditha, B. Tech Mgt, MHRM Charisma Ayu Pramuditha, B. Tech Mgt, MHRM.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERTEMUAN 14 Charisma Ayu Pramuditha, B. Tech Mgt, MHRM Charisma Ayu Pramuditha, B. Tech Mgt, MHRM."— Transcript presentasi:

1 PERTEMUAN 14 Charisma Ayu Pramuditha, B. Tech Mgt, MHRM Charisma Ayu Pramuditha, B. Tech Mgt, MHRM

2 4/24/ Meningkatkan Produktivitas dan Mutu Manajemen Produksi Perusahaan Jumlah Sumber Daya Manusia, Mesin dan Peralatan Kepuasan Pelanggan Pendapatan Perusahaan Pengeluaran Perusahaan Laba Perusahaan Nilai Perusahaan

3 Sumber Daya yang Digunakan dalam Proses Produksi Sumber daya manusia  Perusahaan dapat melakukan identifikasi terhadap kebutuhan karyawan untuk melakukan proses produksi Bahan Baku  Bahan baku dalam sebuah proses produksi memiliki peran yang cukup besar, karena dengan memanfaatkan bahan baku maka akan tercipta sebuah output yang sesuai dengan harapan perusahaan dan pengguna produk Sumber daya lain  Sumber daya lainnya dapat berbentuk mesin serta keahlian yang dapat dimanfaatkan untuk proses produksi Sumber daya manusia  Perusahaan dapat melakukan identifikasi terhadap kebutuhan karyawan untuk melakukan proses produksi Bahan Baku  Bahan baku dalam sebuah proses produksi memiliki peran yang cukup besar, karena dengan memanfaatkan bahan baku maka akan tercipta sebuah output yang sesuai dengan harapan perusahaan dan pengguna produk Sumber daya lain  Sumber daya lainnya dapat berbentuk mesin serta keahlian yang dapat dimanfaatkan untuk proses produksi

4 4/24/ Sumber Daya yang Digunakan dalam Produksi Input: Bahan baku Sumber Daya Manusia Mesin dan Peralatan Output: Barang Jadi Akhir  Dalam menentukan sumber daya yang akan dialokasikan dalam sebuah proses produksi, maka perusahaan harus memiliki pengetahuan yang lebih untuk mengoptimalkan hasil produsksi nantinya

5 1.Salah satu keputusan yang penting dalam manajemen produksi adalah memilih lokasi pabrik atau kantor. 2.Lokasi akan mempengaruhi biaya yang akan dikeluarkan oleh perusahaan. 3.Lokasi juga akan mempengaruhi distribusi produk dan daya saing perusahaan. 1.Salah satu keputusan yang penting dalam manajemen produksi adalah memilih lokasi pabrik atau kantor. 2.Lokasi akan mempengaruhi biaya yang akan dikeluarkan oleh perusahaan. 3.Lokasi juga akan mempengaruhi distribusi produk dan daya saing perusahaan.

6 4/24/ Memilih Lokasi Faktor-faktor Mempengaruhi Keputusan Lokasi Keputusan Lokasi Biaya Ruang Kerja Akses Transportasi Pasokan Tenaga Kerja Biaya Tenaga Kerja Insentif Pajak Sumber Permintaan

7 4/24/ Memilih Desain dan Tata Ruang Faktor-faktor Mempengaruhi Desain dan Tata Ruang  Karakteristik Lokasi.  Proses Produksi. Tata ruang produk (product layout). Tata ruang posisi tetap (fixed-position-layout). Pabrikasi flexibel (flexible manufacturing).  Lini Produk.  Kapasitas Produksi yang Diinginkan.

8 4/24/ Selain Lokasi pabrik, maka tata ruang juga akan mempengaruhi tingkat produktifitas pekerja Faktor-faktor Mempengaruhi Desain dan Tata Ruang  Karakteristik Lokasi.  Proses Produksi. Tata ruang produk (product layout). Tata ruang posisi tetap (fixed-position-layout). Pabrikasi flexibel (flexible manufacturing).  Lini Produk.  Kapasitas Produksi yang Diinginkan.

9 Pengendalian Mutu Penjadwalan Pengaturan rute Pembelian Bahan baku Pengendalian Persediaan Pengendalian Produksi

10 4/24/ Pembelian Bahan Baku:  Memilih pemasok bahan baku.  Mendapatkan potongan harga.  Mendelegasikan produksi kepada pemasok. - Outsourcing - Deintegrasi (deintegration)

11 4/24/ Pengaruh Deintegrasi Pabrik menerima komponen yang belum dirakit oleh pemasok Karyawan pabrik merakit komponen Komponen yang telah dirakit di kirim ke stasiun kerja akhir Komponen yang telah dirakit digunakan untuk menyelesaikan produk akhir Proses Produksi Sebelumnya Pabrik menerima komponen yang telah dirakit oleh pemasok Komponen yang telah dirakit digunakan untuk menyelesaikan produk akhir Proses Produksi yang Telah Diperbaiki

12 4/24/ Pengendalian Persediaan (inventory control)  Pengendalian persediaan bahan baku. Biaya penyimpanan (carrying cost). Biaya pemesanan (order cost). Just in time (JIT). Perencanaan kebutuhan bahan baku (materials requirements planning).  Pengendalian bahan baku dalam proses Persediaan barang dalam proses (work in process inventories).  Dampak teknologi pada pengendalian persediaan.

13 4/24/ Pengaturan Rute (routing)  Hadirkan urutan tugas yang diperlukan untuk melengkapi produksi suatu produk.  Ada suatu kebutuhan ke pada waktu tertentu meninjau ulang untuk menentukan jika halhal dapat ditingkatkan.

14 4/24/ Penjadwalan (scheduling)  Production Schedule Sebuah rencana waktu dan volume tugas produksi. Perencanaan sumber daya perusahaan (enterprise resource planning-ERP)  Techniques used in scheduling - Gantt chart Memperkirakan waktu untuk masing-masing tugas dalam proses produksi. - PERT chart Skedul tugas-tugas untuk mengurangi kelambatan dalam proses produksi.

15 Pekerjaan ProduksiMinggu 1Minggu 2Minggu 3Minggu 4Minggu 5 1. Memproduksi bahan kimia X. 2. Memproduksi bahan kimia Y. 3. Mencampur bahan kimia X dan Y dalam sebuah tangki untuk membuat bahan kimia Z. 4. Menuangkan bahan kimia Z ke dalam 500 kontainer satu galon. 5. Mengemas kontainer satu galon ke dalam peti.

16 4/24/ Metode Peningkatan Efisiensi Produksi 1. Teknologi 2. Skala Ekonomis 3. Restrukturisasi

17  Optimalisasi mesin untuk mempercepat pekerjaan  Otomatisasi pada bagian-bagian yang memberikan dampak yang besar  Melakukan pelatihan untuk memastikan otomatisasi yang telah ada dapat berjalan dengan baik  Melakukan evaluasi biaya dan manfaat

18  Biaya rata-rata  Biaya tetap  Biaya variabel  Total output yang bisa dicapai

19  Melakukan perubahan proses produksi sebagai salah satu usaha untuk meningkatkan efisiensi  Dapat dilakukan dengan dua cara; 1. Rekayasa ulang (reengineering)  yaitu rancangan ulang yang berkaitan dengan struktur organisasi dan operasi sebuah perusahaan 2. Perampingan  mengoptimalkan kinerja karyawan / sumber daya dengan mengurangi sumber daya yanng ada.


Download ppt "PERTEMUAN 14 Charisma Ayu Pramuditha, B. Tech Mgt, MHRM Charisma Ayu Pramuditha, B. Tech Mgt, MHRM."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google