Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Produktivitas dan Mutu PERTEMUAN 14. 4/12/2015 RATNA JUWITA 2 2 Meningkatkan Produktivitas dan Mutu Manajemen Produksi Perusahaan Jumlah Sumber Daya Manusia,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Produktivitas dan Mutu PERTEMUAN 14. 4/12/2015 RATNA JUWITA 2 2 Meningkatkan Produktivitas dan Mutu Manajemen Produksi Perusahaan Jumlah Sumber Daya Manusia,"— Transcript presentasi:

1 Produktivitas dan Mutu PERTEMUAN 14

2 4/12/2015 RATNA JUWITA 2 2 Meningkatkan Produktivitas dan Mutu Manajemen Produksi Perusahaan Jumlah Sumber Daya Manusia, Mesin dan Peralatan Kepuasan Pelanggan Pendapatan Perusahaan Pengeluaran Perusahaan Laba Perusahaan Nilai Perusahaan

3 4/12/2015 RATNA JUWITA 3 3 Sumber Daya yang Digunakan dalam Proses Produksi Proses Produksi (Production Process) atau Proses Konversi (Convertion Process) serangkaian pekerjaan yang menggunakan sumber daya untuk memproduksi suatu barang ataupun jasa. Manajemen Produksi (Production Management) Manajemen Operasi (Operations Management) untuk mengembangkan proses produksi yang efisien dan bermutu tinggi guna menghasilkan produk barang dan jasa yang spesifik.

4 4/12/2015 RATNA JUWITA 4 4 Mengkombinasikan Berbagai Sumber Daya untuk Produksi Stasiun Kerja (work station). Lini Perakitan (assembly line).

5 4/12/2015 RATNA JUWITA 5 5 Sumber Daya yang Digunakan dalam Produksi Input: Bahan baku Sumber Daya Manusia Mesin dan Peralatan Output: Barang Jadi Akhir

6 4/12/2015 RATNA JUWITA 6 6 Memilih Lokasi Faktor-faktor Mempengaruhi Keputusan Lokasi Keputusan Lokasi Biaya Ruang Kerja Akses Transportasi Pasokan Tenaga Kerja Biaya Tenaga Kerja Insentif Pajak Sumber Permintaan

7 4/12/2015 RATNA JUWITA 7 7 Memilih Desain dan Tata Ruang Faktor-faktor Mempengaruhi Desain dan Tata Ruang Karakteristik Lokasi. Proses Produksi. –Tata ruang produk (product layout). –Tata ruang posisi tetap (fixed-position- layout). –Pabrikasi flexibel (flexible manufacturing). Lini Produk. Kapasitas Produksi yang Diinginkan.

8 Pengendalian Mutu Penjadwalan Pengaturan rute Pembelian Bahan baku Pengendalian Persediaan Pengendalian Produksi

9 4/12/2015 RATNA JUWITA 9 9 Pembelian Bahan Baku: Memilih pemasok bahan baku. Mendapatkan potongan harga. Mendelegasikan produksi kepada pemasok. - Outsourcing - Deintegrasi (deintegration)

10 4/12/2015 RATNA JUWITA 10 Pengaruh Deintegrasi Pabrik menerima komponen yang belum dirakit oleh pemasok Karyawan pabrik merakit komponen Komponen yang telah dirakit di kirim ke stasiun kerja akhir Komponen yang telah dirakit digunakan untuk menyelesaikan produk akhir Proses Produksi Sebelumnya Pabrik menerima komponen yang telah dirakit oleh pemasok Komponen yang telah dirakit digunakan untuk menyelesaikan produk akhir Proses Produksi yang Telah Diperbaiki

11 4/12/2015 RATNA JUWITA 11 Pengendalian Persediaan (inventory control) Pengendalian persediaan bahan baku. –Biaya penyimpanan (carrying cost). –Biaya pemesanan (order cost). –Just in time (JIT). –Perencanaan kebutuhan bahan baku (materials requirements planning). Pengendalian bahan baku dalam proses –Persediaan barang dalam proses (work in process inventories). Dampak teknologi pada pengendalian persediaan.

12 4/12/2015 RATNA JUWITA 12 Pengaturan Rute (routing) Hadirkan urutan tugas yang diperlukan untuk melengkapi produksi suatu produk. Ada suatu kebutuhan ke pada waktu tertentu meninjau ulang untuk menentukan jika halhal dapat ditingkatkan.

13 4/12/2015 RATNA JUWITA 13 Penjadwalan (scheduling) Production Schedule Sebuah rencana waktu dan volume tugas produksi. Perencanaan sumber daya perusahaan (enterprise resource planning-ERP) Techniques used in scheduling - Gantt chart Memperkirakan waktu untuk masing-masing tugas dalam proses produksi. - PERT chart Skedul tugas-tugas untuk mengurangi kelambatan dalam proses produksi.

14 Gan Chart Pekerjaan ProduksiMinggu 1 Minggu 2 Minggu 3 Minggu 4Minggu 5 1. Memproduksi bahan kimia X. 2. Memproduksi bahan kimia Y. 3. Mencampur bahan kimia X dan Y dalam sebuah tangki untuk membuat bahan kimia Z. 4. Menuangkan bahan kimia Z ke dalam 500 kontainer satu galon. 5. Mengemas kontainer satu galon ke dalam peti.


Download ppt "Produktivitas dan Mutu PERTEMUAN 14. 4/12/2015 RATNA JUWITA 2 2 Meningkatkan Produktivitas dan Mutu Manajemen Produksi Perusahaan Jumlah Sumber Daya Manusia,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google