Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SUKU BUNGA PERTEMUAN 5 Icha Fajriana, S.I.A. Bunga Bank Balas jasa yang diberikan oleh bank yang berdasarkan prinsip konvensional kepada nasabah yang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SUKU BUNGA PERTEMUAN 5 Icha Fajriana, S.I.A. Bunga Bank Balas jasa yang diberikan oleh bank yang berdasarkan prinsip konvensional kepada nasabah yang."— Transcript presentasi:

1 SUKU BUNGA PERTEMUAN 5 Icha Fajriana, S.I.A

2 Bunga Bank Balas jasa yang diberikan oleh bank yang berdasarkan prinsip konvensional kepada nasabah yang membeli atau menjual produknya. Harga yang harus dibayar kepada nasabah (yang memiliki simpanan) dengan yang harus dibayar oleh nasabah kepada bank (nasabah yang memperoleh pinjaman)

3 Jenis-jenis Bunga Bank 1.Bunga simpanan bunga yang diberikan sebagai rangsangan atau balas jasa bagi nasabah yang menyimpan uang di bank. 2.Bunga pinjaman bunga yang diberikan pada para peminjam atau harga yang harus di bayar oleh nasabah peminjam kepada bank.

4 Faktor-faktor yang Mempengaruhi Suku Bunga  Kebutuhan dana  Persaingan  Kebijaksanaan pemerintah  Target laba yang diinginkan  Jangka waktu  Kualitas jaminan  Reputasi perusahaan  Produk yang kompetitif  Hubungan baik  Jaminan pihak ketiga

5 Komponen-komponen dalam Menentukan Bunga Kredit  Total biaya dana (cost of fund)  Biaya operasi  Cadangan risiko kredit macet  Laba yang diinginkan  Pajak

6 Total biaya dana (cost of fund) 1.Total bunga yang dikeluarkan oleh bank untuk memperleh dana simpanan baik dalam bentuk simpanan giro, tabungan maupn deposito. 2.Total biaya dana tergantung dari seberapa besar bunga ditetapkan untuk memperoleh dana yang diinginkan. 3.Semakin besar bunga yang dibebankan terhadap bunga simpanan, semakin tinggi pula biaya dananya, demikian juga sebaliknya. 4.Total biaya dana harus dikurangi dengan RR yang ditetapkan oleh pemerintah.

7 Biaya operasi Biaya yang dikeluarkan oleh bank dalam melaksanakan dalam melaksanakan kegiatan operasional.

8 Cadangan risiko kredit macet  melihat kondisi pesaing.  melihat kondisi nasabah.  melihat sektor-sektor yang dibiayai.

9 Pajak Kewajiban yang dibebankan pemerintah kepada bank yang memberikan fasilitas kredit kepada nasabahnya.

10 Contoh: PT Bank MArindo menentukan suku bunga deposito sebesar 18% PA kepada para deposannya. Cadangan wajib (RR) yang ditetapkan pemerintah adalah 5%. Kemudian biaya operasi yang dikeluarkan adalah 6% dan cadangan risiko kredit macet 1%. Laba yang diinginkan adalah 5% dan pajak 20%. Pertanyaan: Hitung berapa bunga kredit yang diberikan (based lending rate) kepada debiturnya (peminjam).

11 Cost of Fund = Bunga yang dibebankan 100% - Cadangan wajib

12 Jenis-jenis Pembebanan Suku Bunga Kredit 1)Metoda sliding rate 2)Metoda flat rate 3)Metoda floating rate

13 Metoda sliding rate 1.Pembebanan bunga setiap bulan dihitung dari sisa pinjamannya sehingga jumlah bunga yang dibayar nasabah setiap bulan menurun seiring dengan turunnya pokok pinjaman. 2.Pembayaran pokok pinjaman setiap bulan sama. Cicilan nasabah (pokok pinjaman ditambah bunga) otomatis dari bulan ke bulan semakin menurun. 3.Biasanya diberikan pada sektor produktif, dengan maksud nasabah tidak terbebani terhadap pinjamannya.

14 Contoh: PT. Sungailiat telah memperoleh persetujuan fasilitaskredit dari Bank Marass senilai Rp ,-. Jangka waktu kredit adalah 1 tahun (2 bulan). Bunga dibebankan sebesar 24% setahun. Disamping itu, PT. Sungailiat dikenakan biaya administrasi sebesar Rp ,-. Kredit terseut dapat langsung ditarik sekaligus dari rekening gironya. Pertanyaan: Hitunglah dengan menggunakan metode sliding rate jumlah angsuran setuiap bulan berikut tabel perhitungannya secara lengkap.

15 Jawab: Pokok Pinjaman (PJ) setiap bulan adalah sama: PJ = Rp ,- 12 bulan = Rp ,- perbulan Bunga = % bunga 1 tahun x (sisa pinjaman) 12 bulan

16 Angsuran bulan ke-1: pokok pinjaman= Rp ,- jumlah angsuran 1= Rp ,- Bunga = 24% x Rp ,- 12 bulan = Rp ,-

17 Angsuran bulan ke-2: pokok pinjaman= Rp ,- jumlah angsuran 1= Rp ,- Bunga = 24% x Rp ,- 12 bulan = Rp ,-

18 Metoda flat rate Pembebanan bunga setiap bulan tetap dari jumlah pinjaman. Pokok injaman setiap bulan dibayar sama sehingga cicilan setiap bulan sampai kredit lunas. Diberikan pada kredit konsumtif.

19 Menghitung pokok pinjaman (PJ) per bulan PJ = Jumlah pinjaman Jangka waktu PJ = Rp ,- 12 bulan Rp ,- perbulan =

20 Menghitung bunga (BG) perbulan BG = Bunga x Nominal pinjaman 12 bulan X 1 BG = Rp ,- BG = 24%x Rp ,- 12 bulan


Download ppt "SUKU BUNGA PERTEMUAN 5 Icha Fajriana, S.I.A. Bunga Bank Balas jasa yang diberikan oleh bank yang berdasarkan prinsip konvensional kepada nasabah yang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google