Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

REFERENSI: 1.Klopfer, Kare. Weed It! For an Attractive and Useful Collection ml.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "REFERENSI: 1.Klopfer, Kare. Weed It! For an Attractive and Useful Collection ml."— Transcript presentasi:

1 REFERENSI: 1.Klopfer, Kare. Weed It! For an Attractive and Useful Collection ml 2.Pribadi, Benny A. dan Yuni Katrin (2008) Buku Materi Pokok: Media Teknologi. Jakarta: Universitas Terbuka. 3.Purwono (2009) Buku Materi Pokok: Dasar-dasar Dokumentasi. Jakarta: Universitas Terbuka. SHELVING/SUSUNAN BAHAN PUSTAKA

2 Dokumen perlu disusun di rak Shelving Pengerakan atau Merupakan salahsatu perawatan dan pelestarian pustaka

3 SHELVING: salah satu kegiatan perawatan bahan pustaka, yaitu penempatan atau penyusunan bahan pustaka dengan sistem tertentu.

4 Dokumen yang telah diproses perlu disusun di rak (shelf arrangement). Dokumen tersebut diberikan sarana untuk temu kembali yang berupa rekaman bibliografi (bibliographic record) yang disebut katalog.

5 Tujuan dari kegiatan penempatan bahan pustaka adalah: 1.memudahkan pengguna dalam menemukan kembali informasi/bahan pustaka, 2.memudahkan pustakawan dalam menata dan menempatkan bahan pustaka, 3.menciptakan keindahan/nilai estetika susunan koleksi pustaka, 4.melestarikan fisik bahan pustaka, 5.melestarikan informasi yang terkandung dalam bahan pustaka. Sasaran kegiatan ini semua jenis bahan pustaka: 1.yang telah melalui proses pengolahan, 2.yang telah selesai dibaca/dimanfaatkan pengguna, 3.yang telah dikembalikan dari peminjaman, 4.yang telah diterima dari penjlidan/perbaikan.

6 1.Atas dasar fisik/format bahan pustaka: buku, majalah/jurnal/audio-visual 2.Atas dasar sifat/tujuan: 3.Atas dasar subyeknya (Notasi) Buku Fiksi Audiovisual Non Fiksi Geografi: Indonesia, Amerika, Inggris, dll. pengguna : anak- anak, remaja, orangtua textbook non-textbook majalah: oilmiah opopuler Susunan Bahan Pustaka

7 Susunan dokumen juga berfungsi sebagai sarana temu kembali. Ada dua sistem penempatan dokumen: 1)Penempatan tetap (fixed location/order): mempunyai tempat tetap, disusun menurut urutan penerimaan, ukuran atau ciri non fisik, susunan tidak bisa dipakai sebagai sarana temu kembali. 2)Penempatan relatif (relative location/code): disusun berdasarkan isinya (subjek)/nomor klas/notasi, dapat dipindah atau digeser, dokumen baru bisa disisipkan, bisa untuk “browsing”, bisa dijadikan sarana temu kembali.

8

9 R Dia d Jenis koleksi Notasi DDC 3 digid nama 1 digid judul

10 Notasi DDC DDC merupakan klasifikasi persepuluhan Dewey yang menganut prinsip desimal untuk membagi semua bidang ilmu pengetahuan. Notasi DDC sekurang-kurangnya terdiri dari 3 digit. Contoh pembagian kelas utama, sub klas (devisi), Seksi (sub devisi), dan sub seksi (sub sub devisi):

11

12

13

14

15


Download ppt "REFERENSI: 1.Klopfer, Kare. Weed It! For an Attractive and Useful Collection ml."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google