Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Yang akan dibahas dalam bab ini adalah hubungan antara tekanan (P), volume molar (V), dan temperatur (T) untuk senyawa murni. Senyawa murni selalu homogen.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Yang akan dibahas dalam bab ini adalah hubungan antara tekanan (P), volume molar (V), dan temperatur (T) untuk senyawa murni. Senyawa murni selalu homogen."— Transcript presentasi:

1

2 Yang akan dibahas dalam bab ini adalah hubungan antara tekanan (P), volume molar (V), dan temperatur (T) untuk senyawa murni. Senyawa murni selalu homogen. Senyawa murni dapat berada dalam dua fasa lebih, tetapi masing-masing fasa harus memiliki komposisi kimia yang sama. PENDAHULUAN

3 solid liquid vapor (a)(b)(c)(d) PERMUKAAN P-V-T

4 Cair Padat cair jenuh uap jenuh V T uap Diagram TV garis isobaris

5 V = 1/ T Diagram TV P1P1 P2P2 P3P3

6

7 Diagram PV Garis isotermal

8 Diagram PV

9

10 Jika kita ikuti garis isotermal pada temperatur kritik, maka akan kita sadari bahwa titik kritik merupakan titik belok dari kurva isotermal tersebut. Kondisi kritikalitas:

11 Diagram PT   Temperature Pressure TcTc PcPc Fluid region Solid region Liquid region Vapor region Gas region Fusion curve Sublimation curve Triple point Critical point Vaporization curve

12

13

14

15 Diagram PVT Solid and liquid Constant- pressure line Constant-T line Volume, V Pressure, P Temperature, T

16 Di daerah satu fasa berlaku: f(P, V, T) = 0 V = V(T, P)

17 Volume expansivity: Isothermal compressibility: (1) (2) (3) Persamaan (2) dan (3) dimasukkan ke pers. (1): (4)

18 Untuk fasa cair: sangat curam  (  V/  P) T <<    0 sangat dekat  (  V/  T) P <<    0 INCOMPRESSIBLE FLUID

19 Di daerah yang jauh dari titik kritik,  dan  tidak terlalu dipengaruhi oleh T dan P, sehingga persamaan (4) dapat diintegralkan menjadi: (5) Untuk cairan  dan  selalu positif, kecuali untuk air di antara 0  C dan 4  C.


Download ppt "Yang akan dibahas dalam bab ini adalah hubungan antara tekanan (P), volume molar (V), dan temperatur (T) untuk senyawa murni. Senyawa murni selalu homogen."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google