Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KELOMPOK 2 Disusun Oleh : Dio Sudiarto Ramdhani Purnomo Eka Syita Purnamadewi (3215096538)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KELOMPOK 2 Disusun Oleh : Dio Sudiarto Ramdhani Purnomo Eka Syita Purnamadewi (3215096538)"— Transcript presentasi:

1 KELOMPOK 2 Disusun Oleh : Dio Sudiarto Ramdhani Purnomo Eka Syita Purnamadewi ( )

2 PENGERTIAN TES Menurut Sudijono, tes adalah alat atau prosedur yang dipergunakan dalam rangka pengukuran dan penilaian. Menurut Bruce, tes dapat digunakan untuk mngukur banyaknya pengetahuan yang diperoleh individu dari suatu bahan pelajaran yang terbatas pada tingkat tertentu.

3 FUNGSI TES 1.Tes sebagai alat untuk mengukur prestasi belajar siswa 2.Tes sebagai motivator dalam pembelajaran 3.Tes dapat mengupayakan perbaikan kualitas pembelajaran 4.Tes dapat menentukan berhasil atau tidaknya siswa

4 PENGERTIAN TES LISAN Tes lisan adalah tes yang pelaksanaannya dilakukan dengan mengadakan tanya jawab secara langsung antara pendidik dan peserta didik. Tes ini termasuk kelompok tes verbal, yaitu tes soal dan jawabannya menggunakan bahasa lisan.

5 Macam-macam Tes Lisan 1.Tes Lisan Bebas 2.Tes Lisan Berpedoman

6 Tes Lisan Berpedoman Tes lisan berpedoman, yaitu pendidik menggunakan pedoman tertulis tentang apa yang akan ditanyakan kepada peserta didik. Contoh : Apa yang dimaksud dengan listrik statis ?

7 Tes Lisan Bebas Tes lisan bebas, yaitu pendidik dalam memberikan soal kepada peserta didik tanpa menggunakan pedoman yang dipersiapkan secara tertulis. Contoh: Mengapa penggaris yang digosok- gosok pada rambut dapat menempel ke penggaris?

8 Kelebihan dan Kekurangan Tes Lisan Kelebihan Dapat menilai kepribadian dan pengetahuan peserta didik Dapat mengubah pertanyaan bila kurang jelas Hasil tes dapat langsung diketahui peserta didik. Dapat mengevaluasi kemampuan penalaran dan bahasa lisan peserta didik Tidak mungkin terjadi penyontekan Kekurangan Subjektivitas pendidik sering mengganggu hasil tes Memerlukan waktu yang lama sehingga tidak ekonomis Jika peserta didik memiliki sifat gugup dapat mengganggu kelancaran menjawab Pertanyaan yang diajukan tidak selalu sama pada tiap peserta didik

9 Merancang soal tes lisan Soal tes lisan diberikan kepada seorang peserta didik pada waktu terterntu sehingga: 1.Pertanyaan atau petunjuk disampaikan secara lisan 2.Peserta didik secara lisan menanggapi setiap pertanyaan atau petunjuk yang disampaikan 3.Pertanyaan atau petunjuk berikutnya mungkin dipengaruhi oleh tanggapan yang diberikan oleh peserta sebelumnya 4.Kunci skoring dibuat sedemikian rupa sehingga penguji : a. mencatat atau memberikan tanda pada format penilaian b. menetapkan skor atau hasil dari soalnya setelah selesai tes lisan.

10 Gagasan dalam Memilih Soal Tes Lisan Menjelaskan Beralih (mencabang) dan mengorek Tes lisan sebagai tindak lanjut soal yang lain

11 Gagasan dalam Memilih Soal Tes Lisan Penggunaan alat perekam Keterpakaian yang rendah Meminimalkan pengaruh penanya

12 Manfaat Tes Lisan Mengembangkan pemahaman peserta didik Mengembangkan kemampuan berpikir dan membuat keputusan Mengaktifkan kedua belah pihak pendidik dan peserta didik

13 Daftar Pustaka Ngalami,Purwanto Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Penerbit Remadja Karya CV. Muljono,Pudji danDjaali Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan.Jakarta: UNJ Cangelosi, James Merancang Tes Untuk Menilai Prestasi Siswa. Bandung: ITB

14 pertanyaan Benedictus; maksud tes sebagai perbaikan pembelajaran?. Indah ; mengapa “Pertanyaan yang diajukan tidak selalu sama pada tiap peserta didik” dimasukan sebagai kelemahan? Ian; bagaimana cara penilaian tes lisan?, indikator?, Adi; contoh tes lisan dalam menggali pertanyaan awal tentang kinetik gas.? Arif; seberapa luaskah untuk mengetahui pengetahuan siswa SMA?.

15 Contoh Macam tes lisan, Maksud dapat mengganti pertanyaan kurang jelas. mengganti soal untuk memotivasi, dengan menggunakan clue. Maksud subjektivitas guru Kunci skoring dibuat, apakah digunakan di tes lisan bebas dan berpedoman. Maksud taksa? Tes lisan sebagai tindak lanjut soal yang lain Kelebihan dan kelemahan tes lisan bebas dan tes lisan berpedoman.


Download ppt "KELOMPOK 2 Disusun Oleh : Dio Sudiarto Ramdhani Purnomo Eka Syita Purnamadewi (3215096538)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google