Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

FILUM CHORDATA 1.SEBUAH NOTOCHARD, SUATU PENUNJANG TUBUH SEPERTI BATANG DARI SEL-SEL YANG TERDIRI ATAS MATRIKS GELATIN YANG DISELUBUNGI BENANG-BENANG JARINGAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "FILUM CHORDATA 1.SEBUAH NOTOCHARD, SUATU PENUNJANG TUBUH SEPERTI BATANG DARI SEL-SEL YANG TERDIRI ATAS MATRIKS GELATIN YANG DISELUBUNGI BENANG-BENANG JARINGAN."— Transcript presentasi:

1 FILUM CHORDATA 1.SEBUAH NOTOCHARD, SUATU PENUNJANG TUBUH SEPERTI BATANG DARI SEL-SEL YANG TERDIRI ATAS MATRIKS GELATIN YANG DISELUBUNGI BENANG-BENANG JARINGAN IKAT. 2.SEBUAH BENANG SARAF DORSAL, DI DALAMNYA BOLONG. 3.CELAH INSANG BERPASANGAN, TERLETAK DI ANTARA PHARYNX DAN BAGIAN LUAR. PADA BEBERAPA STADIA DALAM DAUR HIDUPNYA MEMPUNYAI : 4.EKOR TERLETAK DI BELAKANG ANUS.

2

3 SUBFILUM UROCHORDATA (TUNICA) 1.HANYA PADA STADIUM LARVA TERDAPAT NOTOCHORD, BENANG SYARAF DORSAL YANG BOLONG DAN EKOR POST-ANAL. 2.TIDAK ADA RONGGA TUBUH, ALAT EKSKRESI MAUPUN SEGMENTASI. 3.SELURUH TUBUH TERTUTUP TUNIC, CANGKANG ATAU “RUMAH”, BIASANYA TERDIRI ATAS SELULOSA DAN PROTEIN. 4.SALURAN PENCERNAAN BENTUK U; PHARYNX BESAR SEBAGAI FILTER FEEDER. 5.HERMAFRODIT; SESSILE ATAU BERENANG BEBAS; SOLITER ATAU KOLONI; 1300 SPESIES, SEMUA DI LAUT.

4 KELAS 1. ASCIDIACEA (SEA SQUIRT, SEMPROTAN AIR) 1.BENTUK TUBUH SEPERTI BALON; MENEMPEL DI SUBSTRAT; UJUNG YANG BEBAS MEMPUNYAI 2 BUKAAN. SIFON AIR MASUK DAN KELUAR (ATRIUM). 2.KOLONI ATAU SOLITER; SEBESAR BUTIR JAGUNG - KENTANG. 3.PEMBUAHAN DI LUAR, TELUR MENETAS MENJADI LARVA APPENDICULARIA ATAU “TADPOLE LARVA”, LARVA BERUDU YANG BERENANG BEBAS. BEBERAPA HARI - MENEMPEL PADA BAGIAN ANTERIOR DENGAN PAPILA PEREKAT - METAMORFOSA - EKOR DAN NOTOCHORD HILANG, TERJADI PERPUTARAN SIFON AIR. BERUMUR SAMPAI 3 TAHUN.

5 Anatomi Tubuh Kelas Ascidiacea

6 Clavelina, SUATU ASCIDIAN DENGAN ABDOMEN YANG PANJANG

7 Urochordata: metamorphosed adult (b) and free-swimming larvae (c)

8 CONTOH ORGANISME DARI KELAS ASCIDIACEA

9 KELAS 2. THALIACEA 1.HIDUP SEBAGAI PLANKTON DI LAUT TROPIS DAN SUBTROPIS (UMUMNYA). KOLONI :Pyrasoma (BEBERAPA SPESIES SAMPAI 2 M, BIOLUMINESCENCE), SEBUAH CLOACA BESAR. SOLITER :Salpa, Doliolum. 2.BENTUK TUBUH SEPERTI TONG AIR; SIFON AIR MASUK DAN KELUAR TERLETAK DI UJUNG BERLAWANAN. ALIRAN AIR BERFUNGSI GANDA : PERNAFASAN DAN TENAGA GERAK.

10

11 CONTOH DOLIOLIDA. A, Doliolum; B, FASE REPRODUKSI SEKSUAL; C, FASE REPRODUKSI ASEKSUAL (A MENURUT YAMAJI, 1979, B DAN C MENURUT BARNES dkk, 1993)

12 CONTOH SALPIDA. A, Salpa fusiformis; B, FASE REPRODUKSI SEKSUAL; C, FASE REPRODUKSI ASEKSUAL (A MENURUT YAMAJI, 1979, B DAN C MENURUT BARNES dkk, 1993)

13 1.DISEBUT LARVACEA KARENA YANG DEWASA neotenic DAN TETAP MEMPUNYAI SIFAT-SIFAT LARVA; YAITU MEMPUNYAI EKOR POSTERIOR SEPERTI LARVA BERUDU ASCIDIAN. KELAS 3. LARVACEA (APPENDICULARIA) 2.KECIL - BEBERAPA MM, TRANSPARAN, HOLOPLANKTON. Oikopleura

14 SUBFILUM CEPHALOCHORDATA Bentuk cephalochordata mirip dengan ikan kecil, panjang 4 – 8 cm, pipih secara lateral, bentuk kepala tidak jalas, kedua ujungnya meruncing. Kelompok hewan yang dalam perjalanan evolusinya merupakan penghubung antara avertebrata dan vertebrata. Cephalochordata atau Acrania, biasa disebut lancelet, merupakan hewan bentik yang hidup di pasir yang dangkal.

15 Sistem pencernaan amphioxus mirip hemichordata, urochordata dan vertebrata primitif. Sistem pembuluh darah sudah berkembang baik, terdiri atas arteri, pembuluh vena dan pembuluh kapiler, namun tidak ada jantung yang khusus. Pada tiap ruas myomere di daerah insang terdapat sepasang nephridia. Semua cephalochordata dioecious, pembuahan di luar, jumlah gonad bervariasi.

16 Anatomi Tubuh Subfilum Cephalochordata

17


Download ppt "FILUM CHORDATA 1.SEBUAH NOTOCHARD, SUATU PENUNJANG TUBUH SEPERTI BATANG DARI SEL-SEL YANG TERDIRI ATAS MATRIKS GELATIN YANG DISELUBUNGI BENANG-BENANG JARINGAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google