Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SISTEM INFORMASI ENTERPRISE “PENERAPAN ERP PADA PT.TELKOMSEL” JOHANNES SETIADI TARIGAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SISTEM INFORMASI ENTERPRISE “PENERAPAN ERP PADA PT.TELKOMSEL” JOHANNES SETIADI TARIGAN."— Transcript presentasi:

1 SISTEM INFORMASI ENTERPRISE “PENERAPAN ERP PADA PT.TELKOMSEL” JOHANNES SETIADI TARIGAN

2 Profil PT TELKOMSEL PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (“TELKOM”, “Perseroan”, atau “Perusahaan”) adalah penyedia layanan telekomunikasi dan jaringan terbesar di Indonesia. Pada awalnya di kenal sebagai sebuah badan usaha swasta penyedia layanan pos dan telegrap atau dengan nama “JAWATAN”. PT Telkomsel merupakan anak perusahaan dari PT Telkom Indonesia dengan nilai saham sebesar 65 % dan Singapore Telecom (Singtel) dengan nilai saham 35% yang berdiri pada tanggal 26 Mei tahun 1995.

3 Sejarah yang singkat untuk menjadi operator GSM 24 Agustus Desember 1993 November 1993 Oktober 1993

4 Sejarah yang singkat untuk menjadi operator GSM 20 April Desember Maret Mei November 1994

5 Slogan, Visi, Misi dan Budaya Perusahaan SLOGAN ”Paling Indonesia ” VISI “The Best and Leading Mobile Lifestyle and Solutions Provider in The Region” MISI “ Deliver Mobile Lifestyle Services and Solution in Excelent Way That Exceed Customer Expectation, Create Value for All Stakeholder and The Economic Development of The Nation” BUDAYA 1) Customer Intimacy 2) Profesionalis m 3) Teamwork 4) Integrity

6 LAYANAN TELEKOMUNIKASI TELKOM: Telepon Telepon tetap (PSTN), layanan telepon tetap yang hingga kini masih menjadi monopoli TELKOM di Indonesia Telkom Flexi, layanan telepon fixed wireless CDMA Data/InterneT - TELKOMNet Instan, layanan akses internet dial up - TELKOMNet Astinet, layanan akses internet berlangganan dengan fokus perusahaan - Speedy, layanan akses internet dengan kecepatan tinggi (broad band) menggunakan teknologi ADSL - e-Business (i-deal, i-manage, i-Settle, i-Xchange, TELKOMWeb Kiostron, TELKOMWeb Plazatron) - Solusi Enterprise- INFONET - TELKOMLink DINAccess

7 PRODUK-PRODUK DARI PT TELKOMSEL Kartu HALO simPATI Kartu AS TELKOMSEL Flash

8 ENTERPRISE RESOURCE PLANNING Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan sistem pemroses transaksi serta sistem yang dapat mengintegrasikan antar departemen. Sistem ERP berbeda dengan pendekatan sebelumnya untuk mengembangkan atau membeli aplikasi bisnis setidaknya dalam dua hal yaitu:  modul ERP telah didesain untuk merefleksikan cara melakukan bisnis, khususnya seperangkat proses bisnis.  modul ERP terintegrasi, terutamaseperangkat definisi dan data base. Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan sistem pemroses transaksi serta sistem yang dapat mengintegrasikan antar departemen. Sistem ERP berbeda dengan pendekatan sebelumnya untuk mengembangkan atau membeli aplikasi bisnis setidaknya dalam dua hal yaitu:  modul ERP telah didesain untuk merefleksikan cara melakukan bisnis, khususnya seperangkat proses bisnis.  modul ERP terintegrasi, terutamaseperangkat definisi dan data base.

9 ERP di PT Telkomsel ERP yang digunakan oleh PT. TELKOMSEL adalah SAP R/3 Enterprise. Diterapkannya alat bantu ERP ini dikarenakan tuntutan suatu perusahaan untuk mengikuti standar internasional, legacy information system, bagaimana peran penjualan, analisis terhadap biaya, dan bagaimana penulisan best practice, best process dan best functionality ke dalam suatu perangkat lunak.

10 LATAR BELAKANG PENERAPAN ERP Sejak tahun 2002, Telkomsel IT Enterprise Team yang berlokasi di Bandung, telah menyiapkan pola dan bibit terbaik teknologi yang dapat mengakomodasi semua permintaan pasar telekomunikasi di Indonesia yang tumbuh dengan luar biasa cepat. System yang tersedia diharapkan mampu mengimbangi pertumbuhan pelanggan baik fixed maupun selular. Maka PT Telkom memutuskan untuk melakukan Upgread pada system yang sudah dimiliki saat ini.

11 KENAPA PERUSAHAAN TERSEBUT MENGGUNAKAN ERP Alasan – alasan yang mendasari pemilihan system SAP R/3 Enterprise adalah : SAP R/3 Enterprise menawarkan “best price”, kemampuan yang handal, dan memiliki catatan prestasi pada bisnis telekomunikasi. Kebutuhan untuk mentransformasi PT Telkom menjadi operator kelas dunia dengan sistem “benchmark” kelas dunia juga yang menawarkan peningkatan kualitas pada infrastruktur IT yang sudah ada sebelumnya dengan “zero defect process”.

12 Bagi perusahaan sendiri, manfaat utama yang didapat adalah integrasi dari komponen – komponen yang ada di dalam perusahaan. Bisnis telekomunikasi merupakan bisnis dengan tingkat perubahan yang cukup tinggi. Lingkungan ini menuntut perusahaan untuk dapat bergerak cepat dan responsif terhadap perubahan. PT Telkom menerapkan sistem ERP berbasi SAP dengan tujuan yang sama yaitu meningkatkan integrasi antar unit – unit bisnis yang ada di dalam nya ( HR finance, marketing dan finance ).

13 KELEMAHAN DAN KELEBIHAN ERP YANG DIGUNAKAN PERUSAHAAN PT TELKOMSEL KELEBIHANKELEBIHAN  PT Telkom dapat membuat forecasting dan estimasi dalam rangka analisa konsumen dengan lebih akurat.  Integrasi yang lebih baik dengan pelanggan dan vendor.  Penerapan modul tambahan dari SAP yaitu SAP HR dan SAP Project System, Telkom mampu membuat organisasi bisnisnya menjadi lebih efisien dan dapat mengurangi jumlah karyawannnya yang diatas 3500 menjadi 2700 orang.  Untuk memerikasa keuangan atau profit bias lebih cepat  System sudah terintegrasi  Untuk penyediaan bias melihat data gudang dan penjualan  Lebih mudah untuk pembuatan laporan  Mempermudah proses audit.  Standarisasi proses operasi melalui implementasi best practice sehingga terjadi peningkatan produktivitas dan peningkatan kualitas produk.  Standarisasi data dan informasi melalui keseragaman laporan.  PT Telkom dapat membuat forecasting dan estimasi dalam rangka analisa konsumen dengan lebih akurat.  Integrasi yang lebih baik dengan pelanggan dan vendor.  Penerapan modul tambahan dari SAP yaitu SAP HR dan SAP Project System, Telkom mampu membuat organisasi bisnisnya menjadi lebih efisien dan dapat mengurangi jumlah karyawannnya yang diatas 3500 menjadi 2700 orang.  Untuk memerikasa keuangan atau profit bias lebih cepat  System sudah terintegrasi  Untuk penyediaan bias melihat data gudang dan penjualan  Lebih mudah untuk pembuatan laporan  Mempermudah proses audit.  Standarisasi proses operasi melalui implementasi best practice sehingga terjadi peningkatan produktivitas dan peningkatan kualitas produk.  Standarisasi data dan informasi melalui keseragaman laporan.

14 KELEMAHAN DAN KELEBIHAN ERP YANG DIGUNAKAN PERUSAHAAN PT TELKOMSEL KELEMAHANKELEMAHAN  Proses belajar yang berbeda – beda dari tiap cabang menuntut dibentuknya tim pendampingan khusus yang bertugas mendampingi cabang yang lambat perkembangannya.  Tenggang waktu untuk running system yang sangat pendek.  Masih banyak karyawan yang belum mengerti tentang ERP (dalam pelaksanaannya)  Masih belum semua modul yang ada di ERP itu diterapkan dalam Telkom  Proses belajar yang berbeda – beda dari tiap cabang menuntut dibentuknya tim pendampingan khusus yang bertugas mendampingi cabang yang lambat perkembangannya.  Tenggang waktu untuk running system yang sangat pendek.  Masih banyak karyawan yang belum mengerti tentang ERP (dalam pelaksanaannya)  Masih belum semua modul yang ada di ERP itu diterapkan dalam Telkom

15 KESIMPULAN PT. TELKOMSEL adalah salah satu perusahaan yang sudah menerapkan ERP ke dalam fungsi bisnisnya ERP yang digunakan oleh PT. TELKOMSEL adalah SAP R/3 Enterprise. ERP memberikan manfaat utama berupa sinkronisasi dan integrasi didalam perusahaan. Integrasi memberikan peluang bagi perusahaan untuk lebih cepat dan efisien dalam menjalankan proses bisnisnya Terdapat Kelebihan dan Kekurangan dari ERP yang diterapkan di PT. TELKOMSEL. Implementasi ERP pada perusahaan dapat memberikan banyak keuntungan asalkan mampu diimplementasi dengan baik

16 THANKS FOR YOUR ATTENTION


Download ppt "SISTEM INFORMASI ENTERPRISE “PENERAPAN ERP PADA PT.TELKOMSEL” JOHANNES SETIADI TARIGAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google