Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MATERI 4 WARALABA b Usaha Waralaba (franchising)akhir-akhir berkembang pesat di Indonesia. b Usaha ini dipelopori oleh pengusaha- pengusaha Amerika. b.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MATERI 4 WARALABA b Usaha Waralaba (franchising)akhir-akhir berkembang pesat di Indonesia. b Usaha ini dipelopori oleh pengusaha- pengusaha Amerika. b."— Transcript presentasi:

1 MATERI 4 WARALABA b Usaha Waralaba (franchising)akhir-akhir berkembang pesat di Indonesia. b Usaha ini dipelopori oleh pengusaha- pengusaha Amerika. b Usaha ini menjual atau mendistribusikan produk negara Amerika dipasaran di Indonesia atau negara lain diluar Amerika. b Produk Mc Donald,Kentucky dll.

2 Definisi Franchising oleh: Hisrich -Peters (1995:513) b Adalah sebagai pelimpahan dari pabrikan atau distributor suatu produk atau jasa yang diberikan kepada agen-agen lokal atau pengecer dengan membayar sejumlah royalti.

3 Definisi Bygrave (1994:353) b Adalah: merupakan sebuah peluang bisnis dimana pemilik,produsen atau distributor sebagai franchisor dari barang dan jasa atau merek tertentu memberi hak kepada individu atau franchising untuk menjadi agen lokal dari barang dan jasa dan sebagai imbalannya menerima pembayaran atau royalti yang telah ditetapkan.

4 Siapa FRANCHISOR &FRANCHISEE b Franchisor adalah orang yang memberikan franchising. b Franchisee adalah orang yang menerima francising

5 PELAKSANAAN FRANCHISING b Perlu ada kontrak antara Franchisor dan franchisee. b Dibuat format kontrak mencakup rencana pemasaran,prosedure aliran dokumen,pelaksanaan bantuan.dan usaha pengembangan bisnis. b Kontrak franchising disebut license agreement atau franmchising contract.

6 Produk apa yang dapat dijadikan FRANCHISING b Barang/jasa yang telah mempunyai pasaran luas dan citra unggul. b Formula paten atau desain tertentu b Nama dagang atau merek dagang. b Konsultan manajemen keuangan /pengawasan b Promosi advertising dan pembelian b Kantor Pusat Pelayanan

7 KEUNTUNGAN FRANCHISING b Resiko yang ditanggung tidak sebesar memulai usaha baru dari awal. b Produk yang ditawarkan telah memasuki pasaran luas dan diterima umum. b Memiliki keahlian manajemen. b Memberikan pelatihan dibidang akunting,personalia,marketing dan produksi.

8 b Kelengkapan modal melingkupi fasilitas perlengkapan,tata letak,kontrol persediaan. b Pengtahuan tentang pasar bagus,maka franchising akan mampu menyusun perencanaan pasar. b Tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk memperkenalkan produk. b Kualitas produk tetap dijaga.

9 WARALABA dibedakan 3 b Pemberi waralaba memiliki:. Merek dagang.Merek dagang. Memberi lisensiMemberi lisensi mendapatkan imbalan royaltimendapatkan imbalan royalti b Pewaralaba diharuskan membayar kewajiban untuk menjadi suatu bagian sistem. b Pemberi waralaba menyediakan suatu sistem pemasaran dan operasi menjalankan kegiatan bisdnis.

10 Waralaba fast food Mc Donald b Jumlahnya mencapai buah diseluruh dunia. b Lokasi bisnis tersebar didaerah strategis seperti Bandara,Stadion Olahraga,Kampus,Tempat strategis,Rumah Sakit,Taman Hiburan,Gedung gedung.hotel- hotel,kapal fery,


Download ppt "MATERI 4 WARALABA b Usaha Waralaba (franchising)akhir-akhir berkembang pesat di Indonesia. b Usaha ini dipelopori oleh pengusaha- pengusaha Amerika. b."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google