Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 Pertemuan > >. 2 Outline Materi Pengumpulan dan analisis kebutuhan database dengan metode fact finding  Mempelajari dokumen  Interview  Observasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 Pertemuan > >. 2 Outline Materi Pengumpulan dan analisis kebutuhan database dengan metode fact finding  Mempelajari dokumen  Interview  Observasi."— Transcript presentasi:

1 1 Pertemuan > >

2 2 Outline Materi Pengumpulan dan analisis kebutuhan database dengan metode fact finding  Mempelajari dokumen  Interview  Observasi sistem berjalan  Penelitian/reset  Kuestioner

3 3 Teknik Fact-Finding Secara kritis menangkap fakta penting yang dibutuhkan untuk membangun suatu aplikasi database. Fakta ini ditangkap dengan teknik fact-finding. Proses secara formal digunakan teknik interview dan kuestioner untuk mengumpulkan fakta mengenai sistem, requirement, and preferensi.

4 4 Kapan teknik Fact-Finding Digunakan ? Penggunaan Fact-finding merupakan bagian dari penerapan database lifecycle. Ini secara krusial dibutuhkan sebelum melakukan perencanaan database, mendefinisikan sistem, dan pengumpulan dan analisis requirements. Cara pengembang untuk mempelajari about terminologi, problem, keuntungan, kendala, requirements, and prioritas dari organisasi dan sistem yang diinginkan.

5 5 Teknik Fact-Finding Pengembang Database normalnya menggunakan beberapa teknik fact- finding selama mengerjakan proyek database antaralain : mempelajari documentasi, interview, observasi organisasi saat operasi, penelitian, questionnaires.

6 6 Contoh pengumpulan data dan prosedur dokumentasi untuk setiap tahap database application lifecycle Tahap Database Lifecycle Contoh Data TerkumpulContoh Prosedur Dokumen Perencanaan DatabaseTujuan dan Obyek Proyek Database Statmen misi dan obyek penerapan database Pendefinisisan SistemMenguraikan kebutuhan utama dari user Menentukan Skope dan Ruang Lingkup Database Pengumpulan Requirement Database Requirement dari sistem dan view user Spesifikasi user dan requirement sistem. Rancangan DatabaseRespon user terhadap rancangan logikal database, dan penentuan fungsi DBMS Rancangan konseptual / logikal database (termasuk ERD, kamus dan skema), dan rancangan fisikal database. Aplikasi RancanganRespon user terhadap rancangan interface. Rancangan aplikasi (ternasuk uraian program dan interface) Pemilihan DBMSFungsi ditentukan oleh target DBMS Evaluasi dan rekomendasi DBMS

7 7 Contoh pengumpulan data dan prosedur dokumentasi untuk setiap tahap database application lifecycle Tahap Database Lifecycle Contoh Data Terkumpul Contoh Prosedur Dokumen PrototypingRespon user terhadap prototyping. Modifikasi yang diajukan user terhadap requirement dan spesifikasi sistem. ImplementasiPenentuan Functionality berdasarkan target DBMS Loading dan konversi dataFormat dari data terkini, kemampuan impor data sesuai target DBMS TestingHasil TesPenggunaan strategi tes dan analisis hasil tes Operasi PemeliharaanPenentuan sistem requirment yang baru berdasarkan hasil tes performance. User manual, hasil analisis performance, modifikasi user requirment, dan spesifikasi sistem.

8 8 Mempelajari Dokumentasi Tujuan DokumentasiContoh Penggunaan Sumber Data Uraian masalah dan need databaseMemo internal, , hasil rapat, komplain kustemer/pegawai, dokumen permasalahan, dan report Uraian detail dari permasalahan perusahaan Chart organisasi, statmen misi dan rencana strategies perusahaan. Hasil bagian dari objek studi pada perusahaan. Contoh manual form atau report. Contoh form komputer dan report. Uraian Sistem BerjalanFlowchart dan diagram, kamus data, rancangan aplikasi database, dokumentasi program, dan manual training.

9 9 Interview Teknik fact finding ini sangat populer dan umum digunakan. Memungkinkan pengumpulan informasi secara individual secara face-to-face. Objectif kegiatan ini yaitu menemukan fakta baru, ferifikasi fakta, klarifikasi fakta, generalisasi antusias, memperoleh sampai pada end-user, identifikasi requirements, dan pengumpulan idea dan opini.

10 10 Interview Tipe interview ada dua yakni : pertanyaan terbuka dan pertanyaan tertutup. Pertanyaan terbuka pewawancara menginterview mengikuti respon dari sampel. Pertanyaan tertutup jawaban telah dispesifikasi dan menjadi jawaban pendek atau pilihan terhadap responden.

11 11 Observing the Organization in Operation Teknik efektif untuk mengerti sistem. Memungkinkan berpartisipasi, atau menonton kegiatan tiap orang dalam produksi saat mempelajari sistem. Mudah digunakan untuk memvaliditas data terkumpul terhadap berbagai pertanyaan dan kompleksitasnya sesuai kebutuhan sistem berdasarkan penjelasan end-users.

12 12 KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN OBSERVASI KEUNTUNGANKERUGIAN Memungkinkan memvalidasi dan mencek data berdasarkan fakta Orang belum tentu mengetahui adanya perbedaan / masalah saat melakuakan observasi Observer dapat secara pasti melihat apa yang harus dilakukan. Saat observasi bisa terjadi kehilangan informasi atau adanya perbedaan dengan kondisi normal Observer dapat memperoleh penjelasan mengenai Task lingkungan fisik data Beberapa task yang diinginkan belum tentu terekam saat observasi. Observer dapat mencoba peralatan secara langsung Tidak praktis. Relatif murah

13 13 Research Mudah digunakan untuk mengkaji masalah dan penerapan. Menggunakan informasi terkini seperti jurnal komputer, buku referensi, dan Internet. Menggunakan informasi bagai mana orang lain memecahkan masalah yang sama, termasuk dalam penggunaan paket software atau partially solve.

14 14 KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN RESEARCH KEUNTUNGANKERUGIAN Selalu memperoleh solusi ilmiah Membutuhkan waktu yang lama Peneliti memperoleh solusi berdasarkan hasil perbandingan dengan masalah serupa di tempat lain. Membutuhkan lebih banyak acces informasi Peneliti akan menggunakan pengembangan sistem berdasarkan informasi up to date. Bisa tidak menolong untuk pemecahan masalah karena dokumentasi yang buruk dari perusahaan.

15 15 Questionnaires Melakukan survey melalui cara membagikan questionnaires – special- purpose documents yang memungkinkan fakta disimpulkan dari respon orang banyak yang dikelola dengan beberapa kontrol. Ada dua tipe pertanyaan yakni format bebas dan format terikat.


Download ppt "1 Pertemuan > >. 2 Outline Materi Pengumpulan dan analisis kebutuhan database dengan metode fact finding  Mempelajari dokumen  Interview  Observasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google