Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

USULAN PENELITIAN TESIS PENGELOLAAN LABORATORIUM PROGRAM KEAHLIAN MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 11 SEMARANG Disusun Oleh : EKO SUDARSONO NIM : Q100070739.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "USULAN PENELITIAN TESIS PENGELOLAAN LABORATORIUM PROGRAM KEAHLIAN MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 11 SEMARANG Disusun Oleh : EKO SUDARSONO NIM : Q100070739."— Transcript presentasi:

1 USULAN PENELITIAN TESIS PENGELOLAAN LABORATORIUM PROGRAM KEAHLIAN MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 11 SEMARANG Disusun Oleh : EKO SUDARSONO NIM : Q

2 Alasan Pemilihan Judul Belum pernah diteliti oleh peneliti sebelumnya SMK Negeri 11 Semarang merupakan SMK SBI Kota Semarang Pengelolalan Laboratorium unggul.

3 Latar Belakang Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Adanya sarana dan prasarana yang memadai memenuhi ketentuan minimum yang ditetapkan dalam standar sarana dan prasarana. Faktor-faktor yang menghambat pengelolaan peralatan laboratorium Keterlibatan SDM yang berkaitan pengelolaan

4 Lanjutan….. Solusi optimal pengelolaan laboratorium baik dari sisi guru, laboran, dan siswa.

5 Rumusan Masalah Bagaimana pengelolaan Laboratorium Komputer Program Keahlian Multimedia?

6 FOKUS MASALAH Fokus masalah yang akan di teliti pada pengelolaan laboratorium Program keahlian Multimedia di SMK Negeri 11 Semarang

7 TUJUAN PENELITIAN Mendiskripsikan pengeloalan Laboratorium Program Keahlian Multimedia di SMK Negeri 11 Semarang

8 MANFAAT PENELITIAN Memberi masukan kepada pengelola laboratorium pengembangan laboratorium di sekolahnya, khususnya laboratorium program keahlian Multimedia.

9 LANDASAN TEORI Manajemen adalah kata yang aslinya dari bahasa Inggris, yaitu management yang berarti ketatalaksanaan, tata pimpinan, pengelolaan.(Djamarah 2006:175). “Pengelolaan adalah proses yang memberikan pengawasan pada semua hal yang terlibat dalam pelaksanaan kebijakan dan pencapaian tujuan”Depdikbud (dalam Rachman 1997:11).

10 LANJUTAN… Pengelolaan merupakan suatu proses pendayagunaan sumber daya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu sasaran yang diharapkan secara optimal dengan memperhatikan keberlanjutan fungsi sumber daya. Henri Fayol (1996: 86) Luther M. Gullick (1993:31) menyatakan fungsi- fungsi manajemen yang penting adalah perencanaan, pengorganisasian, pengadaan tenaga kerja, pemberian bimbingan, pengkoordinasian, pelaporan, dan penganggaran.

11 PROSEDUR PENELITIAN Jenis Penelitian Kualitatif Pendekatan yang dipergunakan dalam penelitian ini, peniti ingin menggungkapkan bagaimana pengelolaan laboraorium di SMK Negeri 11 Semarang yang dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi. Lokasi dan waktu Dalam penelitian ini yang dijadikan sebagai obyek penelitian adalah hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan laboratorium program keahlian multimedia SMK Negeri 11 Semarang di kota Semarang. Penelitian dilakukan pada bulan Juni 2009.

12 Lanjutan…. Kehadiran Peneliti Sumber Data Teknik Pengumpulan data - Teknik Wawancara Wawancara langsung dengan para dilakukan secara mendalam - Observasi tentang data-data yang terkait langsung dengan pengelolaan Laboratorium - Dokumentasi

13 Analisis data Reduksi Data Reduksi data sebagai suatu proses pemilihan, memfokuskan pada penyederhanaan, pengabstrakan dan transformasi data mentah/kasar yang muncul dari catatan-catatan tertulis dilapangan berkaitan dengan pengelolaan laboratorium yang meliptu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran di SMK Negeri 11 Semarang. Penyajian datamerupakan proses pemberian sekumpulan informasi yang sudah disusun yang memungkinkan untuk penarikan kesimpulan.

14 Daftar Pustaka Depdiknas, 2008, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 26 Tahun 2008, Standar Tenaga Laboratorium Sekolah/ Madrasah. Moleong, LJ, 200. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, Remaja Rosda Karya. Miles, M.B.dan Huberman, A.M. 198, Qualitative Data Analysis. Beverly Hill, CA; Sage Publications.

15 KESIMPULAN Data penelitian pada pokoknya berupa kata-kata, tulisan dan tingkah laku sosial para aktor yang terkait dengan aktivitas. Peneliti mengacu kepada penggunaan standar keabsahan data yang disarankan oleh Lincoln & Guba, krebilitas (acredilility); keterkaitan yang lama penelitian dengan yang diteliti ketekunan pengamatan terhadap aktivitas manajemen peningkatan mutu pengajaran, melakukan triangulasi (triangulation), mendiskusikan dengan teman sejawat, analisuis kasus negatif, dapat ditranfer (tranferability): Dapat dipercaya atau dapat dipegang kebenarannya (dependability): Dapat dikomfirmasikan (confirmability). Data penelitian pada pokoknya berupa kata-kata, tulisan dan tingkah laku sosial para aktor yang terkait dengan aktivitas. Peneliti mengacu kepada penggunaan standar keabsahan data yang disarankan oleh Lincoln & Guba, krebilitas (acredilility); keterkaitan yang lama penelitian dengan yang diteliti ketekunan pengamatan terhadap aktivitas manajemen peningkatan mutu pengajaran, melakukan triangulasi (triangulation), mendiskusikan dengan teman sejawat, analisuis kasus negatif, dapat ditranfer (tranferability): Dapat dipercaya atau dapat dipegang kebenarannya (dependability): Dapat dikomfirmasikan (confirmability).

16 Daftar Pustaka Moleong, LJ, 200. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, Remaja Rosda Karya. Nana Sudjana dan AhmadRivai, 2007, (Cetakan ketujuh), Media Pengajaran, Bandung, Sinar Baru Algensindo. Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuanlitatif, kualitatif, dan R & D Bandung, Alfabeta. SuharsimiArikuntodan LiaYuliana, 2008,(Edisi ke-1), Manajemen Pendidikan, Yogyakarta, Aditya Media dan FIP Universitas Negeri Yogyakarta. Suharsimi Arikunto dan Cepi Safruddin, 2007, (cetakan ke-4), Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta, PT. Bumi Aksara.


Download ppt "USULAN PENELITIAN TESIS PENGELOLAAN LABORATORIUM PROGRAM KEAHLIAN MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 11 SEMARANG Disusun Oleh : EKO SUDARSONO NIM : Q100070739."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google